• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 286,752 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • Download Permendiknas No 74 dan Nomor 75 Dan Kisi-kisi Soal Ujian Nasional(UN) SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK Tahun 2009/2010

    SD dan SMP

    Siapkah Mereka ?

    Ujian Nasional (UN) sekalipun banyak menuai protes keras dari berbagai kalangan nampaknya tidak membuat pemerintah menghentikan pelaksanaan ujian nasional tersebut.Hal ini terbukti dengan keluarnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 74 Tahun 2009 (Tentang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional(UASBN) SD/MI) dan Peraturan menteri Pendidikan Nasional No 75 Tahun 2009 Tentang Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB/SMA/MA/SMALB/SMK Tahun 2009 yang ditandatangani oleh mendiknas lama (Bambang Sudibyo) pada 13 Oktober 2009.

    Ujian Nasional Tahun 2009/2010 akan dilaksanakan 2 kali,sementara UN paket C kejuruan akan tetap dilaksanakan.Jenis dan waktu pelaksanaan UN diatur dalam pasal 5 dan pasal 6 (permen no 75 tahun 2009).UN pertama disebut UN utama dan UN kedua disebut UN Ulangan,sedangkan UN susulan tetap ada bagi mereka yang karena berhalangan mengikuti UN.Untuk lebih terperincinya silahkan baca atau unduh.Untuk Permen No 74 tahun 2009 silahkan klik disini.Dan Untuk Permen no 75 tahun 2009 silahkan klik disini.

    Selamat berjuang para guru,mudah-mudahan dengan adanya kesempatan kedua ini akan membantu siswa-siswa yang belum lulus pada UN pertama. Semoga !

    About these ads

    46 Tanggapan

    1. mana kisi kisi nya

    2. 1. Jangan hendaknya UN dipakai sebagai ukuran kelulusan siswa.
      2. Tinggalkan sistem pemeriksaan menggunakan komputer. Banyak tenaga yang mampu melakukan pemeriksaan tanpa komputer.
      3. Kalau memang harus menggunakan komputer, cek ulang secara manual bagi yang dinyatakan tidak berhasil

    3. UN (ujian secara komprihensip) sebenarnya bertentangan dengan konsep KBK, berikut analisanya :
      1. Nilai Kompetensi yang telah lulus ya tdk usah diujikan lagi.
      2. Peserta didik menuntut ilmu itu ibaratnya menabung (konsep behavioristik).
      3. Merampas kridit point guru mapel UN dalam hal : membuat soal, koreksi hasil, dan perbaikan nilai.
      4. Secara nasional belum pernah ada yang mampu menganalisa intensitas psikoligis peserta didik akibat UN, termasuk tingkat kecerdasan emosional (EQ).
      5. Kredibilitas pendidikan masih didominasi muatan politis, dan bisnis paedagogis
      @.Benar pak kita semua yg dilapangan sependapat dengan analisa bapak,sayangnya pemerintah ngotot terus untuk melaksanakan UN.

    4. pleasssssssse dung wad pemerintah. soal UNNN jangan susssahh2.
      cz ksian ma nnk2 yang oon.
      n tloong KASSSIH KERINGANAN.
      PLEASE
      I HOPE U KNOW,,,
      @.I hope the government will hear whiddy,

    5. UN lagi UN lagi nggarai mumet gurune
      @.Pemerintah juga bingung pak nampaknya ????

    6. BOCOOOOOOR ALUSSSS, BOS…?!
      Wah ….. Ini namanya OPO TUMON, ADA ADA SAJA atau kalau BHS LAMPUNGNYA “WAT-WAT GAWOH”
      Sekarang sekolah harus mahir menjadi jago tebak, yang namanya Kisi-kisi dan SKL sudah dijembreng……., KS,Guru,murid dan Ortu ngerti…. Coba pas saya sekolah dulu ada itu, mungkin 10 semua kali,ya…. Ni soal ujian khan sama saja “BOCOR HALUS”
      Yang jadi pikiran saya Pak Haji, Kok banyak yg pada strees gara2 mau UN, ini lho? Kepriben ya”
      Trus ada anak yg pinter KO yg kurang pinter Lulus, mesti dicari solusi apa yg menyebabkan itu…
      Nah yang ini parah lagi…., kalau ulangan murid harus pinter, kalu ujian nasional Guru dan KS harus “pinter-pinter”
      untuk “menjaga muka” para birokrat.
      OPO TUMON…..

      @.INILAH INDONESIA !

    7. saya buka linknya, broken, coba di internet explorer, safari, mozilla firefox, kenapa semuanya susah membuka? linknya broken lah, gak ketemu linknya lah, banyak errornya, saya harus buka itu, karena saya akan menghadapi ujian, tolong, gimana caranyaa??????

      @.Kenapa begitu ya ?yg lain pada bisa de Gisela.Coba lagi.kalau masih broken copy aja di Materi Blog juga ada.

    8. Bolehkah seorang guru memberi informasi mengenai kisi2 yg terdapat pada Permen 74 / 75 tahun 2009 kepada siswa dengan tujuan agar siswa mempunyai acuan utk belajar.
      @.Bukan boleh lagi pak itu wajib,bahkan sekolah harus membuat soal-soal untuk try-out.

    9. tolong dong pengumuman kuota untuk sertifikasi dikmen wilayah kabupaten Jombang ? kenapa nggak di download kan lebih transparansi ?
      @.Kita belum ada akses ke Jombang ,pak.Lebih baik bapak datang aja ke kantor disdik setempat.

    10. belajaaaaarrrrrr
      @.Kalau mau pintar harus belajaaaar.

    11. kuncinya adalah belajar dengan giat..

      @.Beneer .

    12. Kenapa sih UASBN dan UAN dipercepat / buru 2 ?
      Apa yang dikejar ?
      Seharusnya kasih waktu lebih banyak kepada siswa
      untuk belajar lebih banyak

      @.Memang Pak Pariang kita yang dilapangan bingung,kenapa BSNP mempercepat UASBN/UN ?
      semoga ada alasan yang rasional.

    13. klo bsa protez…
      q mw comment donk…
      pmerintah tlong donk nlai ujian nasional jngan trlalu tinggi khan ksihan anx yg brbkat phy kmampuan IQ na rndah jdi gqa bsa llus ujian… :)
      @. Ini akibat banyak yang curang.Mudah-mudahan Pemerintah mau mendengar !

    14. kenapa mata pelajran Ilmu kalam diganti Fiqih? untuk jurusan Keagamaan?
      @.Judul kisi-kisinya Fiqih,tapi isinya tetap Ilmu Kalam

    15. saya adalah siswa di MAN TAMBAKBERAS jombang, khusus nya jurusan Keagamaan, saya mau tanya kenapa materi UN ilmu kalam diganti Fiqih? padahal dari dulu itu ilmu kalam?
      @.Ini bukan kapasitas saya menjawab pertanyaan Nona Diva,Ini produk BSNP,mungkin udah kordinasi dengan Depag.

    16. kenapa yach,,,,,,,,,,,,,,,,,,,????????
      @.Ujian itu sudah menjadi keputusan politik sekalipun banyak dikeluhkan masyarakat.

    17. kenapa mesti ada ujian,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,????????????

      @.Ujian boleh ada,tapi yg lebih baik jangan menentukan kelulusan.

    18. bagaimana cara downloadnya pak saya mau liat . . .!!!

      @.Maaf,filenya sudah di download,tinggal di save/copy ke media.

    19. Mohon POS ujian nasional segera diterbitkan, bulan Maret 2009 tinggal 3 bulan lagi, sementara kami sudah harus mempersiapkan ujian nasional di MTs kami, terima kasih
      @.Sampai saat ini BSNP belum mengeluarkan POS,baru mengeluarkan jadwal,padahal biasanya jadwal kan ada di POS.

    20. Ujian???? Standar 5,25???
      Pretttttttttttttttttttttt…!!!! coba para pengambil keputusan itu ngambil sampelnya di daerah pedalaman yang kalo waktunya nugal, siswa yang meliburkan sekolah.
      gurunya kena adat bahkan sampe dibawakan parang kalo tetap memaksa siswanya untuk masuk sekolah saat nugal ataupun panen atau tidak menaikan ke kelas berikutnya.
      bagaimana mau sama kemampuan mereka dengan siswa yang dikota??? coba pikir?? nggak usah pake otaklah mikirnya!!! pake dengkul aja kita pasti udah tau jawabanya.

      @. Sama pak,kami juga pengawas binguuuuung.

    21. kapan revisi permendiknas no 74 th 2009 keluar ?

      @.Belum ada info,Pak.

    22. Kalo hanya mengsukseskan Program Kecerdasan Bangsa. Bangsa ini dah kelewat cerdas sehingga saking banyaknya yg cerdas…pada koar2 di TV, Koran dll. Yang intinya bisanya menghujat tpi gak prnah mikir solusinya mo bagai mana. Contoh.. Narasumber politik, Debat2 tv, Pengacara yg sok paling bener, komentator Bola (pdhal bola kita cuma bisa brantem doang), pejabat yg suka ngless.
      Jadi intinya jgn buat negeri ini jadi Negeri Talk only, action ntar azah… Tolaong dipikirkan polanya pak. Saya punya anak yg akan saya didik dengan selera saya. Jadi jika gak cocok dgn program pendidikan kita, saya akan ucapkan “Go to Hell”. Sorry.
      @.No problem,itu hak bapak.

    23. Kalo bisa jgn keharusan UN ini dijadikan ajang penarikan Dana. Krn dari jaman saya sampai skarang mutu lulusan kita gak ada levelnya ama Negara lain. Contoh.. Mahasiswa skarang kalo lulus pasti nyari kerja bukan buat lapangan kerja. Mutu dan pysikologis pendidikan yg harus diperkuat. Bukan skedar ijazah.
      @.Memang ruwet dunia pendidikan kita itu ,pak.Tapi gak ada salahnya berbuat sesuatu untuk pendidikan ini,kan?

    24. HAHAHAHAH

      @.SANTAI AJA……….

    25. I’m Very agree with UN, cos it’s for our future…..
      Okey…
      @.As long as the procedure is okey !

    26. UN sbg standar kelulusan melanggar UU. UN tetap penting selama menjadi alat utk mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan alat utk mengadili nasib anak bangsa….. Jaman udah berubah!!
      @.Setuju pak,mudah-mudahan pemerintah mau meninjau ulang dan memperbaiki sistimnya.

    27. UN & Standard kllsn perlu ttp ada, cm UN bkn penentu kllsn n standard kllsn ‘u sementara’ perlu pengklasifikasian (ada kategori A,B,C)menyesuaikan dgn keberagaman kondsi sklh saat ini….Trim’s ya.

      @.Na,kalau begini baru adil,pasti banyak yang setuju.

    28. untuk murid2 yang pengen lulus UN…. BELAJAR YANG BENER SEKOLAH YANG BENER…. untuk GURU-Guru yang ingin MURIDNYA lulus UN… MENGAJAR YANG BENER….. sebab dari jaman dahulu di Republik tercinta ini ada ujian …. cuma ISTILAHNYA saja yang beda…. JAMAN SEKARANG kayanya lebih gampang…. STANDAR KELULUSAN digratiskan di mana mana…. KISI-KISI … di obral dimana mana…. coba tahun 60-an 70-an… mana ada yang begitu… masyarakat gak pernah mengeluh tuh……

      @.Nasihat yang bagus.Terima kasih.

    29. bagi bapak mentri M.nuh,tolong mngapa kita slalu dibuat klinci percobaan dalam menerapkan peraturan UNAS baru, peraturan ini sangat membuat stres pelajar termasuk kami, tolong pertimbangakan peraturan baru ini. nasib kami sebagai pelajar ada ditangan bapak mentri…..????????????

      @.Setuju sekali.

    30. kisi-kisi
      @.Thanks.

    31. kpn un untk SD

      @.(1) UASBN utama dilaksanakan pada minggu pertama Mei 2010.
      (2) UASBN susulan dilaksanakan satu minggu setelah UASBN utama.

    32. Trim’s kamai dapatInformasi yang banyak disini, mohon keterangan tentang Ujian Teori Praktik untuk SMK, kalao masih seperti tahun 2009 kacau, ujian teori praktik kan dipakai untuk penentu siswa dapat/tidaknya mengikuti Ujian Praktik, tapi nilainya keluar bareng dengan UN utama kan kacau namanya, nanti gimana ? Terus POS UN/US kapan ?
      Makasih banget !!

      @.Sama seperti rekan-rekan dari SMK pertanyaannya.POS nya belum diluncurkan Depdiknas Pak,
      Terima kasih.

    33. Rekan-rekan yang ingin mendapatkan kisi-kisi UN 2009/2010 serta prediksi soal UN dapat mengunjungi : http://www.fauzi15dpk.wordpress.com
      Terimakasih, semoga bermanfaat….
      @.Terima kasih,infonya.

    34. pada skl untuk mapel Fiqih ma program keagamaan, kok isinya masih ilmu kalam… tolong dong klo ada revisi nya…. masalahnya untuk fiqih tukan baru diujikan sekarang jadi perlu skl pease thank u

      @.Ya kita tunggu revisinya (kalo ada ) ya pak.

    35. Mohon segera diterbitkan POS-nya untuk UN-SMK agar penyelenggara UN di daerah-daerah tidak terkejut, tidak bertanya-tanya tentang teknis pelaksanaan kepada pihak-pihak yang sumbernya tidak jelas, dan perlu adanya koordinasi tentang pelaksanaan uji kompetensi dari tingkat pusat sampai di tingkat satuan pendidikan jangan sampai kurang/tidak ada waktu persiapan siswa (pendalaman materi/pengayaan) untuk menghadapi UN. Dengan keluarnya permen diknas no 75/2009 (psl 14) kemurnian hasil UN akan dipercaya oleh publik , smg tidak ada pihak-pihak yang membuat strategi kotor untuk mendapatkan skor/nilai lulus bagi peserta UN-2010, lebih baik nilai pas-pasan (murni) dari pada nilai tinggi hasil berbuat curang, wass wr wb

      @. Terima kasih Pak Ujang,Insya Allah kalau POS nya keluar dari Depdiknas akan langsung dimuat disini.

    36. bgaimanakah nasib qmi,,,ujian yg smkin ssah dan gawattttttttttt

      @. Berdoa dan berusaha ! Semoga sukses buat Rian.

    37. info nya sangat berguna buat kami, trims dan sharing bagi yang perlu urusan kurikulum silahkan kunjungi http://smpalfajar.tk

      semoga berguna buat para guru dan umumnya pemerhati pendidikan. wassalam

      @.Terima kasih,nanti ada kunjungan balik.Salam

    38. Tai bae…. UN makin lama makin maju…. cacad…. parah ni…

    39. apakah uji kompetensi smk masih menggunakan Ujian teori scara nasional dan praktik secara nasional?
      Apakah diadakan serempak di sluruh indosesia?

      @.Maaf,belum bisa jawab karena POS nya belum keluar.Terima kasih.

    40. caranya dowload permendiknya kok ga bsa ya
      makasih

      @. Buka aja file nya,kalau sudah save file ke hardisk/CD
      Trims.

    41. kok kami dowlaod permenya ga bisa ya
      caranya gimana

      @. Buka file kemudian Save file/copy ke hardisk/CD

    42. Tolong infokan kepastian ujian nasional 2010 dan kisi-kisinya. Thanks

      @.Kisi-kisinya bisa dibaca di permen diatas,tetapi kepastian hari H nya belum ada karena Prosedur Operasional Standar (POS) nya belum keluar yg jelas untuk tingkat SMP minggu ke 4 bulan Maret,tingkat SMA minggu ke 3 bulan Maret.
      Thanks

    43. mohon penjukjuk ujian pratek keahlian smk

      @.Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2009/2010 belum keluar,tetapi pelaksanaannya UN utama kan Minggu ke 3 bulan Maret 2010,sedangkan UN praktek dilaksanakan sebelum UN utama,kalau materinya tiap kabupaten berbeda programnya ,tergantung daerah/sekolah masing-masing.Terima kasih.

    44. oke
      @. Thanks.

    45. kapan kah UN akan segera dikaksanakan secara pasti?
      agar para siswa SMA tidak terkejut oleh UN yang tidak jelas

      @.POS nya belum keluar pak,tetapi didalam permen disebutkan Untuk UN SMA/MA/SMK dilaksanakansanakan bulan Maret minggu ke 3,untuk SMP/Mts minggu ke 4 bulan maret 2010.Terima kasih.

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: