• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 287,354 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • TIPS UNTUK PENGAWAS SEKOLAH

    CGEDalam artikel-artikel yang lalu beberapa tema tentang kepengawasan sudah saya tulis;beberapa hal yang menyangkut tugas pokok dan fungsi pengawas,kompetensi pengawas,dll.Tetapi dari semua itu ada hal lain yang sangat menunjang tugas-tugas pengawas dalam membina sekolah binaannya agar kehadirannya selalu dinantikan sekolah (kepala sekolah,guru,tata usaha). Dalam penelusuran di dunia blog ini, saya menemukan artikel yang menarik yang saya kutip dari http://www.blogcatalog.com.(Education Baby and Blog).Mungkin bagi pembaca yang belum tahu bisa dibaca di blog ini:

    Kiat supaya sekolah “membutuhkan” kehadiran pengawas sekolah :
    1.Memiliki “keistimewaan” yang tidak dimiliki oleh warga sekolah,       sehingga kehadirannya memang “ditunggu-tunggu” oleh warga sekolah, bukan justru sesuatu yang dihindari
    2.Saat datang ke sekolah, selalu memiliki sesuatu yang “segar” dan baru, ini hanya bisa diperoleh bila pengawas selalu belajar dan mencari informasi terbaru yang bermanfaat bagi sekolah.
    3.memiliki sikap yang “teduh”, sehingga saat datang di sekolah warga sekolah merasakan keteduhannya, dan ditunggu-tunggu nasihatnya.
    4.Bersikap “melayani” kebutuhan pengembangan sekolah, kalau perlu memberi contoh tentang sesuatu yang disarankankan oleh pengawas sekolah sendiri.

    Demikian,Mungkin rekan-rekan pengawas,kepala sekolah,guru ada yang mau menambahkan ?

    7 Tanggapan

    1. pak.saya juga baru 2 tahun jadi pengaqas,tapi yang saya lakukan membina guru pada sekolah binaan ttg adm seorang pendidik,eh…..ternyata banyak kawan2 kita guru belum tahu cara menghitung jam efekti,baru saya rasakan seorang pengawas sekolah memang harus 1 tingkat pengetahuaannya dari Guru,kepsek dan tendik lainnya.

    2. Pagi.. Saya setuju dg pak indra. Mungkin bisa di share lagi ttg pemberdayaan pengawas. _ saya merasa pemberdayaan pengawas sangat kurang…
      @.Benar,Bu,Mudah-mudahan sesuai janji pemerintah pusat,banyak pelatihan-pelatihan yang akan diberikan kepada pengawas.

    3. Ass. Wr.Wb. Maaf Pak Kami guru-guru mengharapkan adanya IHT di lingkungan SMPN 1 Ciampel sehingga ada penyegaran dan menambah wawasan kami terima kasih.
      @.Waalaikum salam,Alhamdulillah,saya senang sekali mendengar harapan dan keinginan ibu.Kebetulan Pak Azis/Bu Ecin pengawas pembina wilayah ibu.Insya Allah akan saya sampaikan.Trims atas kunjungannya.

    4. Salam kenal P H Indra, saya jadi pengawas baru 2 tahun, tp sy sangat enjoy dg profesi tsb. bagi teman2 guru mohon sabar n jangan berprasangka buruk,optimis aja bahwa tujuan sertifikasi sgt mulia, demi kesejahteraan guru, tp guru juga harus mau meningkatkan profesinya jadi harus beda dengan sebelumnya. langkah yang saya kerjakan untuk memaju kinerja guru sy mulai dengan merekap absen guru2 sekolah binaan dan sering membawa berita baru bila kesekolah, ternyata agak ampuh juga baik bagi guru yang sudah / blm sertifikasi ternyata ada peningkatan hasilnya

      Dari H.Indra :
      Terima kasih pak Supriyanto,Saya yakin dengan langkah yang bapak laksanakan akan membuahkan hasil yang positif dalam membina guru-guru.Mudah-mudahan rekan pengawas lain juga demikian.Mari kita optimis dengan segala hal yang baik.
      Salam.

    5. Would you please, I want introduction a little about my self. Nama saya Jauhari Effendi, salah seorang pengawas satuan pendidikan di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.Saya setuju dengan tips yang sampeyan kemukakan itu. Karena saya telah melakukannya; diantaranya adalah berkolaborasi dengan guru mempraktekan strategi pembelajaran aktif di sekolah binaan. Thank you very much. Luck y so full ! ( asyik dong, enak dong ha,ha..)

      Dari H.Indra :
      I’m very glad to meet you here in Blog Pengawas Sekolah Indonesia,Saya yakin Pak Jauhari adalah salah seorang pengawas yang aktif dan kreatif di Kab.Tabalong Kalsel.Saya tunggu tip-tip lainnya yang berguna untuk rekan-rekan pengawas di Indonesia.
      Thank you very much.May God bless you forever!

    6. Saya ingin tahu jumlah pengawas yang lulus sertifikasi ada berapa? dan kalau tidak lulus bagaimana. apa di daerah lain ada problim yang fatal tentang sertifikasi ini.

      Dari H.Indra :
      Khusus untuk sertifikasi pengawas yang dilaksanakan tahun 2009 belum ada pengumuman.Masalah sertifikasi yang sering muncul yakni quota tiap kabupaten yang terbatas,apalagi di depag,quotanya sangat sedikit,sehingga banyak yang belum ikut sertifikasi.
      Salam,

    7. Setelah membaca artikel2 tentang pengawas sekolah. betapa tupoksi dari seorang pengawas ssangatlah mulia dan capable. terlebih lagi bila menguasai iptek dan imtaq serta menguasai internasional language in written and orally. LETS CONNECT ONE EACH OTHER.

      Dari H.Indra :
      Bu haji, terima kasih atas kunjungannya.Komentar ibu sangat memotivasi saya dan rekan-rekan pengawas untuk lebih meningkatkan profesionalisme plus (menguasai iptek+imtaq+bahasa Inggris aktif).Kalau boleh tahu bu haji itu pengawas,guru,atau dosen?

    Berikan Balasan

