• Flickr Photos

    Lebih Banyak Foto
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 337,216 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • My favourite room in my house (Library)

Masalah Guru, Fasilitas, atau Ekonomi Yang Menyebabkan Ketidaklulusan ?

Ujian Nasional (UN) nampaknya tidak henti-hentinya menimbulkan masalah dimana-mana.Simak saja pemberitaan di media-media di negeri ini yang sangat gencar memberitakan seputar UN (SMA/MA/SMK) yang berujung “tidak memuaskan” bagi siswa,orang tua,bahkan guru,kepala sekolah,dan pengawas sekolah itu sendiri,betapa tidak,ketika proses UN berlangsung isu kebocoran ,sms jawaban yang menyesatkan,dsb itu faktanya.Lihat saja siswa-siswa yang langsung terlibat dengan Un ini,yang lulus mereka hura-hura dengan konvoi di jalan-jalan dengan pakaian yang penuh coretan-coretan sehingga mengganggu ketertiban umum.Yang tidak lulus banyak yang menangis,histeris,menjerit-jerit,pingsan bahkan ada juga yang mengamuk menantang gurunya berkelahi.Sudah seburam inikah potret pendidikan di negeri yang kita cintai ini ? Simaklah beberapa pemberitaan yang dimuat Kompas.com edisi 27  April 2010  dan Republika.co.id edisi:28 April 2010 :

Kementerian Pendidikan Nasional akan membentuk tim khusus yang akan menganalisis mengenai penyebab 267 sekolah yang kelulusan Ujian Nasional-nya 0 persen. Tim khusus tersebut akan terjun ke sekolah-sekolah dan mewawancarai anak yang tidak lulus UN.Namun demikian, tim khusu tersebut belum akan terjun pada waktu dekat ini. Akan tetapi, setelah UN ulangan dilaksanakan pada 10 hingga 14 Mei 2010. “Tim khusus tersebut nantinya yang akan cek ke sekolah-sekolah, ke lapangan, untuk menganalisis apa penyebab UN, apa karena faslitasnya? Atau gurunya nggak pernah ngajar? Atau buku-nya kurang. Tapi nanti setelah UN ulangan karena kondisinya belum memungkinkan,” ujar Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, usai melantik Rektor Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto,Rabu (28/4).(Republika.co.id)

“Perlu kita ketahui lebih rinci peta dari sekolah yang 100 persen tidak lulus itu. Kalau sudah ketahuan baru kita tahu yang akan kita lakukan untuk intervensi penguatan ke depan,” tutur Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/4/2010).

Nuh mengatakan, pemerintah akan mengkaji kualitas guru maupun fasilitas dan infrastruktur yang tersedia di sekolah-sekolah yang tingkat kegagalan siswanya mencapai 100 persen dalam UN. Apabila penyebab ketidaklulusan akibat kualitas guru, katanya, pemerintah akan mengintervensi dengan cara memperbaiki kualitas guru.

Namun, kata Nuh, apabila kegagalan disebabkan oleh kekurangan infrastruktur dan fasilitas, pemerintah akan memberikan bantuan dalam bentuk buku dan pembangunan. Sementara jika kegagalan disebabkan oleh faktor ekonomi karena banyak siswa tidak mampu dalam sekolah tersebut, pemerintah akan menyediakan banyak beasiswa di sekolah tersebut.

“Akan kita analisis dan intervensi kebijakan itu,” ujarnya (Kompas.com 28 april 20100

Satu Tanggapan

  1. Ujian Nasional itu bagus kalau pelaksanaan dilapangan sesuai dengan aturan yang benar, tapi kenyataanya tidak demikian pelaksanaan dilapangan penuh dengan manipulasi contoh ada sma di cilacap hasil UN tidak lulus 100% , setelah perbaikan hasilnya lulus 100% sangat tidak wajar, ada apa dengan guru sbg pengawas? ada apa dengan murid? jangan sampai malah ujian nasional menjadi kedok untuk meningkatkan mutu pendidikan , padahal hanya manipulasi, pembohongan, dst seolah olah mengkultuskan pemrosotan nilai nilai moral bangsa indonesia bertopeng dengan U.N

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: