• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 280,720 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • INFORMASI TERKAIT TUNJANGAN PROFESI GURU

    Sampai  sejauh ini banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan para pembaca Blog Pengawas Sekolah Indonesia terkait dengan masalah pencairan tunjangan profesi pendidik (tunjangan sertifikasi guru).Tentu saja yang ditanyakan bagaimana mekanisme pencairannya dan pertanyaan utama adalah “kapan cair?”.Berikut ini saya posting informasi seputar tunjangan profesi yang disampaikan salah seorang pembaca Blog Pengawas Sekolah Indonesia :

    Terkait tunjangan profesi dapat saya sampaikan beberapa informasi sebagai berikut:

    1. Sejak tahun 2010 ini, penyaluran tunjangan profesi guru dilakukan melalui mekanisme   transfer ke daerah yakni transfer dari rekening kas negara ke rekening kas daerah yang ada di prov/kab/kota diseluruh Indonesia. Sehingga tidak lagi melalui rekening dinas pendidikan yang ada di provinsi.
    2. Kemudian dana guna keperluan pembayaran tunjangan profesi guru tidak lagi masuk ke dalam DIPA Kementerian Pendidikan Nasional (bukan lagi dana dekonsentrasri) tapi sudah masuk pada DIPA Transfer ke Daerah (Dana Perimbangan) yang dikelola oleh Kementerian Keuangan.
    3. Dalam APBN tahun 2010 telah dianggarkan pembayaran tunjangan profesi guru, khusus bagi guru yg telah bersertifikasi di daerah (guru PNSD) disediakan pagu dalam APBN pada nomenklatur DAU tambahan untuk tunjangan profesi guru PNSD sebesar Rp 10,99 trilyun
    4. Untuk tahun 2010, penyaluran dana dari rekening kas negara ke rekening kas daerah (saya ulangi dari rekening kas negara ke rekening kas daerah) akan dilaksanakan secara semesteran atau 2 kali dalam setahun. Untuk semester I dilaksanakan pada bulan Juni 2010 dan semester ke II dilaksanakan pada bulan desember 2010.
    5. Selain tunjangan profesi, pada tahun 2010 ini, pemerintah juga memberikan insentif berupa tambahan penghasilan sebesar Rp 250rb, bagi Bapak-Ibu guru PNSD atau CPNSD yang belum mendapatkan tunjangan profesi.
    6. Mekanismenya sama dengan mekanisme tunjangan profesi, yakni transfer dari rekening kas negara ke rekening kas daerah secara semesteran ( 2x dalam setahun) yakni Juni 2010 dan Desember 2010.

    Sekian, mudah2an informasi ini bermanfaat

    (Disampaikan Oleh : Anca/ e-mail : ansar_firman@yahoo.com/URL : http://www.detiknews.com)

    About these ads

    35 Tanggapan

    1. kenapa ya tpp yg lewat daerah jumlahnya gak sama dg yang lewat dekon. selisihnya buanyaaaaak banget. sasa

    2. Bapak penguasa yang mempunyai wewenang mengatur negara dan daerah mohon sekali lagi bantu lah untuk melancarkan gaji sertifikasi guru untuk tahun 2011 ini, di wilayah kota madya madiun. hidup saya dan anak istri saya sudah tidak cukup gaji yang saya terima bapak bapak penguasa kota madiun dan bapak bapak penguasa negara dan mentri Diknas. mohon dibantu kelancarannya bapak bapak kami untuk gaji sertifikasi kota madiun.

    3. kapan tunjangan sertifikasi guru untuk kota madya madiun di cairkan tahun 2011 ini . ya mudah mudahan tunjangan sertifikasi cepat dicairkan untuk tahun 2011, sebab untuk memenuhi kebutuhan hidup gajinya sudah tidak cukup pak penguasa yg terkait , mohon cepat di cairka, kasihan kami pak. terima kasih.

    4. Ya Allah Jika benar tunjangan itu di endapkan Berikanlah hidayah kepada mereka agar tidak menahan uang yang bukan miliknya karena itu namanya menjolimi. Bukankah jika mempermudah orang lain maka akan di mudahkan pula. Bukakanlah hati hati mereka yang menjolimi orang lain………..
      segeralah berpikir jika kita menunggu maka bukankah terasa lama begitu juga dengan yang lain……………..

    5. Tenyata dimana-mana masalahnya sama, tunjangan yg menjadi hak guru diendapkan dulu, padahal dari pusat seluruhnya sudah turun ke PEMDA.

    6. smoga guru-guru di Ngawi juga cepet terbayar TPP nya di bulan Desember ini….

    7. Untuk Kota Madiun Semester ke 2 terbayar hanya 5 bln. Dari kabar burung karena system pembayaran sesuai dengan gaji terbaru, sedang yang ada masih lama. Apa yang lainnya juga begitu ya ?.

    8. Dana sertifikasi sebaiknya diturunkan tepat ,waktu agar tidak terjadi polemik dan kecurigaan guru-guru.

    9. Yang aneh antara sistem pencairan di SK tidak sama dengan kenyataan itulah yang membuat kecurigaan para guru, padahal di SK tercantum tunjanga profesi dibayarkan setiap bulan langsung ke rek penerima tunjangan sebesar 1 x gaji pokok, tapi kenyataan molor sampai saldo rek habis bagi yg tdk aktif nabung, besarnya tunjangan juga tdk otomatis mengikuti kenaikan gaji, kan aneh? Padahal gaji pokok PNS sudah terangkum pada database!

    10. mudah…………………………………………………………………………..2X an cepet metu

    11. sudah masuk bulan oktober, padahal pemberkasan ulang guru tersertifikasi dari angkatan 2006 sampai 2009 dikumpulkan bersama, tp mengapa angkatan 2009 harus menunggu tanpa ada penjelasan, katanya masuk dana DEKON, informasi terakhir pembayaran dana sertifikasi tidak masuk dana DEKON, tapi dana PERIMBANGAN .. Apa mungkin dana sertifikasi terancam dikembalikan ke pusat jika tidak segara di realisasikan? aahhhh semakin bingung

    12. Bulan september mau habis , lebaran sudah usai, namun uang sertifikasi 2010 belum keluar juga, sabar tunggu bulan oktober, november ,desember 2010 akhirnya kelaut !!!!

    13. mengapa dana sertifikasi tidak di lewatkan pada satu jalur aja sehingga tidak terkesan pilih kasih, karena keluarnya tidak bersamaan.

    14. Santai saja, pak yang penting pasti cair. Biarkan anjing menggonggong kafilah tetap berlalu

    15. apa yang dapat dilakukan kemdiknas, disdik kab, pgri jika sampai akhir Agustus ini tunjangan belum turun? tidak ada

    16. Ya para guru juga harus sabar, kan uangya didepositokan dulu biar ada bunganya kan harum baunya bisa untuk tiket masuk bui gitu kan ?

    17. ya… sabar aja klo bulan juli belum turun ya di tunggu bulan agustus…kalau bulan Agustus belum turun ya di tunggu bulan September ….klalu tahun ini belum turun ya tunggu tahun berikutnya, dan seterusnya sambil berpuasa gitu dan tetap harus sabaaaaaaaaaaaaaaa……..!

    18. As Wr Wbr ! Maaf Pak ! Kami menghimbau tunjangan sertifikasi guru segera keluar, karena kami sangat membutuhkan menjelang lebaran ini. jangan mepersulit persoalan, dengan alasan itu dan ini. tunjukkan komitmen bapak jika ingin mensejahterakan guru. guru itu gaji dan tunjangannya kecil jika dibandingkan dengan para pegawaia lainnya. (Bpk Junaidi)

    19. As Wr Wbr ! Maaf Pak ! Kami menghimbau tunjangan sertifikasi guru segera keluar, karena kami sangat membutuhkan menjelang lebaran ini. jangan mepersulit persoalan, dengan alasan itu dan ini. tunjukkan komitmen bapak jika ingin mensejahterakan guru. guru itu gaji dan tunjangannya kecil jika dibandingkan dengan para pegawaia lainnya.

    20. sudah agustus, garut belum juga kelar

    21. Jelas tidak serius donk … guru sebagai rakyat biasa … memang tidak perlu diperhatikan … di nina bobokan dengan kalimat pahlawan tanpa tanda jasa …

      Kenapa para guru yang di anak tirikan ini tidak berhenti saja jadi guru …. !!!!
      sebab … pemerintah tidak sanggup menyediakan lapangan pekerjaan lain yang layak.
      Mengapa pemerintah yang tidak mampu ini dipertahankan ….!!! sebab guru-gurunya mengajarkan bagaimana bertahan dengan serba kekurangan. ha ha ha ha ….

    22. sebenarnya rasanya salah bila aku terlalu menumpahkan isi hati kemarahanku di sini kasihan adminnya. andaikan aku curhatpun mungkin hanya solusinya aja bukan membantu saya. pertanyaannya knp tidak otomatis ketika nuptk tidak lang sung ikut sertifikasi? kalo jam ngajar 48 jam/minggu dan mengajar sejak 1996 hingga sekarang kok belum ikut sertifikasi ntar karena umur saya tua, tak bisa masuk? padahal semua persyaratan telah memenuhi trus aku harus mengadu kepada siapa ya?apa karena aku berada dibawah depag ya? semua orang kok sekarang cuek dan tak peduli pada diriku?

    23. tunjangan sertifikasi sudah cair pemerintah jgn dianggab tidak serius melaksanakan amanat yang telah ditetapkan

    24. saya seorang tenaga pendidik di salah satu Mts dan telah lulus sertifikasi bidang studi ips terpadu dari unimed akhir bulan Januari 2008 sesuai dengan tanggal sertifikat tapi kuota 2007 dan sama-sama diklat dengan rekan-rekan yg ada di IAIN SUMUT tapi kenapa tanggal Sertifikasi kami bisa berbeda ? Rekan-rekan dari IAIN tanggal sertifikasinya 30 Desember 2007 dan penerimaan tunjangan kok bisa beda lagi satu tahun hanya perbedaan 1 bulan. Dan kami sama-sama menerima tunjangan pada bulan Juni 2009, namun anehnya kami hanya meneriman 6 bulan dan rekan-rekan kami dari IAIN dapat menerima 18 bulan (1setengah tahun) dengan perbedaan hanya 1 bulan di sertifikasi berarti uu tunjangan profesi guru tersebut palsu atau ada permainan pejabat atau lain-lain yang sampai sekarang tidak jelas… tolong kepada pihak yang berwenang yang kami hormati agar di buat surat edaran atau pengumumannya melalui mas media yang cepat dan akurat agar semua rekan-rekan yang merasa ketidak adilan sesuai dengan uu tentang tunjangan profesi kalau dihitung-hitung jumlah uang tersebut kira-kira Rp 18.000.000,00 x sekian orang udah berapa itu ya? hari gini ada diskriminasi? waah itu tidak wajar lagi atau …. perlu ada …. lagi ….. siapa yang menuai dialah akan memetik…. betul ngga … betul…betull … betuuulllll tetap saya berdoa agar mereka ….. mereka itu … sadar …. bahwa kita ini sudah kembalii di landa kapitalisme, kemunafikan… kemusyrikan…. apakah sudah terjadi tsunami kebathinan yang iblisisme…. tolonglah informasi lebih cepat akurat dan transparan jangan ada dusta di antara kita… ok.

    25. Sudah bulan agustus, tunjangan sertifikasi guru belum cair. Sebenarnya pemerintah serius atau tidak sih, untuk mensejahterakan guru???

    26. gombal aku gak percaya

    27. janji-janji doang tinggal janji, kapan cairnya, sedang utang makin numpuk karna harga makan makin naik
      @.Sama Pak semua juga lagi nunggu

    28. Kepada sahabat guru/pengawas di deluruh Indinesia. Kita menyambut baik tak terhingga dengan tunjangan profesi bagi kita. kita nharap dapat bermanfaat bagi pendidikan ptre/ptri kita yang lagi sangat butuh uang untuk pendidikan. Ya… Allah kami bersukur atas nimat yang kau berikan yang Maha Besar….

    29. Semoga dalam bulan Juni 2010 ini tunjangan profesi guru dpt segera cair karena bulan Juni kan tinggal 2 minggu lagikan sabar nya. Semoga kas daerah memahami yg merupakan keinginan kita dan tidak di-ulur2 lg!

    30. Salam. Menambahkan kembali informasi yang telah ada diatas, bahwa telah diterbitkan peraturan menkeu yang mengatur penyaluran tunjangan profesi guru PNSD tahun anggaran 2010 dari rekening kas negara ke kas daerah dengan nomor PMK No.117/MK/2010 tanggal 14 Juni 2010. Peraturan Menkeu ini digunakan sebagai dasar penerbitan DIPA penyaluran dana tsb. Umumnya penerbitan DIPA memakan waktu 3-7 hari kerja. Sehingga perkiraan saya–mudah2an tidak meleset–sekitar tgl 25 hingga 30 Juni tahun 2010, dana dari kas negara sudah ditransfer ke kas daerah. Dengan demikian daerah sdh dapat membayarkan secepatnya ke masing-masing guru yang berhak menerima. sekian dan terima kasih
      @.Terima kasih infonya ,Pak.Mudah-mudahan perkiraan bapak gak meleset.

    31. kira-kira kapan tanggal pasnya ya pak

    32. jare bu tuti maryam tanggal pira di bayare…….jarene sudah ora ono uangnya

    33. apakah pencarian periode I 2010 sudah benar-benar menyatu dengan gaji? Apakah pencarian dari kas negara ke kas daerah sudah dilakukan, mengingat sekarang sudah hampir pertengahan juni. Kmi sangat berharap minggu terakhir juni sudah masuk ke rekening guru.
      @.Nampaknya belum,cuma baru pemindahan rekening melalui kas daerah.

    34. ku tunggu dengan sabar hati berharap pasti,tunjangan professi turun bulan juni,

    35. Semoga dalam bulan Juni 2010 ini tunjangan profesi guru dpt segera cair karena memang bulan yg merupakan sebagian besar para orang tua merasakan pusing 7 keliling memikirkan biaya pendidikan putra/inya. Semoga tidak di-ulur2 lg!

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: