• KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Di akhir zaman nanti banyak wabah penyakit yang melanda manusia di dunia,hanya umatku yang terhindar karena mereka memelihara wudhu nya"

    ( HR Thabrani)

    Jauh hari sebelum WHO mengkampanyekan ihwal cuci tangan umat islam sudah diajari Nabi sejak 14 abad yang lampau.

    " Jika salah seorang dari kalian terbangun dari tidurnya,janganlah dia memasukan tangannya ke bejana air sebelum membasuhnya tiga kali,karena dia tidak tahu dimana tangannya bermalam" (HR Muslim)

  • Kategori

  • Arsip

    • 404.071 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • Tidak ada gambar Instagram yang ditemukan.

MGMP KOMISARIAT CIKAMPEK MAJU BERSAMA GURU-GURU HEBAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Oleh: Cucu hadiati, S. Pd.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Karawang senantiasa berupaya melakukan peningkatan mutu pendidikan di lingkungannya melalui berbagai macam cara dan kegiatan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kompetensi gurunya melalui wadah forum MGMP. Sebagai salah satu kegiatan dari Rencana Tindak Lanjut ToT (Training of Trainer) bagi para pengurus MGMP komisariat se-kabupaten Karawang pada tanggal 7,8, dan 9 Desember 2020 lalu, adalah mendiseminasikan kepada MGMP di komisariat masing-masing. Terdapat enam komisariat yaitu komisariat wilayah Rengasdengklok, Telagasari, Telukjambe, Karawang Kota, Cikampek, dan Cilamaya, dengan sebelas kelompok MGMP (dari sebelas mata pelajaran). Masing-masing pengurus MGMP komisariat berkoordinasi dengan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) masing-masing untuk kegiatan diseminasi hasil ToT tersebut.

Untuk wilayah Komisariat Cikampek, hasil koordinasi antara pengurus MGMP dengan MKKS Wilayah komisariat Cikampek, disimpulkan, akan dilaksanakan diseminasi dalam tiga kali pertemuan dengan system daring, dengan peserta guru sebelas mata pelajaran dari semua sekolah di wilayah komisariat Cikampek. Ke-sebelas mata pelajaran tersebut adalah Bahasa Indonesia, PKn, PAI, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Penjas, Basa Sunda, Seni Budaya, dan BK. Masing-masing mata pelajaran disertakan guru sebanyak lima belas sampai duapuluh orang. Adapun materi yang akan disampaikan adalah Penyusunan RPP pada masa PJJ, Model-model Pembelajaran interaktif, Pembuatan video pembelajaran dan Sosialisasi Program Guru Penggerak, dengan nara sumber guru yang mengikuti ToT pada bulan Desember dan Pengawas Pembina di Wilayah Komisariat Cikampek.

Hari pertama pelaksanaan kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Karawang, Bapak Drs. H. Asep Junaedi, M. Pd., yang disampaikan secara daring melalui zoom meeting pada Rabu, 17 Februari 2021 pukul 08.00 WIB. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan kebanggaannya atas kiprah teman-teman guru yang semangat dalam mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi guru ini. Dan beliau mengajak agar para guru senantiasa mengikuti kondisi terkini dalam menerapkan pembelajaran di sekolah, pada masa pandemic seperti sekarang. Beliau juga menyampaikan apresiasi atas kinerja teman-teman pengurus MGMP dan MKKS dalam menyikapi program-program dari Dinas Pendidikan.

Selanjutnya disampaikan sambutan oleh salah seorang pengawas Pembina wilayah komisariat Cikampek, yang disampaikan melalui video, sebagai salah satu bentuk pemodelan dan motivasi kepada para peserta MGMP, agar menjadi contoh bagi mereka untuk membuat video pembelajaran dalam pembelajaran di kelasnya masing-masing. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama mengenai pembuatan RPP pada masa pembelajaran jarak jauh, disampaikan oleh Bapak Eko Marwanto, S. Pd., guru Bahasa Indonesia dari SMPN 1 Purwasari. Kemudian diakhiri dengan pemberian tugas mandiri kepada peserta dan penyampaian informasi untuk waktu pelaksanaan berikutnya yaitu hari Sabtu, 20 Februari 2021 dengan materi Sosialisasi Program Guru Penggerak dan materi Pembuatan Video Pembelajaran.

3 Tanggapan

  1. Mantul sadaya

  2. Mantuuul lah Bu Cucu

Tinggalkan komentar