• Flickr Photos

  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 349,752 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • My favourite room in my house (Library)

SEMUA BERHULU PADA GURU

Untuk memperoleh kualitas Indonesia yang mampu bersaing hingga kelas dunia, sumber daya manusia Indonesia yang disiapkan pun harus berkualitas kelas dunia. Setali tiga uang, bidang pendidikan yang dipersiapkan bagi para SDM harus berkualitas kelas dunia.

Demikian dikatakan dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kebangkitan Nasional atau Sampoerna School of Education (SSE) Iwan Syahril dalam seminar bertema “Building Common Understanding Between Teacher Education Institutions and School Communities on Teacher’s Quality” di Kampus SSE, Jakarta, Kamis (4/3/2010).

Berdasarkan data UNDP 2009, Human Development Index (HDI) Indonesia berada di peringkat ke-111 dengan angka HDI 0,734. Yang sulit diterima, kata Iwan, peringkat Indonesia itu berada persis di bawah Palestina (HDI 0,737) sebagai sebuah negara yang tak henti-hentinya diguncang gejolak politik dan perang.

“Maka, pada akhirnya, yang harus dipersiapkan Indonesia untuk menciptakan pendidikan berkualitas itu sendiri adalah dengan meraih kualitas pembelajaran di dalam kelas. Dan, hulu dari semua lingkaran ini adalah guru, guru yang berkualitas tinggi. Inilah mimpi kita,” ujar Iwan.

Untuk itulah, kata Iwan, mutlak bahwa kualitas pembelajaran yang luar biasa di sekolah (kelas) harus berbanding lurus dengan kualitas pembelajaran yang dikenyam guru itu sendiri sebagai pendidik di sekolah. Guru tidak mungkin lagi hanya terfokus pada knowledge for practise (pengetahuan secara teori), tetapi juga knowledge in practise (pengetahuan secara praktik) sehingga akhirnya guru memiliki knowledge of practise (gabungan pengetahuan teori dan praktik).

“Untuk memperoleh SDM guru yang berkualitas, ketiganya harus dijadikan siklus yang berlangsung secara aktif. Mereka menjadi pembelajar aktif seumur hidup,” ucap Iwan.

(Sumber :Kompas.com edisi : 8 Maret 2010)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Benar pak, kualitas guru juga bisa ditingkatkan salah satunya dengan membumikan blog, agar lebih melek tekno. Salam kenal ya pak Indra.
    @.Terima kasih atas kunjungannya,Met nge-blog terus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: