• Flickr Photos

    Lebih Banyak Foto
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 337,216 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • My favourite room in my house (Library)

TUNJANGAN GURU DAN DOSEN TIDAK AKAN DITUNDA

Peraturan Pemerintah tentang guru sudah ditandatangani.

Bahwa beberapa minggu yang lalu tersebar berita di sebuah harian ibukota bahwa guru yang sudah mendapat tunjangan profesi harus mengembalikannya ke Negara dengan cara dipotong dari gaji setiap bulannya,karena belum ada PP dan Perpres nya.Tentu saja berita ini sangat menghebohkan bagi rekan-rekan yang sudah menerima tunjangan tersebut,termasuk saya yang sudah mencicipinya selama 9 bulan,namun hal itu terobati setelah membaca berita yang saya muat dalam blog ini,Inilah berita selengkapnya:

Pemerintah akan mempercepat penerbitan peraturan pemerintah (PP) dan peraturan presiden (perpres) mengenai tunjangan profesi ini.
“Seluruh tunjangan untuk dosen, guru PNS dan non-PNS, baik di bawah Diknas maupun Depag. tetap akan berjalan dan tidak ada penundaan. Tidak ada keterlambatan terhadap PP maupun perpres tersebut.” ka-ta Mensesneg Hatta Rajasa seusai mengantar keberangkatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta, Senin (30/ 3).
ag00021_1Menurut Hatta, PP tentang Guru telah selesai dan sudah ditandatangani Presiden beberapa bulan lalu, sehingga yang tersisa adalah PP untuk dosen yang akan selesai sesuai dengan jadwal sebelum Juni 2009.
“Demikian juga dengan per¬pres yang mengatur tentang pelaksanaan tunjangan profesi tersebut juga akan selesai tepat pada waktunya. Pemerintah menjamin tidak akan terjadi penundaan tunjangan tersebut. Dari sisi PP dan perpres, kita jamin akan selesai sebelum Ju¬ni,” katanya.
Sebelumnya, Menteri Keuangan mengeluarkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-145/MKos/ 2009 tertanggal 12 Maret 2009 tentang Pembayaran Tunjangan Profesi Guru dan Dosen PNS/non-PNS pada Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama, yang menyebutkan bahwa jika sampai akhir Juni 2009 PP dan perpres mengenai tunjangan profesi belum ditetapkan, pem-bayaran tunjangan profesi un¬tuk sementara dihentikan.
Surat itu juga menyebutkan, apabila sampai akhir tahun 2009 PP dan perpres mengenai tunjangan profesi guru dan do¬sen belum juga ditetapkan, tun¬jangan profesi yang telanjur dibayarkan akan dipotong secara bertahap dari gaji guru yang bersangkutan sesuai ketentuan.
Berdasarkan Peraturan Pe¬merintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Pengaturan Gaji PNS, pemberian tunjangan PNS tertentu (seperti tunjangan profe¬si guru dan dosen) diatur de¬ngan perpres.
Mendiknas Bambang Sudibyo di tempat yang sama mengatakan, surat Menkeu itu semangatnya adalah memperce¬pat proses penyelesaian PP ten¬tang dosen. Perpres tentang Tunjangan Profesi. bahkan juga Perpres tentang Tunjangan Kehormatan Guru Besar.
“Semuanya ini sekarang tengah berjalan dan sebelum Juni tiga instrumen hukum itu sudah bisa diselesaikan. Karena sebetulnya semuanya berjalan sesuai rencana, tidak ada masalah. Se¬mentara untuk tunjangan profe¬si guru, selama ini sudah mengucur atas dasar Permendiknas dan tidak dipermasalahkan oleh Depkeu,” katanya.
Sementara Menteri Agama Maftuh Basyuni mengatakan. pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh Kanwil Depag untuk sesegera mungkin melaksanakan pembayaran tunjangan profesi itu.
Menag mengakui. pembayar¬an tunjangan itu memang terlambat karena harus melalui proses yang agak panjang antara lain berkoordinasi dengan Depdiknas.
“Jadi. tidak perlu dikhawatirkan lagi apa yang sekarang berkembang di pers itu. Sekali lagi bahwa itu tidak akan terjadi, kami sudah mengedarkan surat kepada kepala kantor wilayah dalam minggu ini dapat dilaksanakan,” katanya. (Ant)***
(Sumber : Pikiran Rakyat :31 Maret 2009)

5 Tanggapan

  1. sertifikasi kbrnya bgm,… ? katanya bulan juni, lalu juli,… selanjutnya kpn lagi beritanya
    @.Inilah Indonesia,Pak.

  2. sertifikasi guru bgm kbrnya,…. ? mau dibayarkan kapan,… ?
    @.Semua bingung,Pak kenapa belum dibayarkan aja.

  3. kapan tujangan profesi tahun 2009 akan dicairkan?

    Dari H.Indra :
    Menurut informasi dari Dinas Pendidikan bahwa tunjangan profesi Guru tahun 2009 akan dicairkan pada bulan Juni ini (Mudah-mudahan ya ,Pak?),akan tetapi gaji pokoknya masih gaji lama,karena kalau pakai gaji pokok baru Pemerintah harus nombok triliunan (katanya).

  4. Asslm’alkm Guru se-Indonesia ! Smg ksejahtraan guru smkn mningkat,spy tidak lg trjdi “pelajaran praktek demonstrasi”. Dan yg tak kalah penting dari skdr tunjangan, adalah memperoleh Ridlo Ilahi, yakni dg jalan Ikhlas dan Syukur. Wsslm.

    Dari H.Indra :
    Waalaikum salam Pak Nashori,Ya seandainya semua guru di Indonesia punya pandangan seperti bapak,Insya allah semua rezeki yang kita terima penuh “berkah” asalkan bekerja dengan ikhlas,syukur,dan niatkan sebagai “ibadah”.Amin.

  5. moga jd kenyataan n g d tunda2 lg was!!! klo bs tiap bln ja n jmlhx agak mendingan, masak gaji guru cuma cukup tuk bl tahu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: