• Flickr Photos

    Lebih Banyak Foto
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 337,216 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • My favourite room in my house (Library)

TIDAK ADA PENDIDIKAN BERMUTU TANPA PENGAWAS SEKOLAH PROFESIONAL

Demikian judul tersebut diatas adalah Tema Seminar Pengawas Sekolah yang diselenggarakan oleh APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) Propinsi Jawa Barat yang diadakan di Aula Dinas Pendidikan propinsi Jawa Barat pada Rabu 30 Maret 2011. Pelaksanaan Seminar tersebut bersamaan dengan Pelantikan Pengurus APSI Jawa Barat masa bakti 2010 -2015.Sekalipun tidak dilantik oleh Ketua Umum APSI Pusat,dan tanpa dihadiri oleh Kepala Dinas Propinsi Jawa Barat,dan Gubernur Jabar,pelantikan itu berjalan cukup tertib.Yang penting bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh Sekjen APSI pusat perlu kita simak dan diimplementasikan di lapangan agar para pengawas menjadi tenaga-tenaga yang kompeten dan profesional.APSI agaknya hendak mengingatkan semua pihak bahwa pengawas sekolah merupakan unsur yang sangat penting yang menentukan mutu pendidikan negara ini.

Ada tiga nara sumber yang akan memberikan materi pada seminar ini,tapi sayang salah satu nya tidak bisa hadir yakni Dr.Abi Sujak.M.Sc,Tetapi materi yang disampaikan Oleh Dr.Rahmat,M.Pd dan Dr.Tita Lestari,MPd,M.Si sangat baik dan penting untuk diketahui oleh seluruh pengawas sekolah.Dr.Rahmat ;dalam websitenya (http://gurupembaharu.com) menjelaskan :

Dengan terselenggara seminar ini  peran APSI ke depan seharusnya akan lebih kuat dan berdaya untuk membantu meningkatkan mutu profesional pengawas sekolah. Ada tiga hal penting yang dihadapi oleh para pengawas pada saat ini dalam meningkatkan daya adaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan penyelesaian tugas ke depan.

Hal pertama adalah meningkatkan percepatan pengawas dalam menguasi pengetahuan, kedua meningkatkan pengawas dalam menerapkan ilmu pengetahuan terutama dalam membantu sekolah meningkatkan dalam melaksanakan penjaminan mutu. Yang tidak kalah penting adalah meningkatkan penguasaan teknologi informasi dalam menunjang kerja sama dan peningkatan efektivitas kerja.

Kondisi saat ini pengawas sekolah menghadapi tantang tugas yang kurang mendapat dukungan dalam sistem birokrasi pemerintahan. Optimalisasi kinerja pengawas tidak menjadi indikator kinerja kepala daerah. Di sisi lain, peran pengawas sekolah dalam konteks kelembagaan sebagai pembuat rekomendasi kebijakan tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Salah satu kelemahannya karena pengawas tidak berhasil mengelola informasi hasil pekerjaannya untuk dijadikan sebagai dasar pertimbangan kebijakan pemerintahan.

Masalah lain yang tidak kalah runyam adalah rendahnya daya kolaborasi pengawas sekolah. Dalam hal ini kerja sama antara korwas maupun kinerja APSI belum terlihat manfaatnya terhadap peningkatan kinerja kolaboratif dalam tataran teknis. Hal ini terlihat dari belum adanya program yang tercermin pada kelender kegiatan pengawas, prosedur operasi standar, bahkan penyeragaman perangkat administrasi standar yang wajib dipenuhi oleh pengawas sekolah untuk menjamin seluruh pengawas dapat memenuhi kriteria minimal.

Dari uraian singkat ini  kita menyambut pelaksanaan seminar untuk lebih berpikir teknis dalam rangka meningkatkan keberdayaan pengawas melalui peningkatan kerja sama. Kiat ini setidaknya akan mengurangi pola kerja berdasarkan POM (prosedur operasional masing-masing)

Dr. Tita Lestari menyajikan materi tentang Pretasi-Kerja-Pengawas-Sekolah-dan-Penilaiannya untuk memantapkan seluruh pengawas Jawa Barat dalam menggunakan Menpan-No-21-Th-2010-Tentang-Jafung-Pengawas-dan-Angka-Kreditnyasebagai pedoman pelaksanaan tugas.

Viva bravo Pengawas Sekolah !

 

 

3 Tanggapan

  1. Saya sangat setuju dengan rencana, tentang pengaturan tenaga pendidik dan kependidikan oleh pemerintah pusat.

  2. semoga semakin byk pengawas spt Bpk di kota malang.

  3. Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia sudah cukup baik jika dipandang dari sisi regulasi dan kebijakan pemerintah mulai dari UU, PP, Permendiknas dan Permen yang terkait lainnya, tetapi untuk implementasi atau pelaksanaan dari semuanya itu bahkan sebagian pun masih sangat sulit karena prinsip pejabat daerah memiliki otoritas yang kuat untuk mengatur daerahnya. Ujung tombak untuk mencapai mutu pendidikan yang merata dan ideal adalah guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang profesional. Saat ini kompetensi profesional guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah baru sebaguan kecil yang memadai, sedangkan sebagian besarnya masih rata-rata di bawah standar. Dengan kondisi daerah dalam otonomi ini sebaiknya pengelolaan pendidikan secara keseluruhan atau minimal pengangkatan dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan diambil alih oleh pemerintah pusat. Jika tidak maka segala peraturan dan perundang-undangan tentang pendidik dan tenaga kependidikan hanya akan jadi semacam slogan saja yang jauh dari kenyataan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: