• Flickr Photos

    Lebih Banyak Foto
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 343,903 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • My favourite room in my house (Library)

Banyak Guru Hindari Jabatan Pengawas

SEMARANG- Keberadaan pengawas sekolah tidak difungsikan dengan baik. Padahal, tugas pokok pengawas sekolah melakukan supervisi, terutama supervisi akademis.  ”Meski tak meninggalkan supervisi manajerial, supervisi akademis menjadi tekanan tugasnya,” kata Ketua PGRI Jawa Tengah Dr H Soebagjo Brotosedjati MPd, belum lama ini di kantornya.

Dia menilai, keberadaan pengawas sekolah sejak perekrutan hingga  penugasan tidak efektif. ”Ada yang tidak pernah jadi guru dan tak pernah jadi kepala sekolah tahu-tahu jadi pengawas. Hal ini jelas tidak mungkin bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tutur dia didampingi wakilnya Widadi SH dan Wakil Sekretaris PGRI Jateng Dra Hj Sri Sutjiati MHum, dan Humas PGRI Jateng Agus Wismanti SPd MPd.

Menurutnya, penghargaan kepada pengawas memang tidak semuanya berlebihan. ”Kalau seseorang mau dijadikan pengawas, mereka merasa galau, salahku apa, dosaku apa. Bahkan ada yang beranggapan lebih baik jadi ‘raja kecil’ atau kepala sekolah daripada menjadi pengawas. Ini kenyataan,” tuturnya.

Soebagjo menambahkan, yang namanya pengawas sekolah hampir disebut ”buangan”. ”Ya daripada tidak mendapat jabatan apa-apa, jadi pengawas wae,” ujarnya.

Yang memprihatinkan, pengawas sekolah juga tidak diberikan fasilitas yang menyebabkan dia berwibawa. ”Katakanlah dulu jadi kepala sekolah naik mobil, tapi setelah jadi pengawas, kendaraan dinasnya roda dua etek-etek, karena tidak dibiayai untuk mobilitas. Hal ini harus dianalisis. (E1-37)

( Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/08/27/196642/16/Banyak-Guru-Hindari-Jabatan-Pengawas )

Iklan

9 Tanggapan

  1. Selamat bertugas sesuai dengan tupoksinya, pak pengawas….

  2. Hidup pengawas!

  3. Jenjang karir guru – kepala sekolah – pengawas ?

  4. fasilitas menjadi pengawas memang tidak sebanding dengan tanggung jawabnya, tapi yang terpenting walaupun fasilitas tidak berlebih yang penting harus senantiasa amanah. salam kenal pak dari magelang 🙂
    @.Makasih telah berkunjung kesini.Salam.

  5. kalau kita berpikir ….sebenarnya; pengawas mengemban beban yang berat jika tanpa didsari sesuatu yang prinsipel tanpa ditunjang pengetahuan tentang dunia pendidikan, jadi sangat wajar bila ada yang gak berani menjadi pengawas, mungkin menyadari kekuranganya dalam dunia
    pendidikan

  6. Ya. Kalau ngga ngerti masalah guru dan metode pendidikan, mana bisa jadi pengawas yang baik.

  7. mobilnya beli sendiri aja….

  8. Pengawas sekolah di Karawang sekarang, kan sudah diberi speda motor. Mudah-mudahan mobilitasnya lebih tinggi dan berkualitas.
    Saya rasa, sebuah pengabdian, tak perlu dihargai atau tidak, selama kita meyakini bahwa yang kita kerjakan adalah sesuatu yang bermanfaat buat bangsa.
    Soal kendaraan roda empat, lebih baik pake motor tanpa harus memikirkan setoran perbulan, ketimbang pake mobil, tapi ngosngosan cari duit buat setor cicilan.
    @. Betul Pak Kasim,Alhamdulillah pengawas di kab.Karawang sudah mulai diperhatikan,Bahkan untuk menjadi pengawas di karawang tidak mudah,karena harus melalui seleksi dan rekruitment yang sesuai dengan aturan main yang berlaku.

  9. informasi yanag sangat bermanfaat, terima kasih…………….. dari pengawas SMA di Lombok Tengah NTB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: