• Flickr Photos

    Lebih Banyak Foto
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 337,216 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • My favourite room in my house (Library)

RIBUAN GURU BERSERTIFIKAT AKAN DI UJI ULANG

Sertifikasi guru sampai kini masih menyimpan banyak persoalan,sehingga pemerintah masih terus mencari formula yang pas dalam pelaksanaan sertifikasi guru ini,sebut saja mulai tahun ini ada Uji Kompetensi Awal (UKA) yang cukup merepotkan teman-teman guru yang akan diuji kompetensi awalnya.Ujung-ujungnya guru yang tidak lulus UKA harus ikut pembinaan dulu sehingga menghambat mereka untuk mendapatkan Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) yang sudah sangat mereka butuhkan.Tapi bagaimanapun,ini kan masalah kualitas,masalah kompetensi yang harus dikuasai Guru,namanya juga guru profesional,kalau tidak prodesional nanti kita disebut guru apa ?

Sekarang giliran guru yang sudah bersertifikat akan diuji ulang kompetensinya,apakah kita siap ? Siap atau tidak siap nampaknya pemerintah akan melaksanakannya pada tahun ini juga,simak saja statemen Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP dan PMP) Kemendikbud Syawal Gultom di Jakarta : “Ribuan guru bersertifikasi bakal di tes ulang. Mereka bakal diuji untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi mengajar. Melalui tes ulang ini kami akan mendapatkan pemetaan kompetensi para guru kita, apakah kualitas mereka akan meningkat atau tidak. Bagi yang tidak lulus tes kami akan adakan pembinaan,” (MetroTV News.com,31 Mei 2012) Menurut  Pak Syawal tes ulang dilakukan sebagai konsekuensi dari peningkatan kualitas mengajar setelah mendapat pendapatan tambahan dari tunjangan profesi dari pemerintah. Namun, ia buru-buru menegaskan tes ulang yang akan digelar tahun ini berbeda dengan uji kompetensi awal (UKA).Pada UKA, guru mengikuti tes uji berjuang mendapatkan kursi pelatihan dan sertifikasi. Sedangkan pada tes ulangan untuk mengevaluasi materi ajar dan pedagogisnya.
Adapun bentuk ujian tes ulang akan dilakukan secara online dan offline. Sistem ujian online, soal dibuat secara acak melalui komputerdan hasil ujiannya dapat diketahui langsung setelah ujian berakhir. Sedangkan bagi daerah yang belum memiliki fasilitas komputer atau internet ujian akan dilakukann secara tertulis.

Jadi,buat teman-teman pengawas,kepala sekolah,guru ,mari kita songsong uji kompetensi ini dengan lebih meningkatkan profesionalitas kita sebagai guru yang profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing.Kita harus menunjukan kepada pemerintah dan publik bahwa kita layak untuk mendapat tunjangan profesi pendidik,sehingga tidak ada lagi suara-suara sumbang yang ditujukan kepada kita karena di lapangan kita tidak menunjukan kinerja yang baik sebagai guru yang sudah “bersertifikat ” alias “Guru profesional “.

Siapkah Anda ? Semoga !!!

6 Tanggapan

  1. Sebenarnya disetiap sekolah awalnya banyak para guru yang potensial,cerdas, mempunyai kemampuan profesional dibidangnya, semangat tinggi,tulus,jujur dalam mengabdi, banyak disegani anak-anak didik, bahkan tetap disegani oleh mantan-mantan muridnya yang telah berhasil dan sukses dalam kehidupannya, bahkan ada yang telah mengabdi sampai menjelang pensiun dan pensiun, akan tetapi sayangnya diera otonomi daerah, PENGHARGAAN terhadap paraGURU yang benar-benar tulus mengabdi dan berprestasi menjalankan tugas secara profesional tsb.kurang dihargai pembinaan kerirnya, sehingga walau berprestasi sampe tuwek tidak ada yang perduli, toh akhirnya yang diangkat menjadi kepala sekolah sebagian besar adalah guru-guru yang hanya pandai bermanuper politik siluman di pusat-pusat penguasa daerah. walau demikian wahai para guru yang tulus, tetaplah mengajar dengan sebaik-baiknya, dengan hati yang ikhlas insya Allah amal jariah akan tetap mengalir. ……ayo tetap semangat !!!!!

  2. Adanya uji kompetensi ulang seperti menepak air di dulang, karena lembaga yang menyatakan guru lulus sertifikasi itu dibentuk kemendiknas, sebenarnya yang perlu diuji adalah orang-orang/ lembaga yang menyatakan guru lulus sertifikasi. Program PLPG berarti gagal dan perlu dikaji ulang.

  3. […] RIBUAN GURU BERSERTIFIKAT AKAN DI UJI ULANG […]

  4. Saya sangat setuju bahwa semua guru, kepela sekolah dan pengawas sekolah yg sdh bersertifikas harus diuji ulang oleh pemerintah pusat agar dpt diketahui peta kompetensinya masing2 guna dilakukan pembinaan secara berkelanjutan, tetapi tidak cukup dgn itu untuk menilai profesionalitas guru/kepsek/pengawas kalau pengelolaan pendidikan masih tetap ditangani pemerintah daerah banyak yg tidak mau menghiaukan peraturan2 pemerintah pusat, karena semahir/seahli bagaimanapun guru/kepsek/pengawas kalau tidak didukung dgn kebijakan dan sistem yg ada di daerah tidak akan menunjukan kinerja yg optimal apalagi sistem yg didominasi oleh kepentingan politik praktis para elit politik di daerah. Harapan bangsa kita mencapai pendidikan yg berkualitas yg di dihasilkan oleh guru/kepsek/pengawas yg profesional melainkan pemerintah pusat melksanakannya sendiri semua peraturan perundangan yg dibuatnya, dlm hal ini kementerian dikbud mengambil alih pengelolaan pendidikan secara nasinal minimal penglolalaan guru, kepsek dan pengawas sekolah. Semoga dapat terwujud.!!!

  5. saya mendukung prgram pemerintah adanya uji ulang kompetensi guru asal maksud dan tujuannya jelas demi peningkatan kualitas sdm pendidik , jangan uji kompetensi dijadikan satu cara utk menghambat tunjangan .

  6. Terima kasih informasinya pak, Siap atau tidak semua guru harus bebrbenah dalam meningkatkan kompetensi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di indonesia.
    salam kenal dari Belajar TIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: