• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 284,048 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • Mekanisme Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Tahun 2010

    Info SertifikasiPada postingan saya beberapa bulan yang lalu pernah ditulis bahwa mendiknas lama Pak Bambang Sudibyo pernah menyampaikan “wacana” bahwa Mulai tahun 2010 tunjangan profesi untuk guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi yang sertifikasinya telah selesai periode tahun 2007 dan 2008 maka tunjangan profesi digabungkan dengan gaji bulanannya dan dibayarkan langsung melalui Bupati.Akan tetapi hingga kini hal tersebut belum bisa direalisasikan,menurut informasi yang ada di Dinas pendidikan setempat bahwa hal ini baru bisa direalisasikan pada 2012.

    Pada Januari 2010, PMPTK mengeluarkan buku Pedoman Pelaksanaan Penyaluran Tunjangan Profesi Melalui Dana Dekonsentrasi yang menjelaskan bahwa pembayaran tunjangan profesi guru tahun 2010 masih sama dengan yang sudah kita terima,yakni melalui rekening bank masing-masing :

    Surat Keputusan Dirjen PMPTK Kementerian Diknas tentang penerima tunjangan profesi menjadi dasar untuk pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi bagi guru. Sumber dana tunjangan profesi adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Ditjen PMPTK Kementerian Diknas yang didekonsentrasikan pada DIPA Dinas Pendidikan Provinsi. Penyaluran tunjangan profesi dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dengan cara dikirim langsung ke rekening bank/pos masing-masing guru/pengawas penerima.

    Dirjen PMPTK Kementerian Diknas menerbitkan Surat Keputusan Penetapan Guru/Pengawas Penerima Tunjangan Profesi dan mengirimkannya surat keputusan penerima Tunjangan Profesi ke Dinas Pendidikan Provinsi. Dinas Pendidikan Provinsi melaksanakan proses pencairan pembayaran tunjangan profesi langsung ke rekening bank/Pos milik guru/pengawas yang bersangkutan.

    About these ads

    92 Tanggapan

    1. Mengapa gaji pokok tunjangan profesi guru yang sudah memiliki SK Inpassing tidak disesuaiakan dengan golongan III/a

    2. kapan dicairkan dana tunjangan profesi guru yang telah dituangkan dalam bentuk surat keputusan nomor 0623.2412/F/SK/2010, tanggal 11 Januari 2010, apa ini benar atau bohong-bohongan

    3. sampai kapan para guru menunggu tunjangan profesinya yang telah dituangkan dalam bentuk surat keputusan

    4. kapan pencairan dana tunjangan MENDIKNAS melalui Bank BRI bagi yang sudah mempunyai rekening dan mempunyai NUPTK
      @.Maaf mas,belum ada bocoran.

    5. Mau tanya.. Kesalahan pengiriman dana sertifikasi itu melapor dimana ?? karena di rekening saya ada 2x dana serifikasi yang masuk. Kalo boleh tau itu kesalahan dari pihak mana ??

      Terimaksih SebeLumnya..
      @.Bapak cek dulu di Disdik setempat,lihat pada SK pencairannya,kalau ada kelebihan harus dikembalikan ke kas negara.Kesalahan bisa di kab,prop.atau pusat.

    6. maaf pak , ini kami 12(dua belas)guru slb kota semarang yang lulus plpg th 2009 , kami ingin matur lagi pada bapak bahwa th 2010 kami berulangkali peberkasan dan kami juga sering menanyakan ke dinas tapi selalu dijawab belum ada , sabar , dan akhirnya sampai bl des 2010 sk pencairan untuk tunjangan sertifikasi kami belum keluar sampai sekarang , yang menjadi pertanyaan kami , apakah tunjangan sertifikasi kami yang th 2010 masih bisa cair ?,mohon maaf bila ada salah kata,mohon dibalas , trimakasih , hormat kami retno , no plpg : 09036302711455,

    7. Saya lulusan sertifikasi 2009, menerima pencairan sertifikasi pada tahun 2010. yang saya terima baru tiga bulan yaitu oktober s.d Desember 2010. Sampai sekarang(Desember 2011), yang 9 bulan yaitu dari januari 2010 s.d september 2010 belum juga kunjung cair. Pada hal sudah beberakali kali saya datang ke dinas propinsi jawa barat untuk menanyakan kapan pencairannya, tapi jawabnya sama” tunggu saja, uangnya tidak akan hilang”. Padahal uang itu sangat berarti bagi saya untuk biaya sekolah anak-anak.
      Mohon kepada Bapak/Ibu yang mengurus pencairan sertifikasi saya segera dicairkan ,di sekolah kami masih ada 2 orang yang belum cair(saya 9 bulan dan teman saya 3 bulan)

    8. retno , 17 des 2010
      kami 7 ( tujuh ) guru pns dan 5 ( lima ) guru honor kota semarang , kami guru slb yang lulus plpg th 2009 , yang ingin kami sampaikan disini ; tunjangan sertifikasi kami yang th 2010 ( bl jan – bl des ) belum cair , yang inginkami tanyakan ; kapan pak tunjangan tsb cair ?mohon , terimakasih,
      @.Yang bulan Januari 2010 seharusnya sudah dibayar pada Juli 2010 lalu,Coba cek di disdik setempat apa SK pembayarannya sudah ada atau belum untuk nama-nama tsb.? Tks.

    9. angkatan 2009 yang dibayar tahun ini (2011) sisanya belum dibayar, kira-kira kapan ya pa, dikelola oleh pemda malah bikin bingung, lebih baik menyatu saja (tunjangan sertifikasi) dengan gaji yang selama ini diterima, itu akan lebih baik dan menhindari pemotongan-pemotongan yang tidak resmi. terimakasih
      @.Pada umumnya sisanya kurang dari satu bulan,Belum ada kepastian.

    10. ass…kenapa tunjangan sertifikasi kadepag untuk wilayah bengkulu kabupaten lebong belum cair sampai sekarang?????
      padahal SK sertifikasinya sudah diterbitkan pada januari 2011.
      tmt 2010…. apa memang selurunya belum cair???
      atau yang di kabupaten lebong aja yang belumm!!!
      mhon penjelasannya.. trimakasihh
      wass
      @.Waalaikum salam, Tiap-tiap daerah berbeda waktu pencairannya.Hal ini disebabkan karena di negara kita terlalu banyak birokrasi !!!!

    11. Pak, kami PNS khususnya GURU di Kab, Bireuen-Aceh, memohon sangat pada pemerintah Pusat, agar semua yang berhubungan dengan keuangan, termasuk gaji, diberikan langsung oleh Pusat. Karena selama otonomi daerah kaum guru di Aceh umumnya “Sudah jatuh tertimpa tangga”, Masalah uang selalu jadi Proyek empuk bagi Pemda. Apalagi uang GURU Pak.

    12. Di Kab. Morowali tunjangan profesi macet,mogok, menetes sedikit2….Hai ! berhentilah membodohi guru
      agar bangsa ini kedepan lebih baik lagi

    13. lagu padamu negri sangat berkesan dibenak guru non PNS.persaan bersabar dan menanti sudah tertanam kuat dalam sanubari pendidik, dengan demikian penantian dan kesabaran itu sudah biasa dan kesabaaranya para guru jaganlah kita jadikan kesempatan untuk mengulur-ulur waktu, dan pada akhirnya tujangan profesi tersebut akan cair secara keseluruhan selama satu tahun. saya mohon jangan demikian, marilah kita berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara yang kita cintai ini,dan perlakukalah guru dengan bijaksanana,karena gurulah yang dapat mencerdaskan kehidupan bangsa, marilah kita cari solusi yang praktis sehingga guru tidak penasaran dalam menjalankan tugas.

    14. kapan tunjangan sertifikasi guru periode desember 2010 untuk yang 4 bulan lagi keluar, saya guru dari sumut

    15. mengapa sampai sekarang tunjangan sertifikasi untuk perioda desember 2010 belum dibayar yang 4 bulan lagi, yang keluar hanya 2 bulan saja, saya guru dari sumut

    16. Kenapa ya pembayaran sertifikasi guru sangat sulit,kami yg lulus sertifikasi tahun 2010 sampai hari ini belum terima sepeserpun dana sertifikasinya,alasannya menunggu sk dari menteri,kok lama ya sk menterinya keluar,padahal udah hampir 1 tahun…….kasihan para guru se-Indonesia Raya Tercinta ini seperti anak tiri………………….Saya adalah Guru dari Kab.Lingga Propinsi KEPRI.

    17. Kenapa ya pembayaran sertifikasi guru sangat sulit,kami yg lulus sertifikasi tahun 2010 sampai hari ini belum terima sepeserpun dana sertifikasinya,alasannya menunggu sk dari menteri,kok lama ya sk menterinya keluar,padahal udah hampir 1 tahun…….kasihan para guru se-Indonesia Raya Tercinta ini seperti anak tiri………………….

    18. janganlah terus menerus kami guru ini dibohongi oleh bapak bapak yang sedang duduk disana SUDAH BOOOOSAN KAMI Menunggu janji palsumu ,bila kami bertanya kapan cair uang sertifikasinya jawabmu sudah dikirim ke bank memangnya kami guru smk/smu pns di kab simalungun ini saja yang rela kau bohongi,coba renungkan dalam dalam bila anda itu adalah guru yang sedang mengharap seperti kami ini

    19. saya pernah baca di intrnet tunjangan profesi guru cair sebelum idul fitri ….. ko di cek ke bank ga ada.?huhh…di bohongin deh smua guru2..ko tega ya ??

    20. diknnas ga jelas nih..,,tunjangan sertifikasi 2010 belum cair jg sampe hari ini.

    21. buat progaram baru sertifikasi tapi ngga di bayar gmana sih…yg lulus sertifkasi 2010 sampai hari ini blm cair

    22. KAMI QUOTA 2010 BLUM DAPAT TUNJANGAN SERTIFIKASI YANG GELOMBANG PERTAMA,KATA DIKNAS LANGKAT DANA KAMI APBD,TOLONG PAK KAMI GURU DI LANGKAT SANGAT MEMBUTUHKANNYA DI HARI LEBARAN INI,TOLOONG PAK SECEPATNYA DICAIRKAN

    23. kami yang lulus sertifikasi 2010 di bulukumba sulsel belum terima tunjangan, bagaimana proses pencairannnya sampai begitu lama
      @.Bulan Agustus pasti cair ,Pak.Sebelum Lebaran.

    24. yang terhormat bapak bapak,,
      gmana kpastian pembayaran tunjangan sertifikasi guru kuota 2009,
      4 bulan lagi belum dibayar tahun 2010????
      mohon penjelasan nya bapak ???

    25. Pak, saya mau tanya, saya guru pindahan dari samosir ke simalungun. Wkt saya di simalungun, saya sdh pernah mendapat tunjangan sertifikasi karena saya sdh bersertifikat. Tp stlh saya pindah ke simalungun (2thn yg lalu), saya belum pernah mendapat tunjangan sertifikasi, pdhl berkas kepindahan saya sdh saya lengkapi. Yg mau saya tanyakan, berkas apa saja sbnrnya yg hrs saya lengkapi utk mendapatkn tunjangan sertifikasi? Siapa pihak yang seharusnya bertanggungjawab utk mengurus tunjangan sertifikasi saya? Terima kasih banyak sebelumnya pak.

    26. Kapan dibayarkan tunjangan profesional guru yang lulus sertifikasi guru tahun 2010 ? sampai sekarang belum ada , mohon penjelasan yang akurat, thx

    27. asm.wr.wb.
      saya mau tannya mekanisme pembayaran tunjangan sertifikasi guru. Sebab di tempat kami kemeneg pidie pembayaran sertifikasi guru di bayar berdasarkan gaji pokok pada daftar gaji bulanan bukan berdasarkan gaji pokok . Pada impasing/berkala. Jadi yang mana yang benar.
      @.Waalaikum salam,wr,wb.
      Yang dibayarkan itu seharusnya berdasarkan gajipokok/gaji berkala terakhir.

    28. pak, tunjangan sertifikasi Dra.Marwati masih saja masuk ke rekening kabupaten Aceh Barat Daya, padahal sudah mengajukan pindah dan sudah keluar surat pindah pembayarannya ke Aceh Jaya…tapi tetap masuk ke Aceh Barat Daya…sebelumnya masih bisa dicairkan di sana…tapi saat ini tidak bisa dicairkan karena tidak disetujui Bupati untuk dicairkan…bagaimana solusinya?…
      @.Ya,harus diurus kembali bu mulai Disdik,Propinsi,Mudah2an bisa lancar.

    29. Jangankan realisasi pencairan tunjangan profesionalnya, SK Kemendiknas saja bagi kami Guru SMP/SMA/SMK/Pengawas Sekolah yang telah lulus sertifikasi guru dalam jabatan pada tahun 2010, sampai sekarang belum juga kami terima. Mengapa hal itu terjadi…………….?????????????????? Mohon penjelasan

    30. Mengapa sampai sekarang kami guru SMP/SMA/SMK yang telah lulus sertifikasi guru dalam jabatan pada tahun 2011 (khususnya dari Kab. Nias Selatan) masih belum juga menerima SK (Sertifikat) dari Kemendiknas, apa lagi realisasi pembayaran tunjangannya. Sampai kapan kami harus menunggu kepastiannya..?

    31. kenapa ya sk dirjen sebagai bukti fisik belum juga diberikan kepada guru di kab subang jabar untuk lulus portopolio 2010, tapi kalau lihat di internet no sk dirjen sudah terdaftar apa mungkin belum waktuna kitunya diberikan ?

    32. sebaiknya dana tunjangan profesi langsung masuk master gaji tiap bulan yang merupakan pendapatan gaji bulanan guru, sehingga guru ini akan menjadi tenang dan sejahtera, akan pokus pada pekerjaan yang menjadi kewajibannya tidak menanti nanti kapan tunjangan pungsional cair dan tidak terganggu dengan mengumpulkan pemberkasan kembali atas perhatiannya usulan ini , kami ucapkan terimakasih, akhir kata kami mengajak kepada semua guru yang telah mendapatkan tunjangan profesi bekerja dengan tekun dengan hasil yang maksimal harus melebihi prestasi nya dari sebelum lulus sertifikasi, mudah – mudahan kita semua dilindungi alloh swt diberi kesehatan selalu. aminn

    33. kami sebagai guru honor yang mendapat sertifikasi cuma berharap banyak dari pencairan sertifikasi karena itulah gaji yang paling besar kami terima karena dizekolah kami tidak mendapat gaji ngajar lagi karena sertifikasi sebab pas 24 jam tapi kalau dana tersebut ngadat dan pemerintah masih terhutang 2 bulan utk tahun 2010 berarti kami cuma gigit jari selama ini. kapan pencairan tersebut kami sangat memerlukannya

    34. Kami telah dinyatakan lulus sertifikasi pengawas 2009 dan sdh punya SK Penetapan penerima tunjangan profesi, mengapa sampai hari ini belum jg dibayar ?
      @.Nampaknya paling cepat bulan Juli ,Pak.

    35. kami telah lulus sertifikasi melalui lulus portofolio tahun 2010 , pada priode tahun 2006 bahwa yang lulus portofolio memperoleh tunjangan lansung setelah lulus dan berbeda 6 bulan dari yang lulus PLPG namun sekarang, kok menunggu dengan yang lulus PLPG berarti kami rugi 6 bulan dong. kemudian juga pencairan lansung dari dinas propinsi ke rekening bank namun sekarang harus melalui dinas pendidikan kabupaten. sampai saat ini kami belum menerima sama sekali tunjangan tersebut. kami mohon penjelasanya terimakasih
      @. Memang tiap tahun kebijakannya selalu berubah,apalagi setelah masuk kas daerah (Pemda) makin molor aja pembayarannya.

    36. Kalau pemerintah memang sungguh-sungguh peduli terhadap guru pembayaran tunjangan profesi harus segera dibayar bersamaaan dengan gaji setiap bulan,kalau masih seperti sekarang melalui pos atau bank bukannya guru sejahtera malah kena pungli dan tidak ada kepastian.

    37. Kami berenam dari kab.karangasem, Bali penerima TPG melalui jalur pendidkan lulus tahun 2009 dan berhak mendapat TGP thn 2010 langsung dari Pusat. Ternyata pada pencairan tahap pertama september 2010 hanya dapat 5 bln tunjangan dan Desember 2010 dpt 4 bln tunjangan. Yang 3 bln lagi kapan kami menerima? Sementara TPG jalur portopolio lancar dan komplit penerimaannya. Tolong beritahu kami apa yang harus kami lakukan?
      @.Pak yang lulus TPG dengan yang luluis Portofolio memang beda perhitungannya,bahkan di jabar hampir 6 bulan selisihnya.

    38. kami mengajar di madrasah sebagai guru lintas kementian(DPK) lulus sertifikasi 2009,sampai sekarang januari 2011 belum menerima tunjangan profesi,padahal sekolah lain sudah menerima. padahal teman saya yang di diknas semuanya sudah terrealisasi, kemana saya harus melangkah? kami berlima dari salah satu madrasah di ponorogo
      @Ikut sertifikasinya di depdiknas atau Depag ?Silahkan koordinasi dengan Depag atau diknas setempat,mudah2an ada solusinya.

    39. Ya begitulah yang namanya uang tidak ada yang memantau ya…menguap……Seandainya para guru se Indonesia mengadu ke : Presiden,Menteri.DPR RI dan diliput media pasti akan beres.

    40. kq tunjangan sertifikasi kuota 2009 semeter kedua belum cair juga??

      qra2 kpn y??

    41. kalau boleh tahu kapan kepastiannya tunjangan sertifikasi guru non PNS 2009 terbayarkan.
      @.Seharusnya Pertengahan Desember ini.

    42. Kapan tunjangan sertifikasi guru 2007-2008 dicairkan Pak ? Ada yang mengatakan sekitar tanggal 24 Desember 2010 mudah-mudahan benar
      @.Info yang saya dapat dari disdik juga sekitar tanggal itu.Semoga tidak meleset,Pak.

    43. teman-teman yang lain sudah cair 9 bulan. Jan – Sep 2010. sedangkan saya dan beberapa rekan sampai hari ini SK Dirjennya saja belum diterima,
      Kapan SK Dirjen buat teman-teman kami yang belum turun kurang lebih 70 orang lagi? saya adalah pengawas sekolah yang lulus portofolio dari Jawa Barat yang titi mangsa sertifikatnya bulan Agustus 2009

    44. Ya mari kita tetap bersyukur. Walaupun setelah tahun 2011 nanti tunjangan melalui Pemkab. Minimal ada harapan. Sabar. Merupakan bagian dari pendidikan karakter yang kita dengung dengungkan.

    45. coba ketik, sekedar membangkitkan semangat rekan-rekan, dan mengingatkan pentingnya berbuat kebajikan,…tetap terus berikan siswa-siswa kita yang terbaik, karena di merekalah harapan kita untuk dapat mengisi hidup ini dengan ilmu yang bermanfaat

    46. Apapun yang terjadi, apakah itu issue sertifikasi, promosi jabatan, mutasi,….aku tak pernah serius tuk menanggapi, hai orang-orang yang beriman..tetaplah berbuat kebaikan di muka bumi ini,…dan ingatlah akan apa apa yang anda lakukan saat ini kelak akan kau PANEN juga,…betapa banyak orang ingin selalu mengejar MATERI, bukankah yang kita bawa menghadap SANG KHALIQ adalah AMAL KEBAJIKAN? BAGI YANG SETUJU, jangan pernah ragu untuk tetap maju memberikan yang terbaik kepada anak-anak kita di kelas maupun diluar kelas, tekadkan niat semata mengharap RIDLO Allah SWT, selamat berjuang

    47. MENUNGGU TUNJANGAN SERTIFIKASI BAGAIKAN MENUNGGU HUJAN DIMUSIN KEMARAU, SERBA TIDAK PASTI DAN TIDAK JELAS.
      SEBAIKNYA TUNJANGAN UNTUK PEGAWAI NEGERI SIPIL LANGSUNG MASUK KE DAFTAR GAJI SAJA, ATAU OUTOMASTIS ,GITU LHO PAK.

    48. Apapun Yang Terjadi, majunya Sumber Daya Manusia Indonesia yang bermanfaat saat ini dan nanti adalah hasil dari perjuangan keras baik para guru negeri maupun guru swasta yang tiada lelah, tiada henti dalam bekerja. Hidup Guru Indonesia…!

    49. Disunat gajiku
      Murid badung melulu
      Namun cita – citaku
      Jadi DIKTATOR
      Jual DIKTAT, beli moTOR

      Sanggupkah aku menjadi guru
      Honor seminggu, hanya sampai Rabu
      Istri setuju, ku jadi guru
      Kalau memang itu cita – citaku…

      Suatu saat kan kuingat
      Betapa bermanfaat
      Ilmu – ilmu yang kuajarkan
      Sebagai guru yang mengajar serta
      Bekerja keras…, keras, keras…

    50. Bapak yang terhormat,
      Apakah persyaratan yang harus dilengkapi untuk mengurus pengalihan tempat penerimaan tunjangan profesi?Dan persyaratan tersebut harus diserahkan kemana? berkaitan dengan kepindahan tugas/ mutasi saya dari SMAN 5 Balikpapan ke SMK N 1 Doko
      @.Ibu bisa konsultasi dengan bag.kepegawaian disdik setempat.

    51. ada pemotongan untuk gol II, dasar y pa ? tlg di bagi dong sebelum akhir y ricuh

    52. Terima kasih pada negaraku, yang telah memberikan tambahan pengahsilan bagi guru-guru yang telah bersetifikat pendidik. dan telah dicairkanya tunjangan sertifikasi menjelang lebaran; namun biar lebih valid dan dan penerimaan sesuai dengan apa yang seharusnya menjadi haknya. fihak yang berwenang membuat tabel sesuai dengan masa kerja dan gaji pokok dan berapa pajak yang dipungut. sehingga tidak terjadi, memiliki gaji pokok lebih besar, menerima tunjangan lebih kecil. Mohon dengan hormat sehingga dikeluarkan tabel tersebut, untuk mengevaluasi siapa yang kelebihan harus mengembalikan, sedangkan yang kekurangan harus pula diberi tambahan.

    53. Ada salah satu guru yang tunjangan profesinya diputus/ tidak dibayar,bahkan harus mengembalikan dengan alasan ,guru tersebut adanya pelimpahan mengajar dari SD ke SMA.Jadi sampai sekarang tidak menerima tunjangan profesi.Apakah gara-gara pelimpahan itu aturannya seperti itu ? mohon bagi yang berkompeten di bidang ini agar memberikan jawaban/ solusinya , Trima kasih.

      A

    54. Pemerintah Kabupaten Bengkayang belum membayar tunjangan profesi guru sertifikasi periode januari s/d juni 2010 selama 6 bulan, ini berarti sudah molor 3 bulan, tolong pada pihak yang berkompoten terutama bagian keuangan kabupaten bengkayang segera membayar hak kami, karena dana sudah dikucurkan melalui bupati dan bahkan diintruksikan Mendiknas pembayaran tunjangan sudah harus masuk daftar gaji, kemana hak kami dibayar dong…..

    55. saya guru baru, dan dah dapat nuptk, gimana caranya untuk mendapatkan dana apbn atau apbd
      @.Usulkan oleh Kepala sekolah ,Bu.

    56. Di Dnas Pendidikan Kab. Solok administrasinya ribet amat dan tak lazim. Duit aja belum masuk ke rekening kok kwitansi sdh harsus ditandatangani penerima. Lucu gak tuh. Huh… Betul-betul dunia ini udah terbalik kale.

    57. SUDAH AGUSTUS KOK TUNJANGAN BELUM KE REKENNG JUGA ? MANG PROSESNYA RUMIT YA PAK!
      @.Di beberapa kota sudah keluar,bu.Info terakhir katanya H-7 Bu.Mudah-mudahan bener nih.

    58. G U R U

      Gak perlu cari sanjungan

      Urusan hidup layak lebih penting untuk menjadi guru yang profesional dan berwibawa

      Rasain sendiri kalau kebutuhan hidup semakin rumit

      Usahakan kerja baik, tunjangan keluar, kalau tidak keluar salahnya sendiri selalu ngalah wong anggotanya jutaan

    59. Aku tak mau disebut pahlawan tanpa tanda jasa
      Lagian memang aku bukan pahlawan …
      Aku Tidak mencari pengalaman kerja …
      Yang aku cari penghasilan agar aku bisa bertahan hidup …

      Jangan kalian buai aku dengan kata-kata sebagai pahlawan
      Kata itu menunjukan kebohongan dan ke tidak mampuan penguasa memberikan penghargaan kepada warganya.

      Aku tidak butuh pujian, sebagai guru teladan …
      yang aku butuhkan pengertian bahwa aku butuh bertahan untuk hidup

    60. Bagi kami sebagai ujung tombak dilapangan sudah barang tentu sangat mengharapkan sekali pencairan pada bulan Agustus ini . Bagi instansi atau orang yang berkopenten dalam hal ini semoga tergugah hatinya untuk mempercepat proses pencaiaran. Semoga amal ibadah bapa-bapa terutama pada bulan yang penuh rahmah dan barkah ini di lipat gandakan oleh Allah. amiiin….

    61. SAYA PERCAYA DAN SEPENDAPAT DG REKAN-2 SEPERJUANGAN BAHWA TUGAS PENDIDIK BUKANLAH HAL RINGAN…AMANAH YG PALING BERAT NAMUN MULIA….,30 TAHUN SAYA DAH MENGABDI SBG GURU PNS/DPK SMP PGRI I SAMBOJA,KUTAI KARTANEGARA,KALTIM…DAN ALHAMDULILLAH 2008-2009 DAH MENERIMA DANA SERTIFIKASI….,NAMUN 2010…DANA TUNJANGAN SERTIFIKASI …MACETTT…,YACH SOLUSINYA…SAYA TETAP TENANG ,SABAR DAN KOMIT DG TUGAS MULIA…..,SY PERCAYA PD PEMERINTAH….CEPAT LAMBATX PASTI DICAIRKAN…..,SY AMBIL HIKMAHX AJA…HITUNG-2 BUAT TABUNGAN MASA SENJAKU….

    62. dah nunggu 2 tunjangan buat beli garam mbok naik harga garam kok ngga cair222, gaji sebulan dari yayasan 200 rb dah habis buat mbayar pembantu,untung suami punya selalu memberi belanja,gmn nih depag?

    63. Assalamu’alaikum…
      Seorang Guru juga manusia, punya rasa, punya kebutuhan dll mohon kalau memeng dana sdh dipostingkan bagi guru-guru dan pengawas yg sudah tersertifikasi untuk segera direalisasikan, saya yakin kalau dana tunjangan profesi dicairkan akan menambah semangat kerja.
      By Sukamto SDN Serang 02 Cipari,Cilacap
      Wassalam..

    64. waduh…………. bapak-bapak ………….ni ceritanya adu teori…ni….. kapan kerjanya…….???????? kalau posting terus kapan cairnya……??????

    65. waduh jadi bingunng nih…….kok semua ngebahas birokrasi ……..kami yang dibawah ni ngertinya kan kata presiden…….. jangan-jangan ini hanya kebohongan besar aja ……..binguung…bingung…….bingung……

    66. guru kaya semakin kaya, guru tak dapat tunjangan smakin mengelus dada…
      sabarrr

    67. sampai berapa lama harus menunggu cairnya tunjangan profesi pendidik???? apakah kita para guru harus bersabar tampa batas??
      @.Inilah Indonesia ,Bu.

    68. guru

      aku yakin kau mahluk yang sabar
      ketika moral bangsa ini terkapar
      guru yang selalu diincar
      kau tetap sabar

      saat pemilu gencar
      calon-calon pemimpin pada berkoar
      guru-guru pun selalu dikejar, tuk mengisi dukungan
      saat mereka nangkring disinggasana kekuasaan
      kau pun dilupakan
      guru tetap sabar

      kini
      dana tunjangan yang hanya beberapa dolar saja
      ditunggu tak kunjung jua
      mestinya kau sabar juga

    69. dengan andanya perubahan proses penyaluran tunjangan, kayaknya akan semakin lama nyampai ke rekening guru.. benar juga seperti komentar di TV saban hari… kebutuhan memang tidak bisa ditunda, kalau hari ini harus makan mengapa harus tunda besok… sementara nasib sebagian guru hanya digaji seadanya oleh lembaga yang memayungi mereka. Mudah2an bukan juni ini cepat nyampai… ok!

    70. @Wasno Wongso & @ Jayadipura…kesabaran itu selalu berbuah manis kok Pak..hehehe…jadi ya mudah2an Juni nanti bisa dibayarkan…info yang saya dapat, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sbg dasar penyusunan DIPA penyaluran dana ke kas daerah sdh selesai, tinggal ditandatangani oleh Menkeu. Begitu PMK dan DIPA-nya selesai dibuat, maka transfer ke kas daerah bisa dilaksanakan. Kemudian setelah masuk kas daerah silakan bendaharawan gaji dinas pendidikan setempat mengajukan permintaan pembayaran dana tunj. profesi guru tsb.

      @cybertrezna…menambahkan info saja, bahwa bagi guru yg telah bersertifikasi s.d. Oktober 2009, maka tunjangan profesinya dibayarkan pada tahun 2010 ini. Sedangkan yg bagi guru yg bersertifikasi pada periode Nopember 2009 s.d. Oktober 2010 maka tunj. profesinya dibayarkan pada tahun 2011…

      @Mursalin…pada dasarnya semua guru CPNSD yang telah memililki SK CPNSD dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas sbg guru, maka ybs berhak mendapatkan insentif berupa tambahan penghasilan sebesar Rp. 250rb…sesuai Perpres No.52 Tahun 2009, Peraturan Menkeu No.223/PMK.07/2009, dan Juknis dari Depdiknas Pusat tentang Teknis Pembayaran Tambahan Penghasilan Guru Bagi Guru PNSD melalui mekanisme transfer ke daerah. Sehingga menurut saya kalau ada daerah yang tidak melaksanakan pembayaran insentif tambahan penghasilan kpd para guru…dapat di PTUN-kan
      @.Trims Pak,telah membantu menjawab teman-teman seputar sertifikasi.

    71. Kita harus menunggu pencairan tunjangan profesi guru. Ya kadang merasa capek, cemas, kesal, males dan tak jelas. Guru memang harus sabar. Saya yakin penindasan terhadap guru makin lama akan hilang. Sekarang ya belum. Semoga kita kuat dan tetap bersemangat

    72. Seperti apa ya rasanya tunjangan sertifikasi guru? Air liur sudah “ngelay” terus nunggu tunjangan tsb, mudah-mudahan apa yang dikatakan Prof. Danim benar adanya (Juni).

    73. kalau yang sertifikasinya tahun 2009/2010 nasibnya gimana pak? apakah akan cair atau tidak?
      @.Pasti cair,Pak tahun 2011.Ini kan amanat undang-undang.

    74. Apa betul CPNS yang memiliki SK TMT 1 Januari 2008 tidak menerima Tunjangan Perbaikan Penghasilan Rp 250.000,- dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52 Tahun 2009 tentang penambahan penghasilan bagi guru PNS. Kalau tidak betul tolong sampaikan ke Kemendiknas atau pihak terkait, bahwa di Kutai Kartanegara CPNS itu tidak didaftarkan sebagai penerima TPP Januari-Desember 2009. Hal ini dikhawatirkan ada oknum yang akan mengambil kesempatan dan keuntungan dari ketidak tahuan guru-guru di pedalaman hulu mahakam mengenai hal tersebut.. Terima Kasih..

    75. yok opo rek kapan caire kok suwe yuuuuuuoooooo

    76. besar harapan kami tunjangan ini untuk biaya tambahan masuk sekolaH ANAK KAMI mudah mudahan turunnya cepat terealisasi

    77. Salam kenal.
      Terkait tunjangan profesi dapat saya sampaikan beberapa informasi sebagai berikut:

      1. Sejak tahun 2010 ini, penyaluran tunjangan profesi guru dilakukan melalui mekanisme transfer ke daerah yakni transfer dari rekening kas negara ke rekening kas daerah yang ada di prov/kab/kota diseluruh Indonesia. Sehingga tidak lagi melalui rekening dinas pendidikan yang ada di provinsi.

      2. Kemudian dana guna keperluan pembayaran tunjangan profesi guru tidak lagi masuk ke dalam DIPA Kementerian Pendidikan Nasional (bukan lagi dana dekonsentrasri) tapi sudah masuk pada DIPA Transfer ke Daerah (Dana Perimbangan) yang dikelola oleh Kementerian Keuangan.

      3. Dalam APBN tahun 2010 telah dianggarkan pembayaran tunjangan profesi guru, khusus bagi guru yg telah bersertifikasi di daerah (guru PNSD) disediakan pagu dalam APBN pada nomenklatur DAU tambahan untuk tunjangan profesi guru PNSD sebesar Rp 10,99 trilyun

      3. Untuk tahun 2010, penyaluran dana dari rekening kas negara ke rekening kas daerah (saya ulangi dari rekening kas negara ke rekening kas daerah) akan dilaksanakan secara semesteran atau 2 kali dalam setahun. Untuk semester I dilaksanakan pada bulan Juni 2010 dan semester ke II dilaksanakan pada bulan desember 2010.

      4. Selain tunjangan profesi, pada tahun 2010 ini, pemerintah juga memberikan insentif berupa tambahan penghasilan sebesar Rp 250rb, bagi Bapak-Ibu guru PNSD atau CPNSD yang belum mendapatkan tunjangan profesi.

      5. Mekanismenya sama dengan mekanisme tunjangan profesi, yakni transfer dari rekening kas negara ke rekening kas daerah secara semesteran ( 2x dalam setahun) yakni Juni 2010 dan Desember 2010.

      Sekian, mudah2an informasi ini bermanfaat
      @.Terima kasih ,Pak Anca atas penjelasannya.Mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan teman-teman yang selalu menanyakan tentang informasi Pencairan Tunjangan profesi.

    78. 1.salut utk prof sudarwan danim, penjelasannya runtut, sistematis dan segar. Bagi bapak2 yang ada di kemendiknas jakarta, masa iya buta/tuli;tolong buka mata hati Anda;sampai sejauh mana rasa empatik Anda terhadap nasib guru? Senangkah Anda melihat nasib guru kembali ke 10 tahun lalu?saya curiga, jangan2 ada oknum di kemendiknas yang sengaja ingin memutar jarum jam ke 10 tahun lalu! jika itu yang terjadi, maka:
      – PGRI dan seluruh guru serius musti menghitung kekuatan lagi untuk mendesak kembali membuka “pintu hati”kemendiknas, demi konsistensi nasib guru ke depan.
      2. Yth, Bapak Mendiknas — konon sosok beliau santun, agamis, “nyantri”, peduli, amanah dan istikomah — semoga sejak tanggal 11,12,13 mei lalu ada muzizat yang tiba-tiba hadir di batin Bapak untuk segera mengambil langkah cepat dan akurat, menjawab pertanyaan dan kegalauan hati 2,7 juta guru — yang nota bene semua adalah anak Bapak. Semoga Allah SWT membimbing Bapak dalam jalan istikomah selama menjalankan tugas di kemendiknas. Doa tulus kami menyertai Bapak.Amieen….

    79. Wah pak Dirjen PMPTK…… sebentar lagi di pos mana nih? Kemarin kita udah demo agar tidak dibubarkan. eh trnyata bubar juga. Lha kalau ada yang ngurus aja kethetheran.. apa lagi entar gak ada yang ngurus ….. betul nggak pak Baedhowi?

    80. Oh tunjanganku sudah belan kelima rekening kosong, kok bisa ya.. dana negara entot-entotan, ada 3 bulan ada 1 bulan, dan sekarang 5 bulan belum ada.

    81. Klo Badan Guru Nasional, Badan Guru Provinsi, Badan Guru Kabupaten, dan Badan Guru Kecamatan benar-benar terbentuk, apalagi kerja Kemendiknas dan Disdik Daerah ya? Yakinlah banyak pihak akan mencari solusi terbaik.

    82. kita sedang mencari JAMU agar pemerintah segera bayar tunjangan profesi. Siapkah kita “bergerilya: bersama, jika perlu di LAPANGAN NAN PANAS TERIK he he

    83. Trims atas komentar kawan2. PGRI kan sudah kirim surat ke presiden, tapi agaknya belum ada respon. Tapi HARUS ada waktu merevisi Perpres 24 itu kan? Sudarwan Danim, 8 tahun konsultan di Depdiknas HP 0811731087 atau 081373308888
      @.Ayo Berjuang terus Prof,kita semua mendukung.

    84. Seharusnya, tulisan Prof. Sudarwan Danim muncul sebelum Perpres no 24 tahun 2010. Selamat, Prof. Sepertinya perjuangan kita akan semakin berat!!!!!
      Tunjangan Profesi (sertifikasi) guru bisa jadi tidak akan diterima selama 2010. Pemerintah akan sibuk menangani kelembagaan yang sudah berubah. Semenjak Januari 2010 pembayaran sertifikasi langsung ke rekening guru sudah tidak dilakukan oleh Pusat akan tetapi diurus oleh Daerah (Dinas Dikpora Kab/Kota). Banyak masalah yang harus diurus Pemkot/Pemda hingga pembayaran gak kelar-kelar. Lalu sekarang, PMPTK sudah dilikuidasi, dan urusan guru sudah disebar bagai roti. Roti itu sekarang dibagi-bagi. Jadi guru, tunggulah sampai pembagian roti sudah rampung dan mudah-mudahan guru kebagian. Tapi kalau minta hari ini atau besok…. sabar yaa…..!!!!!
      Biarakan pemerintah mengurusi lembaga dulu. Urusan Guru biarkan saja berkembang dengan sendirinya. Do’a saja mudahan keputusan melikuidasi PMPTK tidak keliru.

      @,Terima kasih Pak Adul Kadir,jawaban bapak mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan teman-teman.

    85. QUO VADIS PROFESI GURU?
      Di Balik Langkah Mundur Peleburan Ditjen PMPTK Kemendiknas

      Latar dan Refleksi

      1. Memasuki era Kabinet Indonesia Bersatu, sesungguhnya telah muncul pencerahan ke arah pengelolaan guru dan tenaga kependidikan yang lebih baik. Pencanangan Guru sebagai Profesi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 2 Desember 2004 dan lahirnya UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen satu tahun kemudian adalah realitas sejarah yang tidak terbantahkan. Pembentukan Ditjen PMPTK pun merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Era Kabinet Indonesia Bersatu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan guru dan tenaga kependidikan — yang selama ini terkesan amburadul — menyusul akan lahirnya UU No. 14 Tahun 2005 ketika itu.

      2. Secara politis, memang pembentukan Ditjen PMPTK lima tahun lalu tidak terlepas dari dinamika yang berkembang di seputar gerakan PGRI dan Depdiknas sendiri. Ketika itu muncul dua tarikan. Pertama, adanya aspirasi di lingkungan Depdiknas (Kemendiknas, sekarang) untuk membelah Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah menjadi Ditjen Pendidikan Dasar dan Ditjen Pendidikan Menengah. Kedua, secara organisasi PGRI menuntut agar pengelolaan guru dilakukan secara “terpusat” dengan dua opsi: (1) guru dikelola oleh sebuah BADAN tersendiri yang ketika itu disebut sebagai BADAN PENGELOLA GURU yang bertanggunjawab langsung kepada Presiden, atau (2) dibentuk sebuah UNIT UTAMA yang secara khusus menangani pengelolaan guru dan tenaga kependidikan di lingkungan DEPDIKNAS. Belakangan muncullah “kompromi”, di mana Ditjen Dikdasmen berganti nama menjadi Ditjen Mandikdasmen dan bersamaan dengan itu Ditjen PMPTK terbentuk.

      3. Kehadiran Ditjen PMPTK telah membuat akselerasi pengelolaan guru dan tenaga kependidikan menjadi benar-benar nyata. Beberapa produk hukum sebagai turunan dari UU No. 14/2005 telah lahir, seperti PP No. 74 Tentang Guru, PP No. 41 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, dan Tunjangan Kehormatan bagi Profesor. Belakangan pun lahir pula Perpres No, 52 tentang Tambahan Penghasilan bagi Guru PNS yang belum mendapatkan tunjangan profesi. Beberapa produk hukum yang berimplikasi pada peningkatan kinerja pengelolaan guru, seperti Sertifikasi, Inpassing bagi Guru Bukan PNS, Peningkatan Kualifikasi Guru dalam Jabatan melalui PPKHB, dan sebagainya pun lahir. Sertifikasi Guru pun telah berjalan relatif sesuai dengan skedul kerja, meski di sana-sini masih ditemukan persoalan yang memerlukan penyelesaian dan penyesuaian. Angka-angka proyeksi Setifikasi Guru (termasuk Guru dalam Jabatan Pengawas) juga telah disusun dan diharapkan rampung tahun 2014, sehingga pada tahun 2015 semua guru dalam jabatan telah bersertifikat pendidik dan menerima tunjangan profesi.

      4. Beranjak dari penjelasan No. 3, anggapan bahwa Ditjen PMPTK berkinerja rendah tidak didukung dengan bukti yang kuat. Produk hukum yang menjadi turunan UU No. 14 Tahun 2005 mengalami kemajuan yang luar biasa. Bandingkan dengan produk hukum yang seharusnya menjadi turunan UU No. 20 Tahun 2003, yang sebagian besar justeru terabaikan. Pada hal UU No. 20 Tahun 2003 telah mengamanatkan bahwa produk hukum yang menjadi turunan UU ini harus selesai dalam waktu paling lambat 2 tahun. Beranjak dari pengalaman ini, dari sisi pengelolaan guru dan tenaga kependidikan, keberadaan Ditjen PMPTK telah menunjukkan hasil dan kinerja yang cukup prospektif dan menjanjikan bagi perbaikan sistem manajemen pendidikan nasional secara keseluruhan.

      5. Sesuai dengan SOTK (Sistem Organisasi dan Tata Kelola) yang diterbitkan oleh Kementerian Negara PAN (Pemberdayaan Aparatur Negara), setiap kementerian (dahulu departemen) dibatasi untuk memiliki tidak lebih dari 5 (lima) unit utama setingkat Eselon 1. Oleh karena sejak awal telah muncul gagasan untuk membelah Ditjen Mandikdasmen menjadi Ditjen Dikdas dan Ditjen Dikmen, maka penutupan Ditjen PMPTK dipandang sebagai solusi paling instan agar jumlah unit utama di Kemendiknas tetap 5 unit sesuai ketentuan. Solusi ini sesungguhnya menyimpang dari logika sejarah pembentukan Ditjen PTMPT dan realitas kinerja pengelolaan guru selama ini.

      Catatan Untuk Perpres No. 24 Tahun 2010

      1. Tanggal 14 April 2010 telah lahir Perpres No. 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Negara serta Susunan Organisasi, Tugas, dan Fungsi Eselon I Kementerian Negara. Dengan lahirnya Perpres No. 24 Tahun 2010 ini, Ditjen PMPTK benar-benar ditutup dan fungsi pengelolaan guru/pendidik dan tenaga kependidikan dialihkan ke: (1) Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (untuk Guru PAUD Formal?); (2) Ditjen Pendidikan Dasar (untuk Guru satuan/jenjang Dikdas); dan (3) Ditjen Pendidikan Menengah (untuk Guru satuan/jenjang Dikmen).

      2. Dilihat dari sisi manajemen ketenagaan (guru dan tenaga kependidikan), Penutupan Ditjen PMPTK dan pengalihan fungsinya ke Ditjen sebagaimana dimaksudkan pada Catatan No. 1 akan berimplikasi luas.
      a. Oleh karena PAUD itu ada dua jenis, yaitu PAUD Formal dan PAUD Nonformal, maka pengelolaan Guru PAUD formal mestinya dimasukkan ke Ditjen Persekolahan. Kalau pengelolaannya akan dimasukkan ke Ditjen Persekolahan, maka secara hukum dan konseptual PAUD Formal tidak termasuk jenjang Pendidikan Dasar. Sebaliknya, jika pengelolaannya dilakukan pada Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal, agaknya benar-benar salah alamat. Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas disebutkan bahwa “Pendidikan dasar berbentuk sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat”. Apakah dengan struktur baru ini semua guru PAUD termasuk Guru PUUD Formal akan dikeluarkan dari definisi “Guru” sebagaimana dimaksudkan dalam UU No. 14 Tahun 2005? Jika benar mereka dikeluarkan dari definisi “guru” versi UU No. 14/2005, berarti sertifikasi guru/pendidik dan tujangan profesi mereka akan dihentikan, bukan?
      b. Reposisi “pengelolaan guru” dari satu Ditjen (Eselon I) ke dalam 3 Ditjen (yang kemudian secara struktural berada pada Eselon II) akan mereduksi “bargaining power” dalam “pengelolaan guru” secara nasional. Secara teknis, dengan struktur ini akan terjadi TRIALISME pengelolaan guru, khususnya dari sisi kebijakan. Misalnya, dalam rangka Sertifikasi dan Pengembangan Profesi, Perguruan Tinggi pengelola Sertifikasi Guru, Dinas Pendidikan, LPMP, P4TK, dan lembaga terkait lain “terpaksa” berurusan dengan banyak institusi terkait (tiga Ditjen atau Direktorat) sepanjang menyangkut tugas pokok dan fungsinya.
      c. Keberadaan Ditjen PMPTK selama 5 tahun terakhir secara evolusif tapi pasti telah makin menghapus kesan “Saya hanya Guru SD, Anda kan Guru SMP atau SMA” atau sebaliknya “Saya kan Guru SMA, Anda hanya Guru SD atau SMP”, dan ungkapan sejenis lain yang berkembang selama ini. Terhapusnya kesan ini menjadi penting untuk memartabatkan guru secara setara dari sisi psikologi profesi, terlepas dari mereka bertugas pada jenjang atau satuan persekolahan mana pun.
      d. Reposisi pengelolaan guru dari Ditjen PMPTK ke dalam tiga Ditjen secara hipotetik akan melahirkan dinamika kerja yang berbeda dan ini berpotensi memunculkan gangguan psikologis dan teknis kepada guru. Untuk mengambil sebagai misal, (dengan tetap menghargai kerja keras semua pihak) pelaksanaan Sertifikasi Guru, pembayaran tunjangan profesi, dan sebagainya bagi guru di bawah “binaan Kemendiknas” berbeda dinamikanya dengan kebijakan sejenis untuk guru-guru di bawah “binaan Kementerian Agama”. Fenomena terakhir ini menghidupkan kembali “sektarianisme” di kalangan guru dengan ungkapan “Kami Guru Diknas” dan “Anda Guru Depag”, sebuah fenomena yang sangat merugikan dilihat dari kaidah kesetaraan profesi.

      Saran Solusif menurut PGRI Provinsi Bengkulu

      1. Keberadaan Ditjen PMPTK tetap dipetahankan dengan atau tanpa memfusi kembali Ditjen Dikdas dan Ditjen Dikmen.

      2. Jika dengan menghidupkan kembali Ditjen PTMPK dan tetap mempertahankan Ditjen Dikdas dan Ditjen Dikmen dinilai bertentangan dengan SOTK (Sistem Organisasi dan Tata Kelola) yang diterbitkan oleh Kementerian Negara PAN (Pemberdayaan Aparatur Negara), dimana setiap kementerian (dahulu departemen) dibatasi memiliki tidak lebih dari 5 (lima) unit utama setingkat Eselon 1 sebagaimana dimaksudkan di atas, baik atas “kesadaran sendiri” dari Pemerintah atau Kemendiknas, maupun di bawah “tekanan organisasi guru dan pihak-pihak yang tidak setuju Ditjen PMPTK ditutup”, sebaiknya gagasan yang muncul tahun 2004 sampai dengan awal tahun 2005 dihidupkan kembali. Gagasan itu adalah Pengelolaan Guru dilakukan oleh sebuah Badan tersendiri yang disebut dengan BADAN PENGELOLA GURU atau apa pun namanya, yang bertangungjawab langsung kepada PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. Di tingkat pusat disebut BADAN PENGELOLA GURU NASIONAL dan di daerah disebut BADAN PENGELOLA GURU PROVINSI dan BADAN PENGELOLA GURU KABUPATEN atau BADAN PENGELOLA GURU KOTA. Badan ini merupakan “sentralisasi gaya baru” pengelolaan guru.

      3. Konsekuensi Solusi No. 2 ini, pengelolaan guru dikeluarkan dari tugas pokok dan fungsi Kemendiknas dan Pemda di semua tingkatan. Hadirnya Badan Pengelola Guru dimaksud diyakini akan meninkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan guru, sekaligus “mengeluarkan guru” dari aneka “cengkeraman atau anomali” birokrasi di daerah.

      Penutup

      Mudah-mudahan risalah ini bermanfaat dan membangkitkan spirit sejawat sepofesi dan banyak pihak untuk secara sinergis dan konseptual dapat menghidupkan kembali Ditjen PMPTK di Kemendiknas atau menbentuk Badan Pengelola Guru. Terima kasih. Menyikapi hal ini PGRI Provinsi Bengkulu, tanggal 23 April 2010 lalu telah melakukan rapat pleno dengan mengundang sebagian pengurus PGRI Kabupaten/Kota dengan kesimpulan “siap dan sepakat” untuk – sesuai dengan kesepakatan dan persetujuan PB-PGRI – melakukan apa pun demi keberhasilan perjuangan ini.

      Bengkulu, 26 April 2010
      Ketua PGRI Provinsi Bengkulu

      Sudarwan Danim
      @.Terima kasih pak Prof.Dr Sudarwan Danim atas penjelasan bapak yang sangat jelas,ini merupakan pencerahan bagi kami guru/pengawas yang ada di lapangan.Kami merasakan sekali bahwa kehadiran dirjen PMPTK telah banyak memberikan andil /kemajuan yang potif bagi kami.Semoga PMPTK tetap ada dan berdaya untuk kami.

    86. semua masih dalam proses…..faktor penghambat proses apa bapak…..scudule pekerjaan tentu dah dirancang ok……. jk admin guru penyebabnya maka patut diragukan kinerja guru maka pantas ditunda atau ada yg gak rela tunjangan cair karena kinerja guru diragukan. atau biaya pengelolaan dan operasionalnya tidak memadai…solusi adakan penelitian per region unt mengetahui tingkat keterpengaruhannya tunjangan dengan kinerja dan jangan lupa dianggarkan biaya pengelolaan pencairan tunjangan sertifikasi.
      @.Ya yang kita terima memang fakta seperti ini.

    87. tak tunggu tenan Pak ! kapan cairnya tunjangan sertfikasi kuota 2009
      @.Sama ,pak belum ada yang cair.mungkin masih proses….

    88. Pak tolong di postingkan buku pedoman penyaluran dana tunjangan profesi/sertifikasi PMPTK itu.Bisa ga ? kami belum punya. Trimakasih.
      @ Siap,nanti saya kirim ke email bapak.

    89. Sekarang sudah april tahun 2010 guru/pengawas sudah membuka rekening di bank daerah setempat tapi masih kosong katanya tunjangan profesi/sertifikasi dibayar melalui Bupati.Hallo apa kabar ?
      @.Memang Pak Jauhari, jam dan tanggal di Indonesia yang berlaku masih “jam dan tanggal karet”.

    90. Kalau memang masih dalam proses, nuwun sewu, untuk kota Malang kira-kira cairnya kapan ya? Maturnuwun
      @.Ya sama -sama harus nunggu,Pak.Sejatinya kan mulai bulan Maret 2010 harus sudah masuk rekening guru.

    91. Norman
      @.Thanks.

    92. mengapa sampai skarang bulan April dana tunjangan profesional guru belum jga d salurkan ke rekning guru penerima??????????????????????????? saya adalah salah seorang guru dri SUMUT
      @.Sedang dalam proses,pak

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: