• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 280,725 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • Tunjangan Profesi Guru Tahap I Cair April

     Para guru penerima tunjangan profesi pendidik (TPP) tidak perlu lama-lama menunggu rapelan pencairan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta TPP dicairkan tepat waktu. Yaitu dirapel tiga bulan sekali. Untuk tahap pertama, dijadwalkan cair bulan April ini.Mudah-mudahan saja janji pemerintah tidak meleset “seperti biasanya”(gombal kali) karena Mendikbud Mohammad Nuh menjelaskan, tahun ini tidak perlu lagi ada kasus keterlambatan pencairan TPP. Selain itu, dia berharap skenario pencairan TPP yang dirapel tiga bulan sekali tidak kacau seperti tahun lalu(Pak Menteri ngaku nih..). Dia menjelaskan, tahun ini diharapkan seluruh guru penerima TPP tidak lama-lama menunggu pencairan rapelan.
    Dia menjelaskan, pada tahap pertama TPP diterima April depan. TPP yang dikucurkan bulan depan itu merupakan rapelan sejak Januari, Februari, dan Maret. Sedangkan untuk tahap kedua nanati, TPP dijadwalkan cair pada Juli 2012. Lalu untuk tahap ketiga TPP cair pada Oktober 2012, Kemudian gelombang terakhir pencairan TPP peride 2012 dijadwalkan Desember 2012. “Harus dipaksakan untuk bisa dicairkan sesuai aturan. Yaitu dirapel tiga bulan sekali,” tegas mantan Rektor ITS itu.
    Dia mengatakan, tahun lalu masih ada keluhan jika TPP dicairkan setahun sekali. Sekitar penghujung Ramadhan menjelang Idul Fitri. Muncul dugaan, uang yang sejatinya sudah disetor oleh pemerintah pusat ini ditimbun dulu oleh pemerintah kabupaten atau kota untuk dikeruk bunga simpanannya.
    Nuh mengatakan, pihaknya mulai tahun ini akan memantau lebih dalam terkait pencairan TPP ini. Dia sudah berkoordinasi dengan Inspektorat Jendral (Itjen) Kemendikbud untuk menelusuri jika ada pencairan TPP yang nyangkut. Kerja dari Itjen Kemendikbud ini akan melihat perkembangan pada April nanti. Jika ternyata sudah tersalurkan ke guru, maka proses pencairan TPP sudah berjalan baik. Sebaliknya, jika masih ada guru yang belum menerima TPP berarti ada persoalan di daerah.
    Sementara terkait persoalan klasik yaitu jumlah nominal TPP tidak sama dengan gaji pokok Nuh mengatakan terkendalam persoalan pendataan. Dia mengatakan, TPP untuk pencairan 2012 ini sudah disusun pada atau direncanakan pada 2011 lalu.
    Sehingga, data yang digunakan adalah gaji guru PNS pada 2011. Tapi, pada kenyataannya selama 2012 telah terjadi kenaikan pangkat pada sejumlah PNS. Nah, di sinilah letak persoalan ini. Dia masih terus berkoordinasi untuk mencai formulasi untuk mengantisipasi ketidak cocokan antara nominal TPP dengan gaji pokok PNS.
    Seperti diketahui, besaran TPP setiap bulan untuk guru PNS diterima sebesar satu kali gaji pokok. Sedangkan untuk guru non PNS, besaran TPP ditetapkan Rp 1,5 juta per orang per bulan. Tujuan dari pemberian TPP ini untuk peningkatan kesejahteraan guru, melalui peningkatan profesionalisme mengajar.
    Tahun ini, diperkirakan guru yang berhak menerima TPP berjumlah 746.700 orang. Dalam postur APBN 2012, uang yang disipakan untuk pembayaran TPP ini mencapai sekitar Rp 30 triliun. Jumlah ini naik sebesar Rp 12,1 triliun dibandingkan dengan APBN-P 2011. (wan) JPNN.com

    About these ads

    21 Tanggapan

    1. Ini sudah awal mei 2013 tapi yang ditunggu-tunggu gak datang_datang juga……memang dari dulu susah untuk menyenangkan para guru….

    2. sampai sekarang sertifikasi blm cair janji sebelum idul fitri sdh cair mana janjinya kpn bilangnya juni bilangnya juli bilangnya agustus bilangnya ………….kpn lg

    3. TPP ooohhh TPP dimana dikau..?

    4. sampai saat ini daerah kami belum turun,,tanda tangan kemarin cuma dapat 2bulan,padahal teman kami yang didepag sudah lama keluar,3bulan

    5. wahhh klo di bojonegoro alhamdulillah lancar …… agak telat sih …wong baru kluar pertengahan mei ini …. tapi sayang kok kluarnya baru 2 bulan …… alhamdulillah …. semoga menambah semangat kita untuk mendidik anak bangsa dengan lebih baik ….

    6. Waduuuh….yang diharapkan pencairan TPP 2012 adalah lebih baik dan lancar dari tahun sebelumnya, kenyataannya ko lebih semrawut dan tidak jelas kapan cairnya. Gmana janji pak Mendiknas…?

    7. Keterlambatan ini akibat dari adanya kebijakan otonomi daerah, sehingga tiap kabupaten boleh menentukan kebijakan sendiri, di kabupaten yg pemangku kepentingannya memiliki interest yg tinggi terhadap pendidikan, maka tunjangan sudah cair.

    8. sabar dan sabar itulah kata2 yang sering kita dengar

    9. Ne sudah bulan mei pak,,mana pencairan sertifikasinya?mudah2an tdk ada kkn.AMIN.

    10. sampai tanggal 6 mei sekarang ini, sy selaku guru honor di cilegon blm ada kabar gembira tentang cairnya tpp….

    11. Sampai tgl 2 mei’12 ini dana sertifikasi belum cair (utk triwulan 1) di karawang. Tapi di tasikmalaya ,temen sy dapet dana sertifikasi 2 bln (tgl 26 april) dptnya 5,577 jt setelah dipot.pajak hanya dpt 5,298jt. Padahal hal itu tdk sesuai dg instruksi mentri M.NUH,, salah dimana,,?

    12. agar kinerja guru penerima tpp lebih baik maka. beri kejelasan perbulan apa tgl berapa cairnya. apalagi guru swasta sgat menanti nanti

    13. belum optimis….

    14. PENERIMA tpp WAJIB MENGAJAR WALAUPUN kEPALA sEKOLAH yAAaaa?

    15. Alhamdulilah ….
      Mudah-mudahan menambah semangat bapak/ibu guru untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Amin
      Dan yang sk belum ditunggu saja ….

    16. Ini sudah April 2012,TPP masih disiapkan administrasinya. Bagi guru penerima sudah selayaknya meningkatkan kinerja guru,walaupun belum formal dinilai PKG nya. Selamat berjuang terus,komit sebagai bangsa Indonesia meningkatkan pendidikan anak bangsa

    17. Tunjangan untuk guru/PNS pada umumnya masih kurang layak terutama tunjangan istri dan anak…

    18. Gaji guru sudah selayaknya baik namun dilapangan masih ada guru kita yang tidak profesional dalam melaksanakan tugas pokok nya yakni mengajar dan mendidik so perlu adanya perangkat untuk memantau dan menilai kelayakan mereka agar dana triliunan yang dikeluarkan negara tidaklah salah sasaran ” guru malas dan tidak memiliki karakter yang baik” perlu dipikirkan langkah pemantauan dalam hal ini pengawas yg prof adalah salah satu wadah atau personal yang tepat sehingga dana negara tidak sia sia
      Insya Allah amin
      selamat berjuang teman teman guru
      demi anak bangsa di masa yang akan datang yang lebih baik
      amin3x

    19. Tunjangan guru harusnya dibuat lebih layak lagi, para pembuat kebijakan sampai saat ini belum tergerak hatinya untuk membuat UU yang bisa para Guru hidup lebih layak…

    20. Para Pemangku kebijakan dinegeri ini mestinya sudah harus memikirkan kemakmuran para pendidik mereka…..

    21. Seharusnya Guru yang sangat berjasa dan kita hormati mendaptkan gaji dan tunjangan lebih baik lagi dari sekarang….

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: