• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 268,599 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • PEMBAYARAN TUNJANGAN GURU SIAP DIAMBIL ALIH

    Untuk kesekian kalinya BPSI sengaja menurunkan berita-berita yang berkaitan dengan pembayaran tunjangan profesi pendidik yang semakin sini semakin semrawut aja. Ini menunjukan betapa kinerja dan perhatian  pemerintah terhadap guru makin berkurang. Berita yang diturunkan kompas.com edisi 29 mei 2012 memuat : – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kemungkinan mengambil alih pembayaran tunjangan profesi pendidik demi kelancaran. Kepastiannya menunggu hingga Juli atau triwulan kedua pembayaran.

    “Kami akan lihat sampai Juli. Jika pemerintah daerah tetap tak bisa membayar lancar, kami akan cari mekanisme lebih baik,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, akhir pekan lalu, di Jakarta.

    Tunjangan profesi triwulan pertama 2012 semestinya disalurkan ke rekening pribadi penerima, April lalu. Namun, hingga Minggu lalu, ada yang tak kunjung cair karena tak ada SK pencairan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Menurut Nuh, SK masing-masing direktur jenderal pendidikan dasar dan menengah selesai Maret. Dana pun sudah disalurkan kepada pemerintah provinsi.

    Menurut Retno Listiyarti, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia, Kemdikbud tak belajar dari kesalahan penyaluran tunjangan profesi guru. “Bukannya makin mudah. Hampir enam tahun pelaksanaan sertifikasi, tak ada perbaikan kinerja dalam sistem pembayaran tunjangan,” katanya.

    Pencairan tunjangan profesi bagi guru swasta dan honorer, lanjutnya, sudah ada di beberapa daerah. Besaran tunjangan dipukul rata Rp 1,5 juta per bulan.

    Iwan Hermawan, Sekjen Federasi Guru Independen Indonesia, mengatakan, pembayaran tunjangan di Jawa Barat tak merata. Di Kota Bandung belum ada pembayaran. Di kabupaten, seperti Garut, Tasikmalaya, Sumedang, dan Bandung Barat, hanya dibayar dua bulan.

    Pemerintah daerah dinilai sibuk mengklarifikasi guru yang memenuhi 24 jam mengajar. Pemenuhan 24 jam mengajar ini dinilai bukan salah guru, melainkan akibat ketidakmampuan pemerintah menata distribusi guru. “Akibat guru didesentralisasi. Jadi, tunjangan dan gajinya melalui DAU kota/kabupaten sehingga banyak hambatan birokrasi,” kata Iwan.

    Triwulan

    Berdasarkan keputusan Kementerian Keuangan, pembayaran tunjangan profesi pendidik dibayar per triwulan. Triwulan pertama dibayarkan paling lambat April. “Dana tunjangan profesi guru itu mengendap. Jadi lahan birokrat untuk memanfaatkan bunga anggaran,” ujar Retno.

    Para guru juga dibingungkan dengan keharusan membuka beberapa rekening bank. Selain bank daerah, mereka juga harus punya rekening bank lain. “Guru dipermainkan untuk soal tunjangan profesi ini,” katanya.

    Secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistiyo mengatakan, keterlambatan pembayaran tunjangan profesi guru ini akibat kinerja Kemdikbud yang lambat menyelesaikan SK sertifikasi. “Setelah guru diurusi berbagai unit utama di berbagai ditjen dan badan guru, justru birokrasi guru jadi rumit dan lambat,” katanya. PGRI akan mengadukan Kemdikbud kepada Presiden dan DPR. (ELN)


    kompas.com, 29 Mei 2012

    About these ads

    8 Tanggapan

    1. bagus tuh jika tpp sekalian gaji perbulan. pemerintah pasti bisa. kabarnya depag udh berjalan dan lancaaar. trims pak haji!

    2. Saya setuju jikka KPK turun tangan mengusut dalang kesemrawutan pembayaran tunjangan profesi ini..

    3. Saya setuju jakau KPK turun tangan mengusut dalang kesemrawutan pembayaran tunjangan profesi ini..

    4. alhamdulillah TPP baru cair 2 bulan(tgl 6 juni’12),,tapi nggak tahu nih bulan apa saja yg dibayar,,?? Trus patokannya pake gaji pokok yg mana trus dipotong pajak berapa %,,?? mendingan di satukan dg pembayaran gaji tiap bulan aja,,biar nggak ribet.

    5. setuju…….
      dan biar tidak ada pungli di sana sini….(katanya syukuran”) kok tiap cair TP mesti ada berpa %..gitu…

    6. Ya,namanya juga Indonesia, seingat saya belum ada yang tepat waktu.Dari Kepala Dinas,walikota bahkan menteri. Yang tepat waktu baru gaji bulanan. Alasannya PNS juga kalau bekerja tidak tepat waktu. Perusahaan PNS memang terlalu besar, ada juga yang tidak kerja/(guru DP dsb) tapi gaji bulanan jalan terus karena ditransfer lewat bank. Sukar juga memberhentikan PNS ya(guru).

    7. Banyak guru honor negeri yang memiliki kompetensi nyata yang handal dimsyarakat. mereka ulet berkarya dibidang pendidikan dan sosial disekolah2, LPK2, maupun dibeberpa yayasan instansi pendidikan lainnya. Selama berpulu-puluh tahun bnyak diantara mereka yang benar-benar terjun atau bahkan memimpin dinstansi Pendidikan tersebut.Keihklasannya, kesabarannya, ketangguhan dan keuletannya merupakan contoh yang baik buat generasi. sebagai guru jangan didiskrimasi dengan pengkontakan guru negeri, honorer dan swasta. apalagi dizolimi dengan menahan sertifikasi toh swasta yang baru bebrapa tahun bisa ikut sertifikasi. ataupun Guru Negeri yang lulus sertifikasi ternyata tidak memiliki kompetensi. Ingat kebijakan anda akan bisa mendzolimi seekor semut. yang juga makhluk Tuhan- selamat berkaraya wahai para pejabat dan menteri ( kami hanya mengingatkan ). terimakasih atas perhatiannya.

    8. iya nih di kab.karawang belum 1 bulanpun dibayar,,,!!,,padahal th ajaran baru sebentar lagi. Pasti dana tsb ditunggu2 utk membiayai anak2 sekolah. mudah2an bulan juni ini bisa cair 6 bulan sesuai instruksi mentri…amien.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: