• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 287,255 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • 2010 GAJI PENDIDIK,GURU,DAN DOSEN NAIK 50 %

    ikon6Di tengah hiruk pikuknya persiapan kampanye Capres dan Cawapres untuk pemilihan presiden tahun 2009 ini,banyak sekali kita dengar sepak terjang mereka yang “mendadak merakyat”dengan menyamapaikan visi,misi,serta janji-janji manis mereka untuk menarik simpatik rakyat banyak agar mau memilih mereka.Akan tetapi,ada satu yang sangat menggembirakan,entah benar atau hanya sekedar bagian dari kampanye,Inilah info selengkapnya yang saya kutip dari Kompas.Com edisi 4 Juni 2009:

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa gaji pendidik, guru, dan dosen akan mengalami kenaikan hingga lebih dari 50 persen pada 2010.

    “Dengan adanya kenaikan anggaran pendidikan menjadi minimal 20 persen dari belanja negara, yang mendapat cukup banyak adalah para pendidik, guru, dan dosen,” kata Menkeu di Gedung DPR Jakarta, Rabu (3/6).

    Menkeu menyebutkan, kenaikan gaji PNS dan anggota TNI/Polri pada 2010 hanya akan mencapai 15 persen, itu pun termasuk uang lauk pauk.

    “Khusus untuk pendidik, guru, dan dosen, kenaikannya akan lebih dari 50 persen dan akan dihitung berdasarkan golongannya,” katanya.

    Menurut Menkeu, yang juga agak aneh adalah bahwa pemerintah melalui APBN juga harus membayar tunjangan profesi kepada pendidik, guru, dan dosen swasta. “APBN juga harus membayar tunjangan profesi guru dan dosen non-PNS asal mereka bersertifikat. Ini mengikuti ketentuan UU tentang pendidikan,” katanya.

    Demikian infonya,mudah-mudahan ini benar,Ya ?

    (Sumber : Kompas.com edisi Kamis, 4 Juni 2009 )

    About these ads

    38 Tanggapan

    1. I actually had been hunting for strategies for my site and
      uncovered your own blog post, “2010 GAJI PENDIDIK,GURU,
      DAN DOSEN NAIK 50 % | Blog Pengawas Sekolah Indonesia”, will you care in case I really apply many of your own points? Thanks a lot -Catherine

    2. tidak usah bahas kenaikan…. di nganjuk gaji sertifikasi kuota 2010 belum dicairkan semua, padahal kata pak mentri bulan agustus sudah harus cair semua………… tolong sampaikan pak mentri,,,,,,,,,,,,, nganjuk belum dicairkan semua pak mentri…………. tolong panjenengan tanyain tuuu, itu kan hak kami !!!!!!!!!!!!!!!!

    3. Pemerintah memang memperhatikan nasip guru,serta pengawas sekolah oleh sebab itu kita harus mensyukuri apa yang mereka perjuangkan krn tanpa guru nasib bangsa ini akan tak berarti apa-apa, terima kasih kita ucapkan utk semua yang memperhatikan

    4. saya tak pernah percaya sebelum uang gaji itu masuk kekantung saku, sebelum itu terjadi semuanya bohong besaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr……………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    5. Semoga berkah….
      @.Amin

    6. yang terucap pertama kali ketika mendengar gaji naik hanyalah dua kata SYUKUR ALHAMDULILLAH. jujur saya katakan siapa sih yg tdk ingin gaji naik??? tetapi kenaikan gaji tentunya diikuti oleh peningkatan kinerja dan profesionalitas.klo gaji naik tapi tdk ada peningkatan kinerja ya tentunya kurang pas tooooooo????
      @.Betuuuuuuuull.

    7. Pemerintah harusnya jgn berkoar2 apabila tdk direalisasikan, karena akibatnya harga barang2 pada naik, yang kasihan masyarakat kecil . Jangan hanya untuk kepentingan kampanye lalu mengorbankan masyarakat. Bu Sri Mulyani, tlg tarik pernyataan ibu, kalo tidak ya direalisasikan dong.

    8. Saya udah empat kali menjaga Unnas di SMA, Namun sayang masih banyak guru yang masih hanya mengejar target kelulusan……, bukan bagaimana meningkatkan kualitas lulusan, sehingga berbagai cara yang tidak benar dilakukan agar siswanya lulus, introspeksi ya para guru…….??!!!! Jangan hanya minta kenaikan gaji melulu…..
      @.Trims pak Imam atas komentarnya,tapi nampaknya guru berat pak untuk meningkatkan mutu lulusan selama sistimya seperti ini.Tapi kalau mau sih PASTI BISA !

    9. Mana buktinya…………
      @.Buktinya hanya 5 % ,pak.

    10. ya mudah-mudahan sri mulyani tidak kena kasus century
      @.Semoga

    11. lihatlah kami para guru………ketika anak didiknya brhasil bkn guruny yg hebat,,,,,,, tpi ktika anak didikny tdk brhasil pasti gurunya yang dipersalahkan……oh dunia ada apa ini???guru yang baik. sopan di gugu dan ditiru ga kan prnah mau brontak wlw di prlakukan tidak adil. Hai orang2 para ptinggi Indonesia perhatikanlah kami para guru yang mndidik dan mnjdikan anda2 sperti skarang ini. jgn lah anda2 mnjd durhaka kepda guru……………..Realisasikanlah gaji kami yg tlah dijanjikan kenaikannya 50%………………….Kapankah???????????????? Kami akn slalu menantikan itu……….
      @.Ternyata yang diberikan hanya 5%,Apa kata dunia ya ?

    12. Wah… nama guru di pakai rebutan….tolong sih pak di tinjau kembali guru yang asal-asalan cuma cari akta IV aja ..ya kasihan dong yang bener-2 kuliah di pendidikan…dan saya usul yang disertifikasi itu jangan mapelnya tapi disiplin ilmunya yang melekat…contoh guru iajasah fisika ngajar olah raga kok yang disertifikasi ngajar olah raganya…LUCUUUkan ?
      @.Kalau aturannya sudah jelas,cuma dalam prakteknya di lapangan terkadang rancu.Betul Pak ini yang harus dibenahi.

    13. dulu ngenyek sama jurusan guru ( IKIP ), sekarang pada urik,semua kepingin jadi guru,sampai pada berlomba mencari akta IV bagaimanapun caranya.
      semoga pemerintah benar-benar selektif mana yang benar berjiwa guru dan mana yang hanya menumpang hidup seolah-olah jadi guru.
      @.Bener pak,kalau rekruitmen guru asal-asalan,hasilnya juga bakal “asal ada guru”.

    14. Dulu, saat bercita-cita ingin jadi guru, ditertawakan teman-teman. Sekarang setelah gaji guru naik, banyak yang berminat jadi guru. Alhamdulillah, semoga pendidikan di Indonesia semakin meningkat dan maju.
      @.Amiiin.

    15. Gaji guru naik? Tentu menyenangkan. Semoga membawa berkah buat semua. Walau tidak banyak, tetapi pasti sangat nikmat jika didapat berkat pengabdian yang sepenuh hati kepada siswa, sekolah, dan negara. Semoga…
      @.Semoga rezeki ibu tambah terus,

    16. Gaji guru naik? Tentu menyenangkan bila benar dan jadi barokah buat semua. Walau tambahannya ga banyak, tapi pasti akan sangat nikmat bila didapat dari hasil pengabdian yang sepenuh hati kepada siswa, sekolah, dan negara. Semoga…
      @.Yang penting kita harus bersyukur,ya bu.

    17. maaf ya, ini cuma opini. duluuuuu, yang jadi guru memang karna ingin jadi guru, sekolah guru atau fkip, agk jarang diminati. tapi sekarang, karna pemerintah menaikkan gaji guru, banyak yang berlomba2 memasuki fkip. tujuannya, agar jasi pns, bukan karna minat atau cita2. yang saya lihat, mahasiswa fkip banyak yang malas belajar, bahkan mencontek saat ujian. tugas membayar orang. saat pelatihan2 untuk sertifikasipun banyak yang tidak sesuai, hanya membayar untuk dapat sertifikat, syukur2 ikut materi, kadang ada yang hanya titip nama. bahasa dan tingkah lakupun tidak mencerminkan pendidik.
      apa ini guru yang pantas mendapat gaji dan tunjangan melimpah?
      @.Mudah-mudahan yang anda gambarkan tidak mencerminkan “seluruh”guru yang ada.yang jelas kalau prilaku guru seperti diatas itu tidak baik.wahai guru berubahlah !

    18. Gaji guru masih kalah besar dengan tunjangan pulsa untuk anggota DPR. Hebat kan ?
      Memang begitulah bangsa ini akan selalu terpuruk karena pendidikan rendah.
      @.Saya juga bingung pak,apakah ini akibat pendidikan rendah atau karena terlalu banyak orang yg pintar di negeri ini ?

    19. gaji naiknya kok 50% apa gak kebanyakan, yang realistis aja dong mau cari utang kemana pemerintah kita untuk membayar gaji guru

      @.Pak Agus,waktu diluncurkannya wacana ini kan lagi musim kampanye presiden,maklum,kenyataannya kan sekarang naik nya cuma dibawah 15 %.

    20. Gaji Naiiik, penting……..?! untuk urusan perut ukuran bisa kenyang….., yen tak pikir-pikir…….. dengan peningkatan gaji dan biaya pendidikan yg 20%…. kok rasanya…, ada yg ngganjel (mungkin agak nyleneh). dengan semua dibiayai….. kok rasanya …. agak menurunkan rasa pengabdian dan pengorbanan. Dulu banyak guru yg sukarela membimbing murid-muridnya. Kok sekarang (banyak sekolah yg “sepi” gak ada kegiatan eskul, katanya Dana BOS gak cukup, narik wali murid gak berani. Nganggur dech….., Pripun…. Pk Haji….

      @.He..he..he,memang aneh orang Indonesia itu ya,bener kadang dulu kita ngajar juga sukarela walau dibayar sedikit,tapi sekarang kok berubah,ngak ada duit,ngak ada kegiatan……

    21. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com
      @.Terima kasih pak Saut.

    22. mana buktinya, 5% ja dibilang 50% mana janji2 kampanye tuuuuuuuuuuu
      @.Pak Waloyo,jangankan mikirin yg 5%-50%,mikirin kasus century juga repoooot ,kali .

    23. Kenapa guru negeri yang selalu diperhatikan adapun guru swasta kan mempunyai tanggung jawab yang sama terhadap kemajuan dan kemandirian generasi bangsa kami berharap tolong kami sebagai guru yang terletak diperbatasan kota dan merupakan guru non PNS jangan dipandang sebelah mata jika guru guru diperbatasan kota ini dipandang sebelah mata oleh pemerintah apa jadinya output anak bangsa ?????????????????? apakah nantinya anak didik yang terletak diperbatasan akan selalu memandang sebelah mata terhadap pemerintah ????????????????????? “guru diberi daging murid diberi tulang, guru diberi tulang maka murid diberi bau ” ya……… hanya bauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!!!

      @.Pak Sutriyo,banyak pertanyaan yang senada dengan bapak,mudah-mudahan harapan bapak dan teman-teman guru swasta akan diperhatikan pemerintah.

    24. Kita gembira membaca berita ini, apakah pengawas sekolah juga naik seperti gaji guru dan tenaga pendidik ini pak Haji? sebab guru yang belum disertifikasi dapat tambahan gaji / tunjangan Rp. 250,000, mulai tahun 2010, tapi khabarnya pengawas yang belum disertifikasi tidak dapat. Mohon infonya Pak. Wassalam

      @.Pengawas itu harus dapat pak,karena kan menurut PP 74 tahun 2008 kan pengawas itu guru yang diangkat sebagai pengawas,Teman-teman saya di Karawang juga diusulkan oleh disdik.

    25. nyatanya hanya naik 5%. setuju bu Aminah

    26. Syukur alhamdulillah kalau gaji naik. berapapun naiknya tentang kualitas gur dalam mengajar…semua akan terpulang kepada ybs. di lapangan..meski ada sertifikasi..tetap saj masih ada guru yang keset…piye jal.

    27. tu di cek oknum DPU jogja Bpk SRJ,baru saja di angkat PNS,kok udah kemlinti,cek kekayaannya dari mana..,siapa tau hasil nebang pohon dipinggir jalan trus di jual….kan lumayan…

      @.Yang begini Bukan wewenang pengawas sekolah pak.

    28. Saya senang banget gaji guru” katanya” akan naik 50%, mudahan-mudahan akan menjadi motivasi bagi guru untuk lebih bertanggungjawab pada tufoksinya sebagai pendidik.

      @. Yah, walau baru diwacanakan Ibu Menteri Keuangan.Mudah-mudahan jadi kenyataan.Amin.

    29. memang, saya juga ngikuti proses penyelesaian “PAK PALSU” di dindik kulon progo itu kok rasane aneh gitu lho, mosok 228 penyandang PAK PALSU yang jelas2 rela membayar untuk dapetin itu PAK PALSU hanya satu yang kayaknya sengaja dikorbankan itupun non guru, diskenario nggo nutup yang lain kali. nek carane giru bobrok. UNY yang ngasih sertifikat guru profesiona kepada mereka kok yo meneng wae. Betul mereka (para penyandang PAK PALSU tak pantas sbg guru profesional), mbok yo dicabut…?gitu lho sebagai pembelajaran bagi guru yang lain. Kalau nggak gitu ya kita himbau saja para guru tuk gunakan PAK PALSU toh gak ada sangsine nek konangan ya_to, penak_to

      @ Kalau memang di Kulon Progo begitu prosesnya seperti yang bapak gambarkan itu jelas-jelas contoh tidak benar.Seharusnya pemerintah (DIsdik) sgera meluruskannya.

    30. para guru penyandang “PAK PALSU” dikulon progo semakin kaya, meski menyandang “PAK PALSU” masih terima tunjangan sertifkasi, mau dinaikkan lagi gajinya. tambah nggleleng. Mestinya mereka itu tak pantas sebagai guru profesional, yang memberikan sertifikat kok diam aja, melu keduman tunjangan kaliiiii

      @ Di Disdik kami (Kab.Karawang,Jabar) sedang diperiksa BPKP tentang proses sertifikasi dengan mengecek berkas portofolionya.

    31. semoga semua bisa terwujud, tidak hanya wacana saja, seperti negara negara maju yang lain, menjadikan gaji guru yang tertinggi dfibandingkan pegawai lainya

      @ Insya Allah ,pak.Semuanya akan terwujud.Yang ngomong kan menteri,ya?
      Terima kasih.

    32. Kalau masalah kualitas jangan mimpi mas. Bagaimana mungkin mengolah singkong menjadi keju ? Bila ijazah S1 didapat dari hasil membeli ( kuliah di PT yg akreditasinya ga jelas di lokasi numpang ) krn hanya mengejar SERTIFIKASI, saya yakin hasilnya malah merosot. Kenaikan gaji guru hanya belas kasihan pemerintah kepada guru2 yang hanya bisa menadahkan tangan seperti pengemis.
      Maaf kalau agak kasar tapi tolong tanyakan kepada rekan guru2 PNS apakah yang tujuan mereka MENJADI GURU ? atau MENJADI PNS ?

      Dari H.Indra :
      Tidak semua guru mendapat S1 seperti yang ibu gambarkan diatas,kalau pun ada/banyak itu namanya (oknum). Yg penting niat pemerintah yg baik harus direspon positif oleh semua pihak,dan semua guru/PNS harus merubah paradigma…….sekalipun sangaaat Suliiiit.Terima kasih.

    33. Kalau dihubungkan dengan kinerja, saya ragu kenaikan gaji dapat meningkatkan kinerja guru. Mudah-mudahan kenaikan nanti guru semakin profesional

      Dari H.Indra:
      Banyak orang yang punya pandangan sama dengan bapak,tapi mudah-mudahan saja ada perubahan paradigma dari semua rekan-rekan guru untuk lebih profesional.

    34. Sangat setuju dengan adanya perbaikan penghasilan.
      tetapi tentunya kita tidak boleh hanya megharapkan gaji yang besar saja yang lebih penting juga adalah profesionalisme sebagi pendidik sehingga meghasilkan outcame yang unggul.
      tentunya perlu kerja keras semua pihak.!!!

      Dari H.Indra.K :
      Saya bangga membaca komentar Pak Ahmad,mudah-mudahan rekan-rekan guru yang lain punya persepsi yang sama dengan bapak.Maju terus MGMP !
      salam,

    35. AWAS!!! NUANSA POLITIK GAJI KE-13

      Pemerintah menyediakan anggaran Rp.143,8 triliun untuk gaji pegawai tahun 2009. Termasuk gaji ke-13 yang pencairannya akan dilaksanakan pekan ini. Seluruh Pegawai Negari Sipil, TNI, Polri, pensiunan, tenaga honorer dan 14 pejabat lain termasuk Presiden, wakil presiden beserta menteri-menteri akan menikmati gaji tersebut.

      Namun, ada nuansa berbeda dengan pencairan gaji ke-13 kali ini, yaitu saat mendekati pemilihan presiden dan wakil presiden. Benarkah ini bermuatan politis???

      Bagai udang dibalik batu, begitulah motif pemberian gaji ke-13. Sebagai bentuk upaya mensejahterahkan abdi negara, meringankan beban kebutuhan, selain itu, motif politik begitu kental mewarnai pencairan gaji tersebut. Surat edaran Dirjen Perbendaharaan Negara, yang menyatakan bahwa pembayaran gaji ke-13 dilakukan pada bulan juni dan paling lambat juli 2009, mendekati masa pilpres. Pernyataan itulah yang mengundang reaksi bahwa ada makna politis di balik pencairan gaji ke-13 tahun ini.

      Tidak bisa dielakkan lagi, pencairan gaji ke-13 akan mempengaruhi opini publik. Bisa jadi sebagian masyarakat menelan mentah-mentah kebijakan itu, sehingga mempengaruhi keputusan politiknya saat pilpres 9 juli nanti. 3,7 juta Pegawai Negeri Sipil se-Indonesia, belum lagi ditambah jumlah keluarga, anak-istri-suami dan lainnya kalau dirasionalkan dalam satu suara, akan menghasilkan keputusan yang signifikan.

      Dengan demikian, prosesi pilpres yang bersih dan transparan hanya tinggal impian. Kebijakan politik ini jelas hanya menguntungkan calon incumbent.

      Dari H.Indra :
      Terima kasih buat redaksi asyiknyaduniakita.blogspot.com yang sudah berkunjung.Kita serahkan aja ya ke para pembaca untuk menilainya.Yang jelas PNS mah harus Netraaal.
      Terima kasih, Salam !

    36. setuju………sdm yang berkualitas tidak akan terwujud jika kehidupannya tidak sejahtera. semoga selain kenaikan 50 persen lebih ada kenaikan tunjangan tunjangan lainnya….amin

      Dari H.Indra :
      Ya,enak ya pak Iwan,PNS gaji nya naik terus.Mudah-mudahan harapan bapak dapat diwujudkan oleh pemerintah.
      Amin.

    37. Wah, ada BH ni pak indra, Berita Hangat buat PNS, begitu aku membaca tulisan judulnya kok sudah jadi seneng :roll: Info selanjutnya saya nantikan pak.

      Dari H.Indra :
      Pak Wandi,terima kasih atas kunjungannya.Semoga menjadi kenyataan ya,

    38. -Semoga dengan kenaikan gaji tersebut juga ada kenaikan kualitas mereka
      -salam

      Dari H.Indra :
      Setuju mas,mudah-mudahan dibarengi dengan peningkatan kinerjanya.

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: