• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 280,522 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • PENGHASILAN GURU PNS PALING TINGGI ?

    Penghasilan guru lebih tinggi dibandingkan penghasilan yang diterima pegawai negeri sipil atau PNS lainnya. Itu terjadi karena hanya guru yang mendapatkan tunjangan kependidikan sebagai tambahan pada komponen penghasilannya.

    Informasi tersebut terungkap dalam Buku Saku APBN dan Indikator Ekonomi yang diterbitkan Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan. Buku tersebut diterima Kompas di Jakarta, Kamis (14/1/2010).

    Tunjangan kependidikan untuk guru bergolongan II/a dengan masa kerja 10 tahun ditetapkan senilai Rp 286.000 per bulan. Oleh karenanya, jika ditambahkan dengan komponen penghasilan lainnya, maka penghasilan bersih seorang guru golongan II/a dan belum kawin akan mencapai Rp 2.489.635 per bulan.

    Adapun penghasilan bersih untuk guru bergolongan tertinggi atau golongan IV/e dengan masa kerja 32 tahun dan belum kawin mencapai Rp 4.631.300 per bulan. Ini lebih tinggi dibandingkan penghasilan bersih PNS non -guru pada golongan yang sama mencapai Rp 4.244.415 per bulan.

    Perbedaan itu terjadi karena guru golongan IV/e mendapatkan tunjangan kependidikan senilai Rp 389.000 per bulan. Tunjangan kependidikan ini tidak diberikan kepada PNS non-guru.

    Bedanya, tunjangan beras seorang guru lebih kecil dibandingkan PNS lain. Guru dengan golongan II/a hingga IV/e menerima tunjangan beras senilai Rp 42.300 per bulan, adapun PNS dengan golongan sama menerima tunjangan beras sebesar Rp 44.415 per bulan. Ini artinya, tunjangan beras guru belum dinaikkan pada tahun 2010, karena masih menggunakan standar lama.

    ( Sumber : Kompas.com : 14 Januari 2010 )

    About these ads

    9 Tanggapan

    1. Kenapa ya guru PNS selalu naik………,ditambah lagi dapat TPP.Tapi guru swasta TPP tidak cair-cair,dipotong lagiSeharusnya kalau gaji guru PNS selalu naik.kan TPP nya diturunkan,kasihan dong guru swasta.Sudah kerja keras,penghargaan dari pemerintah masih dinomorkan dua!
      Pengabdian kan tidak harus di negeri! Terima kasih!!!!

    2. Saya heran kenapa sih harus ada dikotomi paradigma antara PNS guru dan non guru, toh semuanya juga mengabdi pada masyarakat, seharusnya yang diirikan adalah prestasi dan kinerja bukan pendapatan, apa PNS non guru yang mengabdi dengan dedikasi dan tanpa pamrih ga layak disebut pahlawan tanpa tanda jasa? Menurut saya yang penting konsisten dengan profesi masing-masing, bukan bersifat oportunis, di banyak daerah ada juga menjadi guru hanya untuk mengejar pangkat, ketika sudah berpangkat tinggi pindah ke struktural, harusnya guru-guru juga ‘berdemo’ untuk menjaga integritas ‘keguruan’ nya, dan berapa banyak guru yang memiliki ijazah tidak sesuai dengan tupoksi, melakukan kecurangan dalam proses sertifikasi, dll, tapi toh ga ada guru yang ‘berdemo’, apa aksi-aksi yang dilakukan guru hanya untuk kepentingan sepihak, seharusnya para guru dengan adanya tambahan penghasilan, juga mulai merubah paradigmanya pada hakikat dari guru itu sendiri, sebagai pendidik dan pengajar, sehingga layak disebut sebagai pahlawan…..
      @.Sebagai seorang pengawas saya bangga dan setuju dengan komentar diatas,semoga semua guru pada melek integritas.

    3. Jangan dibandingkan dengan PNS tata usaha sekolah dong. Coba bandingkan dengan PNS yang sudah renumerasi seperti Gayus di Dirjen Pajak, BPS, Depkeu. Tambah ngeri kita sebagai guru nelihat angka-angkanya.

    4. apa benar gaji guru naik 50% kok gede amat 5%kali
      @.Itu berbau kampanye,pak.nyatanya bener cuma 5 %.

    5. PNS YANG LAIN JANGAN IRI, DONG…?
      Gaji guru yang sekarang besar itu merupakan akumulasi dari perjuangan guru-guru terdahulu yg berjuang dan mengabdi tanpa pamrih. Keputusan mjd guru adalah salah satu keputusan yg luar biasa utk mengabdi pd negeri ini, pada waktu itu merupakan keputusan “SIAP MLARAT” Dan mungkin profesi guru dipandang sebelah mata, karena hanya “ngonthel” sampai kemringet.
      Renungan untuk bapak-ibu guru baru, syukuri nikmat ini dengan menjalankan tugas secara profesional : merencanakan,melaksanakan,megevaluasi dan melaporkan hasil pembelajarannya dengan baik dan benar. Syukur ditambah dengan semangat rela berkorban. Kalau nggak Profesional, tunggu saja Demo Anti Guru dr PNS lain.
      Mungkin saat ini sdh saatnya sebutan Guru sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dihilangkan, Guru adalah Pegawai Profeional…,
      Mosok ada Pahlawan kok gajian telat Demo…., He he he.

    6. TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

      @.Terima kasih pak saut,senang bisa dikunjungi sahabat dari Pakpak Barat,Nanti saya berkunjung ke blog bapak.

    7. Guspur datang lg mg tdk bosan!
      @.Guspur datang,dunia maya akan semakin terang.

    8. Bisa-bisa cita-cita menjadi guru akan semakin diminati nich…hehehe baguslah.

      @. Trims.

    9. Selamat bagi yang jadi PNS terutama guru!
      @.Terima kasih pak Agus.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: