• Flickr Photos

    Lebih Banyak Foto
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 337,216 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • My favourite room in my house (Library)

8 PROGRAM 100 HARI PERTAMA MENDIKNAS

MendiknasHarus kita akui bahwa reformasi pendidikan yang telah dijalankan oleh Kabinet Indonesia Bersatu jilid I dibawah kepemimpinan Prof.Dr.Bambang Sudibyo telah banyak membuahkan hasil yang positif untuk dunia pendidikan kita,sebut saja Sekolah Gratis untuk tingkat Pendidikan dasar (SD s/d SMP),implementasi UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang melahirkan sertifikasi Guru (termasuk pengawas) hingga penghasilan guru bertambah dua kali lipat (tentunya yang sudah menyandang sertifikasi pendidik),penambahan sarana dan prasarana sekolah,bertambahnya sekolah yang bersatandar SSN,RSBI,SBI, prestasi-prestasi di tingkat internasional pun banyak diraih oleh siswa-siswi kita,dan masih banyak prestasi lainnya.

Bagaimana dengan Reformasi pendidikan Nasional Jilid II yang dikomandani Pak Prof.Dr. Ir.Mohammad Nuh.D.E.A ? Tentunya kita para pelaksana pendidikan di daerah sangat berharap banyak dari pak Mendiknas yang baru ini.Kita sangat respek dengan komitmen beliau selaku mendiknas yang baru,yang mana dalam 100 hari pertama kerjanya Mendiknas akan memprioritaskan 8 program pendidikan yang terhitung sejak 1 Nopember 2009 s/d 1 Januari 2010. “Kami ingin memberi kontribusi lebih dan prestasi yang semaksimal mungkin. Jadi, tidak hanya akan terfokus pada aspek-aspek formalitas seperti yang sudah diarahkan oleh Presiden RI dan kontrak kinerja menteri, program kerja, serta hasil National Summit 2009 dan isu-isu strategis yang dihasilkannya,” ujar Mendiknas.(Kompas.com,6 Nopember 2009)

Inilah 8 Program 100 Hari Pertama Mendiknas :

  1. Penyediaan internet secara massal di sekolah,
  2. Penguatan kemampuan kepala Sekolah dan pengawas sekolah
  3. Pemberian beasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) untuk siswa SMA/SMK/MA berprestasi dan kurang mampu,
  4. Penyusunan kebijakan khusus bagi para guru yang bertugas di daerah terdepan dan terpencil,
  5. Penyusunan dan penyempurnaan Rencana Strategis (Renstra) 2010-2014,
  6. Pengembangan budaya dan karakter bangsa,
  7. Pengembangan metodologi belajar mengajar,
  8. Membuat roadmap sinergitas lembaga pendidikan (Depdiknas-Depag) dengan para pengguna lulusan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan.

Mungkin satu hal yang harus kita garis bawahi adalah program ke 2 yang mana beliau menempatkan kepala sekolah dan pengawas sekolah sebagai bagian yang harus ditingkatkan kemampuannya. Akankah Reformasi Jilid ke 2 ini berjalan mulus seperti konsepnya pak mendiknas yang baru? Yang jelas bahwa   mendiknas telah meletakan landasan untuk melaksanakan reformasi pendidikan secara nasional.Wait and see !

8 Tanggapan

  1. Alhamdulillah 8 Program tersebut walau tdk semua ada yg langsung nyampai di dabin saya, misal :
    1. Penyediaan internet secara massal di sekolah,

    (Ini bantuan lwt LPMP 3 laptop, 1 print 1 LCD + modem. Lumayan, walau di daerah terpencil agak keren dikitlah, dan jg 6 guru dilatih ICT dan yg 6 itu masing2 nglatih 6. Kayak MLM itu, jadi tamat dech 80 % guru sedabin melek ICT. Alhamdulillah.)

    2. Penguatan kemampuan kepala Sekolah dan
    Pengawas sekolah,

    (Nah…, yg Penguatan KS dah pasti tho tersirat di Tupoksi PS, yg PS ya ……. dikuat-kuatkan….., he he he. Yg ini kami blm merasa kena)

    3. Pemberian beasiswa perguruan tinggi negeri (PTN)
    untuk siswa SMA/SMK/MA berprestasi dan kurang
    mampu,

    (ya dah banyak yg dapat)

    4. Penyusunan kebijakan khusus bagi para guru yang
    bertugas di daerah terdepan dan terpencil,

    (Nah itu program perlu dibeneri, Pak Menteri!. Masa guru dan KSnya dapat tunjangan daerah t erpencil, PS nya suruh nonton. Guru dan KS di dabin saya dapat itu, cuma saya gak dapat. (enak amat, maksudnya ditugas disitu itu dibuang kok mlh dapat tunjangan, Ole…ole..ole.. ole…)

    5. Penyusunan dan penyempurnaan Rencana Strategis
    (Renstra) 2010-2014,

    Kalau boleh usul PS jadikan pegawai Departemen Diknas Pusat, biar juknisnya cepet nyampai. Gak nyambungnya ini kan krn kantor disdik tdk dihuni oleh orang2 pendidikan, jd juknis lama muter2nya tanya sini-tanya sana baru disampaikan. Mau tanya PS malu, dan mungkin jg sulit nyarinya…. Kantornya gak jelas….sich.

    6. Pengembangan budaya dan karakter bangsa,

    Walau gak ada program khusus, ada di tupoksi PS, Alhamdulillah ada Pak Drajat yg nyediakan angket Budaya Organisasi Sekolah (smg masuk surga,amin)

    7. Pengembangan metodologi belajar mengajar,

    Ni ya tugasnya PS….to?
    MONGGO PAK MENTERI, PS TARIK AJA KE DEPDIKNAS.

    8. Membuat roadmap sinergitas lembaga pendidikan (Depdiknas-Depag) dengan para pengguna lulusan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan.

    Nah, sarpras Lifeskill dan Tutornya yg perlu ditingkatkan. Lulusan jgn hanya bisa milih A B C D (mentang2 semua dipilih langsung) Banyak yg hanya bisa milih dan mesti banyak juga yg salah pilih, setrees dech kayak UN.

    Selanjutnya….. syukuri yg tlh nyampai. Guru & PS gak perlu ribut2 ikut demo. Kan Pemilu dah selesai. Introspeksi lah…. 6 thnya pak karno, 6 thnya pak Harto, Habibibie Timtim Lepas, Gusdur…., Mega ….., Entah…. yg payah ni Presidenya po rakyatnya sih ya…. Mbok menawa…, kita hrs berfikir dan bertindak BESOK mau NGAPAIN….., eee malah semua jd ahli sejarah, ngurusin yg tlh berlalu…, Capek Dech.
    Lha Sumonggo….

  2. mudah-mudahan program Pak Mendiknas cepet terwujud
    @.Amin.

  3. program pusat mirif dengan mendung menggantung atas tapi di bawah(di daerah) tidak turun hujan, sudah lama kita tunggu implementasi kebijakan pusat di daerah, setahu saya dari sd dulu indonesia ini bukan hanya jakarta tok.

    @. Benar….benar,tapi gak ada salahnya kita dorong terus pemda di daerah masing-nmasing.

  4. bp mendiknas q mau tau tentang beasiswa tuk kuliah,,q btuh bnget p lg dah berstatus alumni sekarang q btuh informasinya pak,,dan jika da persaratannya qtu apa,,,
    terimakasih tas kesediaannya membaca pertnyaan saya,

    @.Terima kasih,mudah-mudahaan ada perhatian dari Pak Menteri.

  5. jangan cuma jaringan interntnya aj juga komputer dipikirkan !

    @.Bener pak,sementara ini kan sekolah-sekolah masih bnayak yg menggunakan komputer jadul.

  6. Program nomor satu yang ditunggu dan mewajibkan dinas pendidikan kabupatan/kota pak untuk pasang internet. India saja sudah ke anak-anak SD membawa laptop seharga Rp. 120.000,- buatan sendiri lagi. Program nomor 2 Penguatan kemampuan kepala Sekolah dan pengawas sekolah. Menarik sekali dan selama ini, pemda tidak ada perhatian pak !
    @.Benar bu Dyah,dimana -mana sama.Mudah-mudahan gebrakan menteri baru bisa menjalankan program no 2.

  7. semoga berjalan lancar.Hidup indonesia
    INFO MOBIL | INFO ALAT KOMPUTER | INFO ASURANSI | TOKO KOMPUTER

    @.Amin.Terima kasih,Semoga lancar terus bisnisnya.

  8. yang nomer satu sangat diharapkan sekolah saya itu…
    salam
    nice post…

    @.Waalaikum salam.Terima kasih atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: