• KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Di akhir zaman nanti banyak wabah penyakit yang melanda manusia di dunia,hanya umatku yang terhindar karena mereka memelihara wudhu nya"

    ( HR Thabrani)

    Jauh hari sebelum WHO mengkampanyekan ihwal cuci tangan umat islam sudah diajari Nabi sejak 14 abad yang lampau.

    " Jika salah seorang dari kalian terbangun dari tidurnya,janganlah dia memasukan tangannya ke bejana air sebelum membasuhnya tiga kali,karena dia tidak tahu dimana tangannya bermalam" (HR Muslim)

  • Kategori

  • Arsip

    • 404.071 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • Tidak ada gambar Instagram yang ditemukan.

Peluncuran Merdeka Belajar Episode ketujuh “PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK”


Sampai dengan tahun 2020 Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia telah meluncurkan 6 terobosan baru program merdeka belajar untuk terus memajukan pendidikan di Indonesia. Ttransformasi pendidikan Indonesia dimulai dari program Merdeka Belajar episode pertama yang mengganti Ujian Nasional, menghapus penerapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, menyederhanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta mengatur zonasi penerimaan peserta didik baru agar mengakomodasikan ketimpangan akses dan kualitas pembelajaran. Episode kedua yaitu Kampus Merdeka. Pada program ini Mendikbud mengatakan “kita ingin melakukan kolaborasi antara universitas dengan berbagai macam pihak-pihak di luar universitas untuk menciptakan prodi prodi baru.” Episode ketiganya adalah Perubahan mekanisme penyaluran dan penggunaan dana BOS. Seperti diungkapkan Mendikbud “Untuk penggunaan Bosnya juga diberikan fleksibilitas”, di mana hal ini merupakan langkah pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu menyejahterakan guru guru honorer yang memang layak untuk mendapatkan upah yang lebih layak”. Episode keempat yaiu Program Organisasi Penggerak. Mendikbud mengharapkan paradigma Kementerian Pendidikan Kebudayaan itu akan berubah menjadi jauh lebih gotong royong. Kemendikbud akan menggerakkan sekolah-sekolah dengan yang namanya organisasi penggerak. Episode kelima yaitu Program Guru Penggerak. Menurut Mendikbud, Reformasi pendidikan di Indonesia harus berawal dan berakhir kepada guru. Guru penggerak adalah ujung tombak perubahan transformasi pendidikan kita”. Selanjutnya transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi sebagai episode keenam dari program merdeka belajar ini. Menurut Mendikbud sebagai upaya pengembangan Merdeka belajar di lingkungan dunia pendidikan terobosan pendanaan yang fundamental untuk akselerasi tercapainya Indonesia maju, telah disiapkan.
Tidak berhenti sampai di situ diawal tahun 2021 ini Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia kembali meluncurkan terobosan Merdeka belajar episode ketujuh yaitu program Sekolah Penggerak sebagai bentuk nyata upaya mewujudkan SDM unggul untuk Indonesia maju.
Inilah Video Peluncuran Merdeka Belajar Episode ketujuh Program Sekolah Penggerak yang tayang pada 1 Februari 2021.

https://youtube.com/watch?v=kJ5oW44DTzg&feature=youtu be

(Cucu Hadiati, Pengawas SMP, Disdikpora Karawang)

Satu Tanggapan

  1. Ayo Pengawas,Kepala sekolah,dan Guru semangat untuk meningkatkan mutu pendidikan kita

Tinggalkan komentar