• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 282,155 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • KUOTA SERTIFIKASI TAHUN 2010

    Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu implementasi dari Undang‐Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Agar sertifikasi guru dapat direalisasikan dengan baik perlu pemahaman bersama antara berbagai unsur yang terlibat, baik di pusat maupun didaerah. Oleh karena itu, perlu ada koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan
    sertifikasi guru agar pesan Undang‐Undang tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan. Salah satu bagian penting dalam sertifikasi guru adalah rekrutmen dan penetapan calon pesertanya. Untuk itu diperlukan sebuah pedoman yang dapat menjadi acuan bagi dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan

    kabupaten/kota, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), kepala sekolah, guru, guru yang diangkat dalam jabatan pengawas, dan unsur lain yang terkait dalam sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2010.

    KUOTA SERTIFIKASI :

    Secara nasional kuota sertifikasi guru tahun 2010 adalah 200.000 orang

    KUOTA PROPINSI :

    No

    Propinsi

    Wajar Dikdas Dikmen Jumlah
    1 DKI JAKARTA 6952 1653 8605
    2 JAWA BARAT 25400 6033 31433
    3 JAWA TENGAH 23647 5618 29265
    4 DI. YOGYAKARTA 6637 1576 8213
    5 JAWA TIMUR 28309 6726 35035
    6 NANGGROE ACEH DARUSSALAM 2476 590 3066
    7 SUMATERA UTARA 6016 1431 7447
    8 SUMATERA BARAT 5163 1227 6390
    9 R I A U 2.877 684 3.561
    10 JAMBI 2541 604 3145
    11 SUMATRA SELATAN 5575 1324 6899
    12 LAMPUNG 5334 1268 6602
    13 KALIMANTAN BARAT 1833 447 2330
    14 KALIMANTAN TENGAH 822 196 1018
    15 KALIMANTAN SELATAN 3412 812 4224
    16 KALIMANTAN TIMUR 1907 453 2360
    17 SULAWESI UTARA 2947 699 3646
    18 SULAWESI TENGAH 1915 456 2371
    19 SULAWESI SELATAN 7701 1815 9516
    20 SULAWESI TENGGARA 2582 613 3195
    21 MALUKU 1502 359 1861
    22 B A L I 2671 634 3305
    23 NUSA TENGGARA BARAT 1805 430 2235
    24 NUSA TENGGARA TIMUR 1692 403 2095
    25 PAPUA 604 150 754
    26 BENGKULU 1386 329 1715
    27 MALUKU UTARA 393 95 488
    28 BANTEN 3834 913 4747
    29 BANGKA BELITUNG 621 148 769
    30 GORONTALO 962 228 1190
    31 KEPULAUAN RIAU 906 221 1127
    32 KALIMANTAN BARAT 1883 447 2330
    33 KALIMANTAN TENGAH 822 196 1018
    161.594 38.406 200.000

    RUMUS PERHITUNGAN KUOTA KABUPATEN/KOTA :

    Rumus perhitungan kuota kabupaten/kota adalah sebagai berikut.

    KK =GK : GP x KP

    KK = jumlah kuota kabupaten/kota

    GK = jumlah guru kabupaten/kota yang memenuhi persyaratan

    GP = jumlah guru provinsi yang memenuhi persyaratan

    KP = jumlah kuota provinsi

    Contoh:

    Jumlah guru di Kabupaten “AB” = 11.516 guru

    Jumlah guru di Provinsi “A” sebesar = 55.526 guru

    Jumlah kuota Provinsi “A” tahun 2010 = 4.214 guru

    Maka kuota untuk Kabupaten “AB” dapat dihitung sebagai berikut :

    KKAB = 11.516 : 55.526 x 4.214= 874

    Jadi kuota untuk Kabupaten “AB” tahun 2010 adalah 874 guru,

    terdiri atas:

    a. Kuota guru PNS maksimal = 85% x 874 = 743 guru

    b. Kuota guru bukan PNS minimal = 15% x 874 = 131 guru

    Rumus perhitungan kuota guru pendidikan dasar (TK, SD, SMP),SLB dan pengawas dikdas tiap kabupaten/kota adalah sebagai berikut:

    KGPD = KK X GPD : GK

    Rumus perhitungan kuota guru pendidikan menengah (SMA, SMK) tiap kabupaten/kota adalah sebagai berikut:

    KGPM = KK X GPM : GK

    KK = jumlah kuota kabupaten/kota

    GK = jumlah guru kabupaten/kota yang memenuhi persyaratan

    GPD = jumlah guru pendidikan dasar, guru SLB dan pengawas dikdas kabupaten/kota yang

    memenuhi persyaratan

    GPM = jumlah guru pendidikan menengah dan pengawas dikmen kabupaten/kota yang

    memenuhi persyaratan

    KGPD = jumlah kuota guru dikdas

    KGPM = jumlah kuota guru dikmen

    Demikian.

    (Sumber : Buku I Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2010 )

    About these ads

    32 Tanggapan

    1. dengan ini kami sampaikan kepada bapak daftar guru slb kota semarang yang lulus PLPG 2009 , tapi tunjangan sertifikasi tahun 2010 sampai sekarang belum cair , nama – nama tersebut sbb :
      1, Retno slb Dharma Mulia
      2. Ngadiyem slb Dharma Mulia
      3. Kussudarmi slb YPAC
      4. Nur Hidayati slb YPAC
      5. Titin Kurnaetin slb Widya Bakti
      6. Sri Umbarwati slb Widya Bakti
      7. Joko Waluyo slb Widya Bakti
      8. Bambang Istiarso slb Dria Adi
      9. Sriyatun slb Pelita Ilmu
      10.Gedion soetarno slb Widya Bakti
      11 Daryanti slb Widya Bakti
      .12.Anik indriyaningsih slb Widya Bakti

    2. makasih doa nya pak , salam hormat dari kami @ bu retno

    3. pak kami 12 guru slb kota semarang , lulus plpg 3009 , tapai sampai sekarang tunjangan sertifikasi kami yang th 2010 belum cair , padahal kami sudah pemberkasan berulang -ulanh , tapi skpencairan belum turun , yang inginkami tanyakan apakah tunjangan kami masih bisa cair ? kalau tunjangan kami sudah hangus , kasihan bener nasib kami pak, mohon dibantu pak , mohon maafbila ada salahkata , salam hormat darikami a/n retnonip 195812101982032005
      @.Bu retno,coba cek lagi SK Pencairannya di Disdik,bila perlu sampai Propinsi.Menurut saya tidak akan hangus,karena itu adalah hak ibu cs.Semoga cepat cair.

    4. DIMANA SAYA DAPAT MELIHAT INFORMASI GURU YANG AKAN DI SERTIFIKASI PADA TH 2010-2011
      @.Di Dinas Pendidikan setempat,atau di website Perguruan tinggi yang menilai kabupaten bapak.Atau Secara nasional bisa dilihat di website sbb: Informasi Sertifikasi Guru

    5. DIMANA SAYA DAPAT MELIHAT DAFTAR GUGU YANG AKAN DI SERTIPIKASI TAHUN 2010 2011

    6. saya jd guru di madrasah Aliyah di cilegon, terdaftar menjadi calon guru sertifikasi 2010. bulan agustus 2010 tunjangan fungsional (TF) di cilegon cair untuk periode tahun 2009-2010 , tapi namaku dihapus dari data yang mendapatkan TF, dengan alasan akan mendapatkan sertifikasi dan kuota TF di cilegon berkurang kata mapenda cilegon. aku kecewa dengan alasan itu, karena portopolio pun baru beres dikumpulin dan belum ada pengumuman lulus atau tidaknya. TF tak dapat, honor daerah (Honda) tak dapat, sekarang honor dari sekolah pun dihapus. akhir november 2010 aku dinyatakan lulus sertifikasi lewat plpg. sampai hari ini pun tunjangan profesinya belum diterima….
      tapi bener-bener saya pergi ke sekolah pun harus minta ongkos dari suami. Apakah seperti itu kebijakannya?, apabila jika sudah tercatat calon sertifikasi guru, TF,honor daerah bahkan honor dari sekolah pun dihapus, adilkah kebijakan itu???
      @.Kalau menurut saya tidak seharusnya TF,honda dihentikan,sepanjang tunjangan profesi belum cair,minimal s/d Desember 2010.Karena pembayaran tunjangan profesi ibu akan dihitung sejak Januari 2011,dan perkiraan cairnya bulan Juni 2011.

    7. dimana kami bisa melihat nama-nama yang lulis sertifikasi 2010
      kab. sumatera utara
      sebelumnya terima kasih
      @.Ada di situs Perguruan Tinggi yang menilai sertifikasi bapak/ibu.

    8. Boleh posting nama – nama yang LoLos sertifikasi Rayon Maluku Tengah……..,
      terima Kasih

    9. boleh saya tau nama – nama pengawas yang lolos sertifikasi rayon maluku tengah……,
      terima kasih

    10. ass, mas ketika saya diguru saya sdh lulus sertifikasi, sekarang saya dimutasi ke pengawas apakah hrs sertifikasi kembali, monggo sekaligus PP nya dan dalilnya yang lengkap
      @.Waalaikum salam,gak perlu sertifikasi lagi.Pada PP 74 tahun 2008,Bab III pasal 15 berbunyi :
      (4) Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan tetap diberi tunjangan profesi Guru
      apabila yang bersangkutan tetap melaksanakan tugas sebagai pendidik yang:
      a. berpengalaman sebagai Guru sekurangkurangnya 8 (delapan) tahun atau kepala sekolah sekurang-kurangnya
      4 (empat) tahun;
      b. memenuhi persyaratan akademik sebagai Gurusesuai dengan peraturan perundang-undangan;
      c. memiliki Sertifikat Pendidik; dan
      d. melakukan tugas pembimbingan dan pelatihan profesional Guru dan tugas pengawasan.

    11. mau nanya ni gimana kalo kepala sekolah udah sertifikasi terus mutasi jadi pengawas gimana sertifikasi gurunya masih diapakai atau harus sertifikasi ulang lagi makasih mohon penjelasan
      @.Masih dipakai ,pak gak usah sertifikasi lagi.

    12. saya mengajar di smpn 2 pekuncen, ada 2 guru penjas, yang satu dah sertifikasi, saya ngajar kelas VII 6 kelas, teman saya sudah sertifikasi ngajar kelas VIII 6 kelas, kelas IX 6 kelas diajar model team teaching, permasalahannya katanya jam team teaching tidak diakui sehingga dengan begitu saya tidak mendapat jatah jam kelas IX, padahal sebentar lagi saya akan ikut sertifikasi. Apakah team teaching dalam sertifikasi guru smp tidak diperbolehkan? Bagaimana solusinya?
      @.Menurut pendapat saya seharusnya Team Teaching itu diakui karena sudah jelas Dalam Pedoman Penghitungan Beban Kerja Guru pada point 2 disebutkan sbb :
      2. Melaksanakan Team Teaching
      Guru tetap yang tidak dapat memenuhi beban kerja minimal 24 (dua
      puluh empat) jam tatap muka dan maksimal 40 (empat puluh) jam
      tatap muka per minggu pada satuan pendidikan di mana dia diangkat
      sebagai guru tetap, dapat memenuhi beban kerjanya melalui sistem
      tim pengajaran bersama (team teaching).
      Team teaching memiliki prinsip bahwa dalam satu kelompok belajar
      untuk satu mata pelajaran diampu oleh lebih dari satu orang guru.
      Akan ada dua atau tiga orang guru yang menangani satu jam
      pelajaran dalam satu rombongan belajar, di mana satu di antaranya
      mengajar dan menyampaikan pelajaran serta yang lainnya bertindak
      sebagai observer atau fasilitator. Melalui team teaching selain
      terakomodasi aspek metode pembelajarannya, juga akan dapat
      diawasi aspek lain untuk mengetahui tingkat pemahaman murid.
      Pedoman Penghitungan Beban Kerja Guru 13
      Team teaching dapat dilakukan oleh guru-guru dalam satu sekolah
      yang sama atau oleh guru-guru dari sekolah yang berbeda.
      Team teaching bisa dilaksanakan apabila tuntutan kurikulum
      membutuhkan lebih dari satu orang guru untuk menangani satu
      rombongan belajar yang proses pembelajarannya merupakan satu
      kesatuan (tidak bisa dipisahkan tempatnya). Masing-masing guru
      dalam satu proses pembelajaran memiliki tugas masing-masing yang
      dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan dalam satu rombongan
      belajar

    13. siiiiiiiiiiiiiiiiiiiillllleeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttthjjb

    14. siiiiiiiiliiitttttttttttttttttttttt

    15. nama saya Bahruzi.S.Pd.
      Mengajar di MTs.Bustanul Ulum Bulugading
      mengajar sejak tahun 1997 dan punya jam full / minggu
      mengajar matematika dan ipa sesuai dengan jurusan saya tapi mengapa tidak masuk dalam sertifikasi ketika mengajukan sampai di kantor malah nama saya harus dihapus kenapa ya pak? apa ada jalan pintas ya mohon penjelasannya. terimaksih sebelumnya.
      @.Pertama kalau mengajar di MTs harus diusulkan melalui Depag,Kedua yang menghambat bapak mungkin jumlah kuota
      disana sedikit,jalan terbaik koordinasi dengan petugas sertifikasi depag agar nama bapak bisa diperjuangkan masuk peserta.

    16. Disekolah kami sudah ada GTT yang bersertifikasi guru & skaligus memperoleh tunjangannya,Knapa Kami yang juga GTT disekolah negeri tidak diperbolehkan lagi untuk memperoleh sertifikasi,sedangkan GTY diperkenankan untuk memeliki sertifikasi guru ?
      @.Aturannya GTT harus ikut sertifikasi di sekolah swasta (yg sudah punya SK yayasan) .Kalau di negeri kan harus PNS dulu.

    17. mengapa guru honor sertifikasinya harus melalui sekolah swasta? padahal di pedesaan banyak guru honor di sekolah negeri yang jam mengajarnya 24 jam bahkan lebih karena memang guru pns nya masih kurang.
      @.Memang aturannya demikian pak,sekolah swasta pun sebenarnya yang sudah menerapkan standar gaji yang sama dengan PNS yang boleh diikutkan sertifikasi berdasarkan SK yayasan.Kalau kita lihat ,bagaimana yg di pedesaan?Sebaiknya pemerintah memperhatikan ini.

    18. tolong dikirim nama-nama peserta sertifikasi 2010 ke email saya makasih banyak mas.
      @.Maaf Pak, saya hanya tahu yang di kab.karawang saja.

    19. tolong kirimin saya nama-nama peserta sertifikasi guru mi 2010 makasih mas.

    20. saya dari SMPN 27 Semarang ,yang merupakan sekolah percontohan sertifikasi , tetapi oleh depag harus urut seperti yang lain. padahal dalam surat tersebut kami seharusnya dapat akses khusus
      @.Ya,mungkin quota nya terlalu banyak pak,tapi coba bapak desak lagi depag supaya lolos,

    21. saya ,,pertama mengajar sd dan pns lima th..trus pindah ke smp..tetapi ijasah saya yg s-1 belum dinilai tetapi gelar s.pd sudah masuk ke sk. perlu diketahui saya mengajar penjaskes..dan ijasah saya pend kepelatihan ..fpok ikip yogyakarta jadi ngak ada masala dg ijazah karena sdh relefan.sk cpns saya pakai SGO. dengan alasan ijasah lebih tua dari sk maka ijasah saya tidak dinilai dlam PAK. APAKAH SAYA MASIH BERHAK IKUT SERTIFIKASI.??
      @.Menurut saya tidak ada masalah,bapak berhak ikut sertifikasi asalkan diusulkan oleh kepsek/disdik setempat.

    22. Kami dari sekolah yang terbelakang karena letaknya yang ada dibelakang maka kesejahteraan maupun fasilitas untuk siswa itupun sangat minim dan kurang. Sekolah kami adalah sekolah swasta terletak di daerah Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, dengan lebel SMA KOSGORO 2 , kami sangat mengharapkan dan berharap agar pendidikan disekolah kami dapat serta mendapatkan fasilitas yang lebih baik apa yang harus kami lakukan ……………………… ???????? mohon di balas e-mail : sutriyo@yahoo.com
      @.Pak Sutriyo,bapak harus usul kepada kepala sekolah/ketua yayasan ;bagaimana agar sekolah bapak punya kiat-kita /terobosan yang baik untukmeningkatkan prestasi siswa dan kesejahteraan guru,dan banyak berkoordinasi dengan disdik setempat agar mendapatkan bantuan,Terima kasih.

    23. Sabaaaaaaar,,,!!!! bener bgt guru2 harus Sabar, kalau RezKi NggA Bakal Kemana KOK…. !!! Saya juga belum dap kepastian….. masuk kuota tahun ini at ngga. yang jelas qt harus banyak2 bersyukur n tetap semangat dengan apa yang udah kita dapatkan…… syukuuuuur, sabaaaaaaar, ikhlaaaaaas……
      @.Alhamdulillah ternyata masih banyak guru yg sabar,syukur dan ikhlas seperti bu Dewi,

    24. umur saya 27 th mengajar di SLB B Dharma miranti Singkawang sudah 5 tahun setengah apa bisa ikut ya?

      @.Bisa pak sepanjang quotanya masih tersedia.

    25. GURU ITU HARUS SABAR
      Alhamdulillah ada program sertifikasi. Kita syukuri dulu programnya. Kita siapkan perangkatnya. Kita nantikan aturan main selanjutnya. Kita ikuti aturan main tersebut dengan senang hati, bila ada yang kurang kita introkspeksi. Yuk dibenahi dan dilengkapi….., Enak to…. puenak tooo….?
      Memang sabar itu penting, sesabar guru kita dulu yang ngajar kita, beliau belum “ngrasain” sertifikasi sudah pensiun. Malah “maaf” masih ada yg nunggu rumah dinas tahun 80an. Kalau kita yg dapat sertifikasi malah ribut rebutan kuota, kasihan guru2 kita dulu, beliau pasti marah sama kita, dan bergumam “guru macam apa itu”
      Malu dong…., ah.
      Yuk ….. kita sabar…..!?

      @.Setuju,mas.

    26. sedikit amat guru swastanya, emangnya yang berperan mencerdaskan anak bangsa cuman guru pns, anak tiri guru non pns
      @>Mudah-mudahan pemerintah segera memperhatikan guru swasta.

    27. kapan penerimaan CPNS untuk banggai?

      @.Belum ada informasi,mudah-mudahan segera.

    28. Dalam Sertifikasi, apakah kuota guru swasta dengan guru honorer di negeri lebih sedikit?Bagaimana prosedur guru swasta untuk dapat memenuhi syarat sehingga kuota yang ada dpt dipenuhi?
      @.syaratnya harus ada SK mengajar dari Yayasan/Lembaga,selanjutnya quotanya diatur disdik setempat.

    29. Sampai saat ini belum ada GTT pada sekolah negeri yang sudah mengikuti sertifikasi. Kapan mereka diberi kesempatan ?
      @.Sebenarnya kan rumus perhitungannya sudah jelas ada aturannya.Saya sarankan GTT harus aktif mencari informasi di disdik,karena ujung-ujungnya disitu yg mengusulkannya.

    30. jangan hy guru negeri aja yg diperhatikan, guru swasta jg kan sama kerjanya mendidik anak bangsam tp ko dlm pemberian insentif kd berbeda
      @.Bener bu,harus diperjuangkan.

    31. saya seorang guru di SMP Negeri 18 Makassar dengan masa kerja 12 Tahun. Pernah jadi guru honor kemudian lulus guru kontrak selama 10 tahu. umur 40 tahun Apakah saya bisa mengajukan usulan untuk memasukkan portofolio tahun 2010 ini mohon balasan dr bapak

      @.Bu masa kerja mininal kan 5 tahun sejak diangkat PNS sesuai dengan yg dicantumkan di SK,selama jadi honorer tidak terhitung,boleh saja ibu mengajukan usulan,tapi lihat quota di kab.ibu.

    32. Semoga guru-guru sejahtera dan pendidikan di Indonesia bermutu. Amin
      @.Hidup guruuuuuuuuu!

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: