• Flickr Photos

    Lebih Banyak Foto
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 343,903 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • My favourite room in my house (Library)

AKANKAH KURIKULUM 2013 BERUBAH KEMBALI ?

PusingMemperhatikan Implementasi Kurikulum 2013 di sekolah ternyata sangat beragam.Ada sekolah yang sudah mampu melaksanakannya dengan baik,ada juga sekolah yang ternyata masih “status quo”,artinya “gong” kurikulum 2013 nya sudah “membahana” tetapi implementasinya belum berbuat apa-apa karena “minimnya” ilmu tentang kurikulum 2013 yang masih belum “tersosialisasikan secara efektif”.Ini terjadi di lapangan,bukan saja di sekolah negeri yang sudah menyandang predikat “terakreditasi A”,terlebih lagi di sekolah swasta yang guru-gurunya minim “pelatihan” dan tidak memiliki guru yang berstatus :IN (Instruktur Nasional).

Kalau kita perhatikan,betapa reportnya sekolah yang harus melakukan “banyak hal”.Misalnya;sekolah harus merubah Dokumen KTSP menjadi KTSP berbasis Kurikulum 2013,Guru Kelas VIII mata pelajaran Bahasa Indonesia, matematika, PPKN, IPA,IPS harus melakukan “Matrikulasi” KD (Untuk sekolah yang tahun 2013 belum melaksanakan Kurikulum 2013),mereka itu jangankan sudah melakukan Matrikulasi materi ajar,melaksanakan “penilaian pembelajaran” saja mereka masih “abu-abu”.Terlebih penilaian sikap yang membutuhkan instrumen untuk obervasi,penilaian diri,penilaian antar teman,dan jurnal yang jumlahnya relatif banyak : “REPORT” itu ungkapan yang dilontarkan teman-teman guru di lapangan.Belum lagi lahirnya aturan-aturan (“permendikbud produk 2014″) yang belum disosialisasikan seakan-akan mengaburkan guru karena mereka bertanya :”Permen yang mana sih yang dipakai ?” “Apakah permendibud no sekian tahun 2014 ” sudah berlaku ?’ dsb.dsb.

Sebenarnya pemerintah sudah berupaya banyak untuk ini;Dengan dilatihnya para Pengawas,Kepala Sekolah,dan Guru ; baik di Pusat, propinsi dan kabupaten melalui program pendampngan Kurikulum 2013.Tetapi ini berdampak kepada efektifitas pembelajaran di kelas menjadi kurang efektif,karena guru banyak meninggalkan jam di kelas karena harus melakukan In dan on service kurikulum 2013.dan ini menyangkut banyak guru.

Melalui posting ini saya tidak bermaksud menambah buramnya implemntasi kurikulum 2013 di lapangan,tetapi ini fakta di lapangan yang harus disorot oleh pemerintah,karena kita semua maklum bahwa semester /tahun ini merupakan transisi,dan pendampingan di lapangan masih berjalan.Mudah-mudahan dalam kurun waktu 1 tahun ke depan kurikulum ini dapat dilaksanakan dengan baik di lapangan.Karena suka atau tidak suka tetap ini aturan pemerintah yang harus kita dukung di lapangan.

Entahlah,kalau hasil kunjungan Pak Anis Baswedan ke sekolah-sekolah akan “merubah”pikiran beliau untuk “berbuat sesuatu”dengan kurikulum ini.Wait and see !

Selamat bekerja sahabat-sahabatku guru ! Tuhan akan membalas semua kebaikan anda !

Amiin.

Iklan

2 Tanggapan

  1. Nenek moyang bilang “Hargailah karya orang lain”
    Berubah itu pasti, tapi dibuang ditempat sampah menyakitkan hati.
    Seandainya tidak berkenan ya di evaluasi dan disesuaikan dengan program NAWACITA. Itu akan lebih manis bila dibanding dengan kerugian yang ditanggung negara bila di buang ditempat sampah
    Jawa Timur sudah 80 % (Kadinprof)

  2. Bagaimanaa untuk bisa memperoleh guru yang berstatus IN (instruktur guru)
    @.IN itu dipilih oleh Dinas pendidikan setempat,biasanya guru mapel yang aktif di MGMP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: