• Flickr Photos

    More Photos
  • blog-indonesia.com
  • KALIMAT RENUNGAN

    ikon4

    "Kalimat yang baik itu seperti pohon yang baik,akarnya teguh,dan cabangnya (menjulang) ke langit"

    (Ibrahim : 24)

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang dapat merumuskan prinsip-prinsip,menyegarkan jiwa,menggerakan generasi,dan mendirikan sebuah bangsa.

    Kalimat yang baik adalah kalimat yang memperbaiki kesalahan,mengukuhkan keadilan,meringankan kebatilan, dan menghapus penyelewengan.

    Kalimat yang baik adalah cara kerja,keuntungan masa lalu,musik penyemangat hari ini,dan harapan yang menjanjikan di masa mendatang

    ( Sentuhan Spiritual Aidh al Qarni : Dr.’Aidh al-Qarni )
  • Kategori

  • Arsip

    • 280,545 Hits
  • Alat Penerjemah


    google translate
  • BLOGROLL

  • Mendiknas: Mulai 2010 TUNJANGAN PROFESI GURU PNS PERIODE 2007 DAN 2008 DIBAYARKAN MELALUI BUPATI

    image001Mulai tahun 2010 tunjangan profesi untuk guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi yang sertifikasinya telah selesai periode tahun 2007 dan 2008 maka tunjangan profesi digabungkan dengan gaji bulanannya dan dibayarkan langsung melalui Bupati.
    Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo pada dialog bersama para pemangku pendidikan di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Senin (31/08/2009)
    “Pak Bupati yang membayar. Jadi langsung di dalam gaji sudah termasuk tunjangan profesi,” katanya.
    Adapun bagi yang lulus sertifikatnya tahun 2009 masih dibayarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) langsung ke rekening. “Hanya yang tahun terakhir saja (dibayarkan oleh Depdiknas). Ketika diyakinkan betul bahwa gurunya dan namanya betul, bahwa dia sudah S1, sudah lulus sertifikasi, sudah tidak ada kesalahan lagi maka kemudian dia menjadi permanen. Tunjangan permanen melekat pada gaji,” kata Mendiknas.
    Mendiknas menyampaikan, sertifikasi profesi hanya diperuntukkan bagi guru dan bukan ditujukan bagi kepala sekolah maupun pengawas sekolah. Namun demikian, kata Mendiknas, karena untuk menjadi kepala sekolah adalah harus seorang guru maka dia harus bersertifikat. “Sertifikasi itu adalah untuk guru bukan untuk kepala sekolah. Tidak ada sertifikasi kepala sekolah dan tidak ada sertifikasi pengawas. Yang ada sertifikasi guru.
    Mendiknas menjelaskan, kepala sekolah wajib mengajar minimal enam jam jika ingin mendapatkan tunjangan profesi. Sementara bagi pengawas, kata Mendiknas, kalau dia seorang guru maka dia harus bersertifikat. “Kalau ada pengawas yang bukan guru maka tidak perlu ikut sertifikasi dan tidak perlu ikut menikmati tunjangan profesi,” katanya.
    Bupati Ogan Ilir Mawardi Yahya menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) telah mengalokasikan uang tambahan atau uang perangsang bagi seluruh guru. Jumlah uang tersebut dibedakan berdasarkan letak wilayah atau zona tempat guru itu mengajar.
    Zona tersebut mulai dari daerah yang paling dekat dengan jalan negara sampai ke daerah terpencil berturut-turut adalah A, B, C, dan D. Untuk guru negeri mendapatkan uang transport zona A Rp.150.000,00; zona B Rp.250.000,00; zona C Rp.350.000,00; dan zona D Rp.450.000,00. “Termasuk guru-guru swasta Rp.200.000,00 per bulan,” katanya.*** GIM

    (Sumber: http://www.depdiknas.go.id/)

    About these ads

    231 Tanggapan

    1. pak apa dana sertifikasinya daerah wajo udah keluar/blom si…??

    2. ass . . apakah tunjangan propesi pendidik yg belum dibayar thn 2010 dan 2011 tetap akan terbayarkan nanti.dan saya lulus thn 2008.sebagai guru kelas 6 di sd.serta sudah dibayarkan thn 2009.tapi 2012 sudah terbyarkan lagi.terimakasih atas perhatiannya.wass

    3. Tunjangan sertifikasi saya TW I& II bulan 2012 belum di bayarkan sampai sekarang

    4. Mohon kpd pejabat yang mengurusi TPP, untuk angkatan 2009 masih ada setahun tunjangan yang belum cair. Mohon diperhatikan dengan setulus-tulusnya.

    5. saya sudah bertanya disdik tingkat kota,disdik tingkat propensi,dan lpmp jawabannya sabar karena belum ada sk perintah bayar dari pusat.dan saya sudah terima TPP tahun 2009 sebanyak satu tahun.terimakasih atas bantuannya

    6. apakah tetap dibayarkan TPP bagi guru yg belum terbayarkan periode thn 2010 dan 2011.sedang saya lulus fortovolio thn 2008.saya sangat mengharapkan bantuannya dan bagaimana solusinya.terimakasih banyak sebelumnya.
      @.Harus tetap dibayarkan ,Pak.Bahkan yang kekurangan 1 bulan saja pada 2009,akan dibayarkan pada bulan Oktober 2013 pada APBN Perubahan.Coba bapak telusuri mulai dari disdik,dimana masalahnya.

    7. Mohon penjelasannya Pak. Saya guru SMP mengajar Bahasa Inggris dan ditawarkan pindah ke SMK menagajar Bahasa Inggris juga, Apakah akan ada masalah dengan penerimaan tunjangan sertifikasi saya?
      @.Sertifikat bapak tetap melekat sekalipun pindah sekolah,yang penting ketika ada verifikasi data di disdik bapak harus lapor ke disdik.

    8. ni sudah bulan nopember kami guru dari kbb baru menerima tunjangan sebanyak 7 bulan kapan sisa nya akan dibayar?

    9. Ass. .kapan sisa TPP 2012 dibayarkan,kami sudah terima 7 bulan.apalagi kami sebagai guru kelas di SD.Wass

    10. saya sudah bertanya ke DISDIK TK.I dan DISDIK TK.II MAKASSAR serta LPMP mengenai masalah TPP saya 2010 dan 2011,tapi tetap belum ada bayangan kapan dibayarkan TPP saya.mohon bantuannya pak,dan saya lulus portofolio 2008

    11. lulus sertifikasi tahun 2008 dan pernah dibayarkan tunjangan sertifikasi lewat rekening bri pada tahun 2009.tapi pada tahun 2010 dan 2011 tidak pernah dibayarkan.nanti 2012 dibayarkan lagi lewat bpd.saya adalah guru kelas 6 di sd.bagaimana penyelesaiannya itu.
      @. Meskipun ada perpindahan rek bank tetap saja pada 2010-2011 TPP bapak harusnya sudah diterima,Sebaiknya bapak tanya ke Disdik setempat,mudah-mudahan TPP bapak dibayarkan sekaligus hampir 2 tahun.semoga.

    12. Yth:Pak Menteri
      pak saya lulusan sertifikasi tahun 2006-2008 mau nanya kebenaran informasi bahwa akan ada uji kompetensi kembali gimana maksudnya itu pak ?terima kasih

    13. mohon penjelasan bagi yang mengetahuinya..! Seorang Guru SMP sudah sertifikasi pindah tugas ke SMA bidang pengajaran sama alasan karena dibutuhkan. Apakah dia PLPG lagi /tidak?
      @.Kalau menurut saya sih tidak akan di PLPG lagi karena sertifikasi itu melekat.

    14. Pak….apakah Nomor rekening yang tidak berubah berdasarkan SK Dirjen Tahun 2012 bagi guru yang sudah sertifikasi tidak perlu dibuka rekenig baru ? karena nomor rekening saya masih tetap. Thanks sebelumnya……..
      @.Tidak perlu,Trims sudah mampir di blog ini.

    15. Pak NRG sy berbeda antara SK mentri waktu pencairan tunjangan propesi dengan yg dikeluarkan dinas dri internet, yg bener yg mana y? Kemana sy hrus bertanya?
      @.Yang bener yang ibu terima pertama kali,kalau salah cek di disdik,kalau mentok harus ke pusat.

    16. Mksd sy pencairan tunjangan sertifikasi periode 2006 – 2010 yg tahun 2012 Pak… Soalny ada kbar April 2012… Bolak balik ke atm kok blum ada jg…
      @.Benar ,bu.masih dalam proses.Di Kab.Karawang saja kita sedang direpotkan oleh keharusan pindah rekening;dari BRI ke bank Jabar (BPD).

    17. Ass. Mau tnya pencairan tunjangn sertifikasi tahun 2006- 2010, kpan y…
      @.Waalkm. salam,Bu sekarang udah mau pencairan periode Januari-desember 2012.kalau periode 2006-2010 belum cair perlu di cek tuh di disdik setempat,kemana nyangkutnya ??

    18. kenapa sertifikasi tidak berlaku bagi pengawas ????
      @.Sertifikasi berlaku bagi pengawas,kan sekarang juga berlaku.

    19. Pak Menteri tanya ya, apa benar ada aturan tentang syarat guru yang menjabat sebagai kepala laboratorium atau kepala perpustakaan dapat dicairkan tunjangan sertifikasinya setelah ybs menjabat tugas tsb minimal selama 3 tahun meskipun ybs mempunyai kinerja yang baik dan sudah memiliki sertifikat sebagai kepala laboratorium atau kepala perpustakaan, kalau betul ada diaturan yang mana?

    20. Yth. Pak Menteri
      Ass.. untuk sertifikasi tahun 2006 s.d. 2010 kapan SKTPnya mulai diupload soalnya setiap kali ngecek yang muncul selalu SKTP tahun 2010 dan kekurangan satu bulan tahun 2010 kapan mau dibayarnya????
      Terima kasih.

    21. Yth.Pak Menteri
      Ass.. untuk sertifikasi 2006 s.d. 2010 kapan SKTPnya mulai diupload, soalnya setiap kali ngecek yang muncul selalu SKTP tahun 2010 dan untuk kekurangan satu bulan tahun 2010 kapan mw dibayarnya????
      Trima kasih.

    22. Ass. Mau tanya Pak..kalo pencairan tunjangan sertifikasi periode 2011 kpn cairnya berhubung sertifikat blum keluar, sdang pemberkasan sdah dimulai sekarang…
      @.Kalau bocorannya bulan April.

    23. Skrg dah tnggal 19 maret… Ditunda lg y pak… Kalau mau liat di intrnet ,alamat linkny apa y …

    24. Ass. Mau tny kalo pngumuman sleksi peserta sertifikasi, periode 2012 sdah ada blum.. Kira2 tnggal berapa y… Mksh..
      @.Infonya sih 18 Maret 2012,bu.

    25. Assalamualaikum.. Mau tny kalau pncairan tunjangan profesi periode 2006- 2010 kpan y.. Berhubung kmi sdh didata lg… Ada kabar bulan april.. Dan biasanya dana dekon lbh lambat .. Knp y… Trimakash…
      @.Infonya sih bulan April,Lambat karena dananya “ngendap” dulu di kas daerah.

    26. Terimakasih

    27. Apakah tunjangan sertifikasi akan hilang jika yang bersangkutan mutasi ke daerah yg berbeda?
      @.Tidak bu,nanti ada pendataan Ulang di tempat yang baru.

    28. Ass. Mau tanya, kalau yg sudah sertifikasi tugas di SMA kab kuningan kemudian mengajukan pindah tugas ke SMA cirebon, apakah sertfikasinya tidak hilang?
      @.Waalaikum Salam,Insya Allah tidak,bu.Yang penting Ibu sudah punya Sertifikat Pendidik.

    29. Ass.mohon data guru penerima tunjungan daerah terpencil, diinfromasikan kepada msyarakat, biar masyarakat tahu apakah benar guru yang bersangkutan telah menjalankan tugas dan kewajibannya (layak) atau tidak. jngan sampai program untuk tunjungan guru daerah terpencil ini, disalahgunakan oleh orang2 yang cuma mengambil keuntungan, padahal mereka tidak benar2 mengabdi dan menjalankan tugasnya.Data itu sangat diperlukan sebagai kontrol masyarakat terhadap penggunaan anggran negara yang dikeluarkan oleh pemerintah,karena sudah ada kecurigaan, guru yang direkomendasikan mendapat tunjangan berdasarkan bergaining (twar menawar) oleh oknum2 yang tidak bertanggung jawab.trim kasih.khususnya data untuk Propinsi Kalimantan Barat.

    30. apakah benar unrtuk guru sertifikasi tahun 2011 yang swasta inpasing akan dilaksanakan secar otomnatis sesuai dengan masa kerja guru yang bersangkutan

    31. Sy sdh 28th sbg guru, dan skrg dapt tugas belajar di UNY 2010, tp knp tunjanagan Profesi sy di cabut ?
      1. apa alasannya ?
      2 apa dasar hukumnya ?
      3. Thank’s.
      @. Mungkin ini jawabannya :
      PP No 74 Tahun 2008 pasal 63 ayat (2):
      Guru yang tidak dapat memenuhi kewajiban
      melaksanakan pembelajaran 24 (dua puluh empat)
      jam tatap muka dan tidak mendapat pengecualian
      dari Menteri dihilangkan haknya untuk mendapat
      tunjangan profesi, tunjangan fungsional atau subsidi
      tunjangan fungsional, dan maslahat tambahan.

    32. th 2010 , untuk kami 7 guru slb pns kota semarang , TPP kami sudah gak keluar , karena kami sudah lulus sertifikasi 2009 , tapi kenapa sampai sekarang tunjangan sertifikasi yang th 2010 gak cair -cair juga ? kalau yang 2011 kami ber 12 sudah cair pak , alhamdulilah , insyaalloh sangat bermanfaat bagi kami , trims

    33. yth bapak menteri pendidikan . saya Retno mengajar pada SLB Dharma Mulia Semarang , lulus plpg th 2009 no 09036302711455 , kami 7(tujuh) guru PNS dan 5(lima ) guru swasta , semua mengajar pada slb kota semarang , kami lulus plpg th 2009 , kami ingin menyampaikan bahwa tunjangan sertifikasi kami th 2010 sampai sekarang belum cair , padahal kami sudah pemberkasan berulang-ulang , dan setiap kami tanyakan ke dinas selalu disuruh sabar , dan sk pencairan sampai sekarang belum turun , pak teman -teman kami seperjuangan plpg sudah menikmati tunjangan sertifikasi 2010 dengan lancar , hanya kota semarang saja pak yang belum cair .yang ingin kami tanyakan , kapan tunjangan sertifikasi kami bisa cair pak ? benarkah tunjangan sertifikasi kami sudah tidak bisa dcairkan ila lagi? kalau benar wah kasihan banget nasib kami pak , mohon maaf bila ada salah kata , mohon dibalas , kami ucapkan terimakasih , hormat kami , Retno S,Pd nip : 195812101982032005.

    34. sy guru dari kb pelalawan RIAU. sy blm terima tunjangan sertifiksi, sy lulus th 2010, teman2 sy sdh terima, sy sdh menanyakan ke dinas kab dan propinsi, jawab mereka SK pencairan blm terbit. bagaimana ini?
      @.Sabar aja bu,pasti akan cair,karena ada yang melalui dekon (Propinsi) dan ada yang melalui kas daerah (Pemda).

    35. Ass. Teman-teman Seperjuangan di Tasikmalaya juga untuk Uang Sertifikasi angkatan saya 2008, yang satu bulan tahun 2010 belum diterima..Bagaimana ini…?

    36. Nyow kabar, tunggakan sertifikasi 2010..??? th 2011 udh mau tutup tahun,blm jg lunas ….

    37. apa benar telah terbit surat edaran tentang tunjangan sertifikikasi bagi gtt sekolah negeri dilingkungan kemendikbud. karena saya gtt pai smp negeri sudah sertifikasi lulus tahun 2008 tetapi tidak bisa mencairkan dana tunjangan tersebut terbentur aturan, bahwa yang dapat mencairkan adalah gt/gty. Asumsinya guru tetap di sekolah negeri adalah PNS sedang GTT tidak bisa menjadi guru tetap. njur pripun ……..??????

    38. Yth. pihak berwenang,
      Kpn pencairan tunjgn profesi angktn 2010 melalui dana dekon utk jenjang SMA/SMK Kota Tegal dicairkan?, Padahal yang melalui dana transfer sudah menerima 9 bulan., sementara akhir tahun 2011 tinggal 1,5 bulan lagi. Mohon perhatiannya, terimakasih

    39. Adakah yang tahu jumlah nominal yang diterima guru sehubungan denga adanya pembayaran kekurangan uang sertifikasi yang 10%?

    40. apakah sudah ada fakta bahwa sertifikasi melekat pada gaji? klo iya tolong siapa n daerah mana yang sudah? saya sertifikan thn2008 kab.bandung barat. sampe sekarang keterlambatan tahun 2010 des blum di bayarkan trus yang 2011 baru dibayar 5 bulan itu pun di cicil bagaimana solusinya? apa ada yang bisa bantu? trim
      @.Sesungguhnya itu program mendiknas lama (Bambang Sudibyo) tapi karena menterinya ganti…ya biasa,ganti lagi kebijakannya,padahal ini yang diharapkan semua guru di republik ini.

    41. suatu kemajuan jika tunjangan sertifikasi guru digabungkan dengan gaji dan dibayarkn setiap bulan, namun apakh daerah sudah siap dengn kebijakn pemerintah pusat itu..? jangan2 justru menjadi sumber persoaln baru akibat ketidakprofesionalan daerah dlm mengelola pembayaran tunjangan sertifikasi guru tersebut. Semoga itu menjadi kenyataan bagi guru di daerah dan bisa dinikmati setiap bulan tunjangan sertifikasi guru itu … tanpa ada potongan2 yg tidak jelas… yang merugikan para guru …. wallahuallam bissawabh …

    42. tolong permasalahan di tasikmalaya kota diperhatikan, sudah 3 kali pencairan kurang satu bulan. jadi 3 bulab tidak dicairkan

    43. Pemerintah mengatakan bahwa pembayaran sertififkasi dilakukan secara transparan dan akuntable tapi pada kenyataannya tidak sama sekali justru kami melihat sebaliknya ketidakadilan karena kami sama-sama lulus pada angkatan yang sama yaitu 2010 tetapi sampai Oktober 2011 kami masih menunggu dan gigit jari. Yng lebih menyedihkan lagi 2009 pun di th 2011 ini juga belum keluar dikarenakan birokrasi yang berbelit-belit. Yang kami tahu kami bekerja semaksimal mungkin. meningkatkan profesionalisme, prestasi anak, dan kinerja kami juga memenuhi semua syarat yang tercantum di internet, tetapi sayang rasa keadilan dr pemerintah iut tidak ada ditambah lagi birokrasi yang berbelit menambah keputusasaan kami terhadap pencairan sertifikasi kami. Kami berharap di tahun-tahun mendatang pemerintah lebih mempermudah, lebih adil, lebih memperjelas aturan, lebih trnasparan shg lebih akuntable dan kami bekerja lebih nyaman tidak terus dihinggapi rasa gelisah dan kecewa karena kebijakan pemerintah yang tidak sama dlm waktu pembayaran sertifikasi kapada kami.

    44. kapan sisa pencairan tunjangan sertifikasi yang lulus tahun 2010 akan dibayar (yang belum dapat sama sekali) ?

    45. pak, kapan sisa uang sertfikasi guru tahun 2010 di Bireuen-NAD sebanyak 4 bln lagi akan dibayar ??????????????????????

    46. Utk guru swasta di surabaya yang lulus sertifikasi tahun 2009 mengeluhkan diknas surabaya karena pencairan tahun 2010 hanya 10 bulan saja yang 2 bulan belum dicairkan ( pencairan pertama 6 bulan, pencairan kedua 4 bulan ). Setelah itu masuk pencairan 2011 selama 6 bulan itupun lambat cairnya. Mohon KPK memeriksa 2 bulan yang belum dicairkan ini sepertinya dikorupsi.

    47. Mengapa tunjangan sertifikasi guru di kabupaten lebak yang mestinya sudah cair masih banyak yang belum cair ?
      dan kapan kira-kira pencairannya ?

    48. maaf pak, kalau sk dirjen yang diterbitkan tahun 2010 cari dimana ya? masalahnya tunjangan profesi saya yang 2010 belum cair padahal yang sebelumnya tahun 2008,2009 sudah cair.katanya kalau ingin cair harus pemberkasan lagi dengan menyertakan no sk dirjen yang tahun 2010

    49. Pak, menjelang idul fitri 2011, Rapel kenaikan gaji 10% (Jan-April 2011), Rapel beras 2009,uang minum tidak ada lagi, tunjangan daerah tidak ada lagi, Tunjangan sertifikasi 2010 belum, apalagi yang 2011. Tolong perhatikan nasib guru pns di Kab. Bireuen NAD pak. Kemana Lagi kami mengadu. Apa kami harus mogok atau demo dulu ????????????

    50. Pak, Saya lulus sertifikasi melalui jalur porto folio tahun 2009. Mau tanya kapan 4 bulan sisa tunjangan sertifikasi 2010 yg belum dibayar akan cair ???. Kami PNS Kab. Bireuen-NAD selalu dilambatkan masalah pembayaran uang apa saja, Kabarnya sih, di DEPOSITO kan dulu oleh Pemda
      @.Bulan Agustus ini pasti cair.

    51. saya guru sertifikasi kuota 2010 tetapi sampai dengan tanggal 20 Agustus 2010 ini belum juga cair padahal untuk kuota tahun sebelumnya sudah pada cair sampai dua kali, mphon konfirmasinya
      @.Di jawa barat udah cair,Sebelum lebararan pasi cair.

    52. kpn tnjngn sby dn insentif kab.bengkalis akn dbyrkn?
      @.Mudah-mudahan sebelum Lebaran cair.

    53. Tunjangan Sertifikasi itu untuk membayar pekerjaan guru yang mana? Maka Cabut UU guru dan Dosen, membebani keuangan Negara tiap tahunnya….

    54. Tunjangan Sertifikasi itu untuk membayar pekerjaan guru yang mana?
      @.Guru yang sudah mendapat sertifikat pendidik,setelah dinyatakan lulus portofolio,atau melalui PLPG.Setiap warga negara kanberhak untuk mendapatkan kesejahteraan ,apalagi yang namanya Guru.

    55. sejak 2 minggu lalu 85 orang yang lulus sertifikasi 2010 dikabupaten poso telah menerima pencairan sertifikasi melalui transfer di rekening… lalu masih ada sekitar 130-an orang yang belum amenerima.. waktu dikonfirmasikan ke Dinas Pendidikan n BKD jawabannya sama… katanya ada 2 macam Sk yang dibuat. yang satu bayarnya melalui transfer daerah yang 1 lagi melalui kas propinsi. jelas tidak ada keadlan… tidak ada transpansi.. masing-masing berusaha mempertahankan agar dapat bagian dari potongan Pajak pembayaran sertifikasi… yang jadi korban ke 130-an orang yang belum menerima dananya.. tidak bisa tidur karena temannya seangkatan yang disebelah rumah sudah menikmati jerih lelahnya… dianya menatap sambil gigit jari n bertanya…KApaaaaaannnn Giliran saya…..Oh Tuhan….

    56. pak kapan tunjangan profesi guru yang lulus sertifikasi 2010 dapat kami terima ? terima kasih pak sebelumnya,

    57. Kepada pihak yang berwenang, semoga selalu diberikan hati yang bersih dan memiliki sifat amanah, agar selamat di dunia dan akhirat. Amiiin.
      Tunaikanlah upah seseorang sebelum keringatnya kering(alhadis)

    58. nasib 91 orang guru yang sudah ada SK penetapan pembayaran Sertifikasi Guru tahun 2011 angkatan 2010 tahap 1 dikabupaten poso bagaimana nich….????dana dekonsentrasinya udah diterima kan dari pusat…. ???? Propinsinya gimana nich…. kapan…kapan dibayarin…..????

    59. trimakasih pak atas infoemasinya… hanya saja kalau kendalanya bersifat nasional gak masalah… kan dana untuk pembayaran sertifikasi guru angkatan tahun 2010 katanya mekanismenya dari dana APBN/dekonsentrasi jke propinsi lalu langsung ke rekening… setiap saat di cek.. malahan pihak banK sudah memotong saldo awal setiap bulan Ep.10.000 per bulan… bisa2 malah saldo rekening banknya yang kosong…. kendalanya dimana sich sebenarnya… kan tinggal bayar aja…

    60. tolong pak dfiinformasikan kapan pencairan dan pembayaran tunjangan sertifikasi guru tahun 2010 yang katanya bertahap dan dibayarkan tahap 1 tahun 2011 bulan juni.untuk propinsi sulawesi tengah /Kota Palu dan kabupaten Poso…kok belum ada ya……
      @.Samapai detik ini masih belum ada kepastian,Pak.Contoh di Jawa barat (Tepatnya di Kab.karawang),sebulan yang lalu SK pencairannya sudah terbit,akan dibayarkan selama 6 bulan dengan gaji pokok terbaru,ternyata pemerintah pusat hanya membayar untuk 3 bulan,itupun dengan gaji pokok lama,jadi belum bisa dicairkan,

    61. Saya melihat di internet http://www.sjdih.depkeu.go.id/fullText/2011/71-PMK.07-2011perHTM Keputusan Menteri Keuangan Nomor 71/PMK.07/2011 tentang Pedoman Umum dan Alokasi Tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah Kepada Daerah Propinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun Anggaran 2011 dijelaskan pada pasal 3 ayat (2) bahwa Tunjangan Profesi guru PNS Daerah disalurkan secara TRIWULAN (tiga bulanan) yaitu :
      a. Triwulan pertama dilakukan pada minggu terakhir bulan maret 2011
      b. Triwulan kedua dilakukan pada minggu terakhir bulan Juni 2011
      c. Triwulan ketiga dilakukan pada minggu terakhir bulan September 2011
      d. Triwulan ke Empat dilakukan pada minggu terakhir bulan November 2011
      Jika memang demikian kenapa hingga minggu ketiga bulan juni 2011 belum juga ada berita. Tunjangan prefesi yang belum cair adalah Desember 2010, Januari s/d Juni 2011 , kurang lebih 7 bulan.

    62. Haaa……..3 x.kayaknya sertifikasi tahun ini angkatan 2007-2008 mau cair tapi berdasarkan akumulasi data tiap pencairan kok pakai pembaharuan data lagi apakah datae kurang valid.
      Saran kami tetap sebaikanya tunjangan srtifikasi guru menyatu dengan gaji pns tiap bln.agar bisa diketahui mereka baru lulus sertifikasi sudah pensiun gmn birokrasinya.
      Tepatkan janjinya kalo ada aturan 6 bln sertifikasi dicairakan harapan kami tidak molor tepatnya bln ni kita junjung tinggi sportifitas trims.

    63. PAK Mentri yang terhormat tolong lebih diperhatikan guru swasta yang didaerah seperti kami yang mungkin gaji kami jauh dibawah normal yang mungkin untuk beli bensin aja gak cukup apalagi buat makan.kami mohon tolong perhatiannya untuk kami guru swasta yang di daerah-daerah kecil

    64. kepada pihak yang berwenang dalam hal pemberitaan Sertifikasi. mohon untuk memberitakan atau mempublikasikan tentang Sk Pencairan Sertifikasi Tahun 2010/2011. Terima Kasih

    65. Ass pa saya dari Kab. Tasikmalaya untuk , angkatan sertifikasi tahun 2008, uang sertifikasi untuk bulan Desember tahun 2010 belum diterima dan bulan Jan s.d. Maret yang katanya akan cair juga belum diterima, mohon tanggapannya Bagaimana solusinya.. Trim’s
      @.Sampai hari ini SK pencairannya belum turun,tunggu saja mungkin bulan Juli 2011.

    66. Boleh tahu..kapan kita terima uang sertifikasi untuk plpg 2010?? dan turunnya uang sertifikasi untuk angkatan 2008…??? dalam tahun 2011
      @.Biasanya dibayarkannya 6 bulan sekali,Sekitar Juli-Agustus 2011

    67. kapan keluar uang sertifikasi angkatan 2008 pada tahun ini..( 2011 ), dan kapan turunnya uang sertifikasi untuk angkatan 2010….tolong infonya…

    68. Di lapangan, sebagian guru yang sudah sertifikasi semakin tidak berdedikasi thd tugas dan tidak profesional dibanding sebelum sertifikasi atau dibanding GTT. Bagaimana ini ?
      @.Benar Pak,nampaknya Pemerintah kerepotan,mikirin yang belum sertifikasi aja,yang sudah kurang kontrol.Justru disini pengawas yang harus banyak berperan.

    69. Pak Menteri yang terhormat, tunjangan guru yang lulus sertifikasi tahun 2010 kapan turunnya??? kami harap pencairannya langsung saja oleh pusat melalui rekening jangan diberikan ke daerah! bukan kami tak percaya, tapi selalu menjadi keributan karena perbedaan pencairan, baik waktunya ataupun jumlahnya, karena dari kabar yang kami terima suka ada pemangkasan dengan alasan bermacam-macam. sebagai contoh pencairan rapel kenaikan gaji bulan januari-april tahun 2011 pun di daerah kami terlambat sampai sekarang (Mei) belum cair sedangkan di daerah lain sudah pada cair. jadi kemanakan dulu itu dana? Guru-guru jadi resah. dan kalau ini terjadi terus menerus kepercayaan kami akan semakin surut yang akhirnya tujuan dari adanya otonomi pun akan terbengkalai. mohon ada pelurusan… terima kasih…

    70. gimani nih soal pembayaran tunjangan profesional, tahun 2010 belum lunas dibayarkan hingga saat ini, kemana tuh dananya pak?

    71. Lagi – lagi PNS saja didulukan padahal beban mengajar sama tapi mengapa ada diskriminasi bagi non-PNS…cape’ deehh…

    72. mewakili teman2 dan hanya mau menanyakan pa…..kami lulusan diklat plpg 2009.dari kabupaten kuningan ….alhamdulillah tunjangan sertifikasi kami sudah cair,,,tapi hanya 9 bulan…kira2 kapan ya cairnya yg 3 bulan lagi….soalnya banyak teman yg seangkatan sdh cari 1 tahun tp kmi br 9 bulan,,,punten pisan informasinya……terima kasih…..kira2 nyangkut dimana????
      @.Bu teman ibu yang dapat tunjangan 1 tahun itu lulus Portofolio atau lulus dengan PLPG,karena antara yang lulus portofolio dan lulus PLPG ada perbedaan pembayaran,yakni selisih 3 bulan.

    73. ka bapa bupati nu enggal cing atuh enggal geura cairkeun abdi teh mani tos nyeri beuheung sosonggeteun mani asa dianakterekeun kantun kabupaten bandung we iraha atuh nu pastina tong dibobodo wae
      @.Numawi guru teh geuning pasca otonomi daerah teh seuueur tuang “Kueh sabar”.

    74. aannnnn

    75. aku lulus sertifikasi 2009 tapi sampai sekarang tahun 2011 belum pernah mendapat tunjangan sertifikasi,ada 52 orang teman di Bontang kaltim yg belum cair tunjangannya,ini ada apa ,atau uangnya dikoropsikah sampai tdk cair,klu gini caranya perlu revolusi seperti di mesir biar pengadilan jalanan yg mengadili

    76. Apa kabar sertifikasi Kabupaten Bandung ?????????

    77. Saya punya teman yang mengeluh karena tunjangan profesi bermasalah dalam pembayaran disebabkan kesalahan SK.
      Nama rekan saya : Dra , Nani Kartinah
      NUPTK : 7433745648300023
      Sk tersebut terselip ke PNS sementara beliau NON PNS , beliau lulus Sertifikasi Guru Tahun 2007
      Penerimaan pembayaran gelombang satu tidak ada masalah tahun 2008 dan 2009 , tapi tahun 2010 sampai saat ini belum turun dengan alasan di SK tidak tercantum nilai nominal.
      Mohon pihak terkait bisa membantu , sementara no SK yang baru beliau tidak tahu ,

    78. Sdr2…….!!!! Para guru yg terpuji…! Udahlah jangan nyalahin siapa2 emang kita pantas dibohongi, apalagi oleh atasan, pejabat yg lbh tinggi oleh ank didikpun kita sering dibohongi….! Jika kita hanya usul ini itu sebenarnya hanya diketawain aja oleh mreka2 yg merasa tinggi pangkatnya padahal di mata Tuhan paling rendah derajatnya karena suka makan barang2 haram, jadi minta tlglah kepada Tuhan jgn pada Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati….! Bisa apa mereka jika Tuhan sudah mencabut kenikmatan yg diberikan kepada mereka….! Jadi……Tenanglah…..! Biar mereka2 bersenang – senang di atas api yg suatu saat pasti akan membakarnya……!!!!!!

    79. Ya Allah semoga orang2 yang berwenang diatas diberikan kemurahan dan dibukakan hatinya untuk segera mencairkan tunjangan sertifikasi yang belum cair,terutama angkatan angkatan saya thn 2009 periode terakhir di kabupaten kuningan…semoga……

    80. Asslm Pak Menteri……. tolong di perhatikan ttg waktu pembayaran dana sertifikasi, khususnya di kota Palu, Sulawesi Tengah……., sampai hari ini tgl 9 Des 2010, dana belum dicairkan juga untuk angkatan 2007-2008…… kami pemerhati pendidikan sangat prihatin dengan kondisi carut marut sistem pembayaran yang di serahkan ke daerah……….kasihan nasib para teman-teman guru yang telah berharap sekali dana tersebut.
      mereka telah bekerja dengan profesional karena telah menerima dana tersebut dari negara, waktu mereka habiskan untuk menyusun perangkat-perangkat pembelajaran , silabus, dll, waktu untuk keluarga tersita untuk menyelesaikan tugas tersebut…………………. sementara apa yang mereka harapkan tak kunjung ada…….
      Wassallam…….

    81. Enaknya jadi Guru PNS semua dinomor satukan……dimudahkan….itu g hanya masalah uang lho tapi masalah pekerjaan juga, sedangkan kami dari swasta ya…..jadi semua dinomor duakan dan dilama-lamain.
      Percuma gembar-gembor tuh provinsi pendidikan harus ditingkatkan, sedangkan masalah sertifikasi uangnya aja kagak keluar-keluar. payah……….

    82. bagaimana dengan sertifikasi angkatan 2009? kapan kabar pencairan tunjangannya? sampai akhir 2010 blum ada kabar apapun?

    83. Tidak pernah belajar dari sejarah bagaimana nasib Guru TK/SD ketika sblm OTODA dikelola oleh daerah….., skrg ya sama saja malah tambah rusak…sak !!!

    84. Setelah kubaca semua ternyata nasibnya sama…., yaitu ngenes mesakke tennan..yg tdk ngenes ya tukang potong yg kerjanya hanya motong dan nakut2in orang…..!!!

    85. Sy sampai bulan Oktober ini pun belum menikmati uang tunjangan sertifikasi,padahal sdh lulus sertifikasi 2009 dan mengajar 31 jam.wah kelihatannya uang ini rawan penyelewengan apalagi para guru hanya menerima dr transfer rekening tanpa ada tanda tangan untuk tanda terima…gimana ya,kami guru selalu dituntut macam2 sementara hak kami disepelekan

    86. kabar untuk semua….

      orang tua saya sudah berbakti pada negara terhitung sejak 5 tahun sebelum saya lahir,
      lama kan,,,

      pak budiono aja nyerah jadi guru…

      mengapa pengorbanan yang begitu tulus dalam kurun waktu yang tak bisa di bayangkan,,,

      kesejahteraannya tetap saja masih di permainkan dan di dzolim…

      salam untuk Pihak penanggung jawab uang kesejahteraan para guru PNS

      JANGAN GUNAKAN HAK PARA GURU UNTUK CUCI UANG….

      ATAU

      INILAH SURGA KALIAN…

      DAN PADA WAKTUNYA,,,
      KEMAKARAN KALIAN AKAN KALIAN BAYAR DENGAN NYAWA.
      DAN KAMI AKAN TAGIH HAK KAMI DI AKHIRAT…

    87. Pak, saya mau bertanya apa ada perbedaan yang lulus sertifikasi dengan fortofolio dan yang mplg ? sehingga pembayaran uang tunjangannya berbeda, yang fortofolio sudah cair sedangkan kami yang mplg belum cair..! (kami lulus mplg tahun 2009 ). terima kasih
      @.Yang saya tahu yang lulus fortofolio pembayarannya lebih dulu,yang MPLG belakangan plus bedanya 6 bulan,

    88. Kenapa pencairan tunjang sertifikasi guru 2010, terutama untuk yang non PNS (karena saya guru non PNS)tersendat? Akankah Bapak-bapak Yang terhormat di Dinas Propinsi Jawa Barat memperhatikan kami? Kami hanya menuntut yang menjadi hak kami….Terima kasih atas perhatiannya.

    89. wait and wait, calm teacher be patient ! WAIT UNTIL THE END

    90. Pemerintah kabupaten Bengkayang belum membayar Tunjangan Profesional guru sertifikasi untuk periode januari – juni 2010 ( 6 bulan ), padahal intruksi Mendiknas seharusnya sudah dibayar setiap bulan dan masuk daftar gaji, tapi sampai saat ini sudah bulan september 2010. apa uangnya dibungakan dulu atau gimana, mohon pak Bupati segera bayar.

    91. USUL TENTANG PENGUCURAN ANGGARAN TPP GURU :
      * Anggaran langsung ditranfer aja di BANK BRI
      * KARENA DI LAPANGAN UANG DIPUTAR-PUTAR DULU BIAR PUSING DAN BERBUNGA.
      * BUNGA DARI TPP ITULAH YANG MENGGIURKAN PARA PEJABAT.
      * KALAU PERLU HAK-HAK GURU PENCAIRANNNYA DI OLOR- OLOR BIAR SEMAKIN GEDE BUNGANYA.

      MAKA KAMI USUL ANGGARAN JANGAN DI SERAHKAN DI PEMKOT/ KABUPATEN/…….LANGSUNG AJA SEMUA LEWAT BANK PEMERINTAH.ITUPUM MASIH TERJADI CELAH-CELAH NEGOISASI.

      TOLONG BAPAK-BAPAK YANG DIATAS PERHATIKAN GURU,TERUTAMA SWASTA YANG SELALU DIKUCILKAN

    92. TOLONG PAK MENTERI GURU SWASTA SURABAYA TPP JANUARI – JUNI 2010 BELUM CAIR.SERTIFIKASI APAKAH
      HANYA UNTUK PNS ?KENAPA SIH KALAU SEKOLAH SWASTA DIANAK TIRIKAN .SAMPAI KAPAN HAK-HAK GURU SWASTA SEBAGAI GURU AKAN DIPERHATIKAN. APAKAH MAMPU SEKOLAH NEGERI MENAMPUNG SELURUH RAKYAT INDONESIA TANPA ADA SEKOLAH SWASTA .TOLONG BERIKAN HAK-HAK KAMI,JANGAN SELALU JADI PELENGKAP.
      TERIMA KASIH,SMOGA BAPAK YANG DI ATAS MAU MENDENGAR PERMASALAHAN GURU SWASTA.

    93. lebaran besok pagi , uang sertifikasi yang ditunggu gak kunjung datang , atm menolak saldo gak cukup !!, yaaa nasib guru, pahlawan dibuai dengan sanjungan tapi nasibnya dipermainkan , YA RABB < JADIKAN KAMI HAMBA YANG SABAR< JANGAN ENGKAU TURUNKAN PEMIMPIN YANG ZALIM , PIMPINLAH NEGERI INI DENGAN ORANG-ORANG BERSIH DAN MAU MENGERTI DENGAN NASIB ORANG -ORANG KECIL!

    94. Pak, Mendiknas kapan dana sertifikasi dicairkan sudah 9 bulan ko belum ada kabar, apa kami perlu demo lagi untuk menuntut hak kami, terima kasih atas jawabannya !

    95. Pak, kami mengusulkan supaya dana sertifkasi itu, gak usah dikasih ke daerah. langsung aja dari Pusat, masalahnya, begitu daerah yg menangani dana tsb, tidak ada satu daerahpun yang menerima dengan waktu dibawah 8 bulan. Gimana itu pak ….? Mohon jawaban.

    96. pun blom juga pak..
      @.Pasti ada,rajinlah ke ATM

    97. YTH. Bapak Gubernur, tolong beri penjelasan mengenai pembayaran hak sertifikasi guru 2008 secara gamblang agar kita tidak berharap-harap cemas, menurut informasi wilayah lain sudah dibayar mengapa DKI belum dan mengapa bisa berbeda? terimakasih dan saya menunggu tanggapan Bapak

    98. Saya cuma mau penjelasan dari dinas DKI, sebetulnya uang sertifikasi 2008 masih dibayar atau tidak agar kita tidak terlanjur berharap palagi Sept makan Monef gimana bisa tenangsementara hak yang sudah 3 bulan belum jelas sementara setiap saat disuruh pemberkasan. Tolong Pak berilah penjelasan secara angkutabel.trim’s

    99. sudah september 2010 .kok dana sertifikasi belum cair juga? apasih kendala sebenarnya?

    100. tiada tempat tuk curahkan hati,
      hri ini msh blum cair juga pak…. :) mantap……
      @.Coba cek lagi hari ini ATM nya,mudah2an ada !

    101. Guru-guru di karawang mulai hari kamis 2 sept 2010 sudah ada yang menerima.tapi yang punya saya blum cair dan masih menunggu
      @.Mudah2an segera cair ,Pak Asep.

    102. Untuk kabupaten Bandung Barat kapan dicairkannya? sementara 2 kota dan 1 kabupaten sekitar Bandung Barat sudah menerima pencairan tunjangan tersebut. Mudah mudahan Pemda KBB segera mencairkan tunjangan tersebut. Amien…

    103. mudah”an bsok udah cair ya pak,,,, amien………

    104. dengar” gosip kab. kubu raya, kab. sambas. kab mempawah udah pada cair, tapi kenapa kab. bengkayang belum ya pak.
      apa hanya kabar burung saja??

    105. pak…kata bapa saya,, kapan tunjangan dana sertifikasi keluar dan tanggal berapa keluarnya di karawang udah 9 bulan belum keluar…dan apa dananya di kurangi oleh pemerintah daerah pak?
      @.Coba cek ATM nya,yang lain udah mulai cair.

    106. kapan dana sertifikasi keluar di karawang…pak…..

    107. berapa hari lagi hari raya iedul fitri, bayar kuliah anak belum juga lunas, lap top masih diangsur, tunjangan sertifikasi yang ditunggu semakin tidak tentu kepastiannya, masuk bulan ke 9 (sembilan) hari ini tunjangan itu belum juga ada tanda-tanda dibayarkan. …. harus berapa lama kami harus menunggu, pak ??? guru Jakarta, ibu kota negara

    108. Menjadi guru harus ulet dan pandai memanfaatkan peluang yang ada,mencari celah yang ada untuk berwira usaha walaupun kecil usahanya.Habis daripada nunggu tunjangan ini itu yang gak jelas nanti malah stress sendiri klo stress kan gak bisa mengajar lagi.Kasihan juga para guru yang udah terlanjur ngutang dengan jaminan tunjangan sertifikasi tiap hari selalu merindukan tunjangan sertifikasi.Mudah-mudahan para pejabat yang berwenang cepat sadar akan penderitaan para guru.

    109. Uang tunjangan sertifikasi guru kan kata pak menteri sudah turun ke propinsi dan daerah jumlah 10 tra la..la..tri..li..li.., jadi tinggal moral orang-orang propinsi dan daerah yang pegang uang. klo lama mungkin uang itu di depositokan dulu biar dapat bunganya, lumayan buat tiket masuk bui. saran saya laporkan beliau-beliau yang mainkan uang guru ke KPK biar secepatnya mereka mendapat hadiah ke bui.Ya kalau perlu ramai-ramai demo ke jakarta aja, gitu kan bos?

    110. Saya guru bersertifikat tahun 2007 sudah pernah mendapat tunjangan profesi tapi tahun ini saya belum mendapatkan seperti teman lainnya yang seangkatan dan saya tanyakan kedinas kota alasannya SKnya belum terbit .( Satu satunya yang tidak ada SK nya ditempat saya mengajar ) SK apakah yang dimaksud ? dan dimana kita menanyakan atau mencari SK tersebut . Mohon solusinya ! Apakah SK itu terbit setiap tahun ?
      @.Yang dimaksud SK pencairan dari pusat yang diusulkan melalui validasi data oleh Disdik kab./kota,Coba cek lagi di disdik diusulkan tidak?kalau diusulkan cek di propinsi/LPMP.

    111. assalamualaikum…
      masih harus tetep sabar yo pak….,
      kalo d tanya kapan pasti jawabannya sedang proses….
      d tunggu informasi terbarunya ya pak…..
      wassalam

    112. Assalamualikum,,,
      Yth. Bpk. Mentri
      ibu saya sejak th 1974 menjadi PNS INPRES 10 sudah 35 th masa kerjany, lulus sertifikasi tahun 2009. ia seorang kepala sekolah sejak 2004. gaji pokok pertama ibu saya Rp 1.500,- di tambah tunjangn menjadi Rp 9.000,-
      Jd, mohon Pak Sertifikasi 2010 d cairkan. sudah 5 kali ibu saya cek di bank.
      terimakasih…
      wassalam…
      Bengkayang..

    113. Katanya guru profesional, kerjanya harus profesional. Tapi kok gajinya cuma Rp. 1.500.000.- itupun dibayar 6 bulan sekali terus lambat pula, bikin malu aja. Seharusnya orang yang profesional itu gajinya Rp. 15.000.000.-/bulan. Kalau nggak bisa segitu nggak usah bikin kata-kata profesional dong untuk guru-guru yang masih mengharapkan tunjangan yang Rp. 1.500.000.-/bulan itu. Malu-maluin aja.

    114. SEMOGA CPAT KELUAR WAT BAYAR HUTANG TU UANG JANGAN DPERSULITLAH PLISSSSSSSSSSSSS

    115. Pak menteri……pembayaran sertifikasi guru 2010,dibayarkan kapan, katanya juni,,,,,ternyata skrg dah agustus 2010…. Insya Allah semoga…Allah memberikan rezeki-Nya itu sebelum liburan sekolah dan sebelum lebaran…ya pak menteri????? buat intruksi dong pak…,,,dana sertifikasi guru jangan diendapkan kalau sudah tiba segera dibagikan saja…….biar manfaat dan berkah..buat kita semua…..Wassalam……………..

    116. ass.. MOHON dikeluarkan uang sartifikasi guru 2010 di kepri sebelum lebaran ini karena sudah 6 bulan belum diterima. terima kasih atas perhatiannya.

    117. Bapak Menteri tolong perhatikan saya guru swasta lulus sertifikasi 2009.masa kerja 30 tahun jalan saat ini di surabaya untuk guru swasta belum cair,apa memang anak tiri ya….
      Nominalnya TPPpun 1.500.000 sama semua.Mengapa !..Apa karena guru swasta sebagai anak bangsa nomor dua yaaaa…..Terima kasih kalau Bapak mau mendengarkan uneg-uneg saya.

    118. Pak,Pejabat pendidikan dan Bp. mentri mohon ddipethatikan suara para guru dan Dosen

    119. kepada Bpk. mentri :saya sertifikasi 2009, non pns. kapan cair pak dananya sampai saat ini belum ada kabar…sampai mau lebaran ini.soalnya dari sekolah tunjanagan saya sudah ditiadakan beberapa bulan ini.

    120. Ibu sya sertifikasi 2007 pensiun januari 2010, dan masih menerima 15bulan tpp, apakah masih keluar sisanya sampai januari 2010, klw di hitung 10 bulan lagi kekurangannya.

    121. kapan tunjangan profesi guru yang lulus tahun 2009 lewat dana dipa dinas pendidikan prov dicairkan pak…..??!!

    122. As Wb.
      Sahur sahur sahur…………………………………………..
      Imsak Mung kantun 15 Menit Lagi !
      Pak Mentri yang terhormat ! Kami sekeluarga Telah dan sedang menanti Cairnya Sertifikasi bagaukan mau berbuka puasa ! menit demi menit nbahkan detik demi detik kami nantikan, tapi akhirnya tak kunjung jua >
      Bayangkan pak Menteri, ketika tetangga kita sudah pada buka dengan kolak dan jus dari uang sertifikasi sementara kami masih menunggu dfatangnya makanan dan minuman untuk berbuka puasa sedih banget palagi tatkala lihat nak yang sudah merengek buat baju lebaran….wah parah banget pak menteri!
      Anak saya tanya mengapa tetangga guru udah pada cair Sementara Bapak Sebagai Pengawas yang sudah lama mengajar edan Pendidikannya pun Sudah S2 belum cair Uangnya. Kalau begitu Apa apaan jadi pengawas Pa ?
      Ko Bikin repot aja ….!
      Bagaimana tidak…! Tugasnya lebih berat dari Guru Syaratnya lebih tinggi dari guru, pengalamannya lebih tinggi dari guru, bahkan pengetahuannyapun harus lebih tinggi dari guru eeehhhh pas sertifikatnya lebih lambat dari guru.
      Oleh karena itu saya P{ROTESS Pak Mentri Cepat Cairkan Buat Pengawas !….
      Wassalam

    123. yth pak mentri DIKNAS
      assalamualaikum pak…..kami mhn tnjngan sertifikasi 2010 segra dibayarkan….klu bs sblum lebaran ya pak?
      terima kasih ya pak?

    124. Pak Menteri mulai bulan kapan dan tahun berapa tunjangan sertifikasi guru nempel di gaji pak? Mohon informasinya. terima kasih.

    125. Pak Menteri sebaiknya tunjangan sertifikasi guru masalahnya bukan melalui bupati atau rekening langsung, tapi bagaimana supaya tunjangan itu rutin apakah 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Itu yang paling penting bapak perhatikan. terima kasih pak menteri. semoga tunjangan ini selalu lancar. Amin.

    126. Pak, mau tanya, kapan keluar tunjangan sertifikasi guru SD yang lulus tahun 2009????kabar burung mengatakan awal aguatus ini akan keluar, apa betuulllll???
      @.Menurut Pak Wakil Menteri Juga begitu,kita tunggu aja ya pak hasilnya.

    127. Yth Bapak Mentri
      Kami guru yang sudah punya sertifiat Kompetensi Pendidikan
      sampai saat ini belum menerima tunjangan.
      Dalam kesempatan ini saya mau bertanya,apakah seorang guru yang mendapatkan tunjangan harus mengajar 24 jam?
      Padahal di sekolah yang saya tempati’saya hanya diberi 12 jam,karena ada guru CPNS datang,padahal kalau saya mau mengajar di sekolah lain sulit karena tidak semua sekolah ada pelajaran yang saya ampu.
      Mohon dengan sangat jawaban yang jelas dan pasti.Saat ini saya sudah berumr 53 th
      Trimakasih

    128. Kapan dibayarkan tepat waktu!

    129. Yth. Bapak Menteri. Mohon Maaf Pak..saya mau tanya..kapan ya Pak dana sertifikasi di tahun 2010 ini dicairkan ? Saya amat menunggu dan berharap sekali itu bisa segera dicairkan,maklum Pak..kami butuh sekali. Seain butuh Dananya,juga menghilangkan rasa was-was,nota bene..takutnya dananya sudah cair ke daerah,tetapi diendapkan dulu,didepositokan khan lumayan Pak.

    130. Yth. Bapak Mentreri Diknas. Kami selalu menunggu kapan dana tunjangan sertifikasi ini bisa dicairkan,namun kami mohon juga..pencairannya alangkah baiknya melalui No. Rekening Bank seperti terdahulu. Perlu Bapak ketahui,apabila pencairannya melewati Bupati atau Daerah,sudah banyak contoh peristiwa,apapun yang turun melewati jalur daerah,kalau ndak terlambat,ya pasti ada pangkasan atau potongan dengan dalih dan alasan macam-macam,administrasilah,transportlah..dan sebagainya. Itu memang sedikit kalau diperhitungkan perorangan,tetapi kalau dikumpulkan seluruh Guru satu daerah,ya buanyak sekali Pak. Bukannya kita pelit Pak…tetapi kalau hal ini selalu diberi kesempatan..maka jelas akan berkembang sampai ke berbagai sudut yang selalu berhubungan dengan dana. Mohon maaf Pak..ini hanya sekedar usulan dan masukan,mungkin bisa membnerikan sedikit wawasan pada Bapak,bagaimana mengeluhnya para Guru di daerah apabila hal tersebut selalu terjadi,padahal kebutuhan saat ini tidak bisa ditawar lagi melangitnya keperluan dananya.

    131. pak, saya adalah guru sertifikasi yang kemudian diangkat cpns. apakah tunjangan profesi saya dapat saya terima atau masih menunggu setelah pns?mohon tanggapan Bapak! Trimakasih.
      @.Sertifikasi cukup sekali,masih berlaku,tinggal validasi data di disdik setempat.

    132. Saya adalah guru sertifikasi yang diangkat cpns dilingkungan kementrian agama. apakah sertifikasi saya masih berlaku atau harus ikut lagi setelah pns? mohon tanggapan Bapak! trimakasih

    133. Yth Bapak Mentri Pendidikan.Bapa Mentri keuangan mohon tujangan sertifikasi guru tidak melalui daerah lagi sebab berakibat terlambat,padahal guru sangat berharap dari tunjangan itu untuk membantu meningkatkan kwalitas pendidikan,
      segala sesuatu yang melalui daerah selalu terlambat,contohnya bos profinsi melalui kas daerah sampai sekarang belum turun,padahal bos pusat selalu tepat.sertifikasi pun nampaknya akan senasib dengan bos propinsi.Ada apa dengan otonomi daerah?

    134. Pa pembayaran tunjangan sertivikasi untuk tahun 2010 bulan apa di bayarkan
      @.Info yang saya dapat akhir Juli 2010,kalau masih belum, mudah-mudahan awal Agustus 2010

    135. Pa bulan apa tunjangan sertivikasi di bayarkan untuk tahun 2010

    136. mohon maaf pak menteri kami mau bertanya kenapa pembayaran sertifikasi dinas dan depag berbeda diantaranya untuk lulusan tahun 2008 dinas mendapat 22390000 sedangkan dari depag mendapat 33430000. maka dengan ini mohon penjelasan dan untuk pembayaran selanjutnya langsung masuk rekening jangan melalui pemda setempat karena ada potongan lagi dan lambat pembayarannya.

    137. Mohon Maaf sebelumnya,
      Saya ingin tanya tentang kapan uang fungsional 2010 guru keluar???
      Mohon Balasannya. (Dikirim Melalui e-mail ya)
      Sekian Dan Terima Kasih.

    138. Tlng sgr dicairkn pak bupati/walikota jangan pncairan srtifksi untuk dijadikn komoditas politik.kami ini brjuang berjuang dg keikhlsn.

    139. yth pak menteri, kami mohon secepatnya dibayar tunjangan profesi th 2010 karena guru hanya berharap dari penghasilan tsb sepertinya pemerintah daerah tidak serius dan ikhlas untuk mengurus tunjangan profesi ini, ini saya alami ketika mengurus bahan tunjangan profesi banyak hal aneh yang saya temui dan mempersulit guru.

    140. Yth.Bp Menteri mungkin pertanyaan saya hampir sama dengan penanya yang lain saya bertugas di smpn 1 merbau mataram kab Lapung Selatan, hingga Juli ini saya dan teman-teman sangat mengahrap sekali tunjangan profesi guru segera dicairkan karena kami sangat membutuhkan untuk biaya sekolah. Terima kasih atas perhatian dan tindak lanjut kami harapkan

    141. Pak mentri yang terhormat, saya hanya mau bertanya tentang syarat-syarat mengenai sertifikasi guru di mana guru harus mempunyai 24 jam beban mengajar. Bagaimana pak kita harus memenuhi syarat itu bila di dalam sekolah guru sudah banyak dalam satu bidang studi akhirnya jam untuk 24jam pun tidak akan terpenuhi. Guru yang PNS harus mencari di luar instansinya bekerja agar dapat memenuhi 24 jam ini . Sebagian pasti bisa lalu yang lainnya bagaimana. Dan lagi pula pak bila dia sudah PNS honor lagi diswasta bagaimana nasib para angkatan-angkatan yang baru menyelesikan kuliahnya? kemana mereka harus bekerja. Pasti akan menambah pengangguran. Yang bisanya mereka bisa mengajar tetapi karena yang sudah PNS yang sudah punya gaji perbulan mengajar lagi di swasta kan sudah tidak memberikan lagi kesempatan pada adik-adiknya yang dibawahnya. Dan lagi pak tugas guru pun sudah banyak dan sangat repot mengapa lagi harus ditambah beban mencari jam di luar sekolah.Tolong pak dipikirkan lagi tentang yang 24 jam beban mengajar tersebut . atas perhatiannya saya ucapkan banyak terim kasih

    142. mohon keterangan sejelas-jelasnya kapan kami para guru dapat menerima tunjangan sertifikasi sebagaimana mestinya????
      saya hanya bisa berharap selama ini karena saya non PNS namun juga tidak memperoleh gaji dari lembaga saya.

    143. sungguh riskan, sementara para guru dituntut untuk mencerdaskan anak2 bangsa, tapi ironisnya para batara guru banyak yang kebingungan menyekolahkan anaknya sendiri karena biaya masuk sekolah yang melangit, dan tunjangan profesi guru adalah salah satu solusinya, tapi belum ada kejelasan kapan bisa dinikmati, sampai kapan kita harus menunggu? mohon info yng jelas pak

    144. kapan uang sertifikasi guru SD lulusan sertifikasi 2009 sekabupaten.langkat keluar??
      Tolong diberitahu langsung ke email saya ya..Trims
      @.Masih harus sabar,Pak.

    145. Assalamualaikum…..
      Pak mentri janjinya Fungsional 2010 turun tanggal 7 Juli 2010, namun sampai saat ini belum ada kabar beritanya,
      mohon informasinya.
      Terimakasih.

    146. Ass, apakah GTT yang sudah tersertifikasi kemudaian CPNS, apakah Sertifikasinya bisa berlanjut ? atau harus sertifikasi kembali, mohon penjelasannya
      @.Cukup satu kali saja,boleh memiliki lebih dari satu sertifikat,tapi yang diakui tetap satu.

    147. Kalau tidak salah menteri keuangan yang baru telah menandatangani PP no 117 tgl 14 Juni 2010, dan alokasi dana untuk tunjangan profesi guru PNSD sekitar 10 Trilyun, ya bersabarlah para guru yang udah tersertifikasi, aturannya kan udah ada, jelas, tinggal keikhlasan para petingginya aja. kita doakan mudah2an aja Allah membukakan hati para pejabat terkait, agar TPP segera cair, bukan hanya pinter bikin janji-janji aja. Kumaha sih lah……………………..

    148. Kalo nggak bisa sabar, jangan jadi guru .. dari dulu yg beginian namanya kebijakan setengah hati..

    149. aq dah capek menunggu pencairan TPP untuk tahun 2010. Kalo pemerintah tidak ikhlas ya gak usah diberikan mendingan diberikan pada Gayus aja. Kita umar Bakri makan gaji apa adanya. Dasar jadi guru memang menyedihkan. Nasib, nasib !!!!

    150. pak menteri kapan cairnya? tunjangan profesi 2010 kok diputer puter tambah bingung pak. anak 2 mau masuk sd dan smp kagak punya uang . cepeten dong pak . surabaya dah cair ? apa memang gak sama waktunya? menurut info guru swasta dibayar apbd propinsi sedangkan pns apbd kota ? apa benar begitu pak menteri ? mohon dipercepat biar guru guru kagak pade demo makasi bapak semoga Allah membelas kebaikan bapak. AMIN…………

    151. kapan tunjangan sertifikasi bagi yg lulus 2007 cair?mohon segera cair untuk biaya pendidikan anak-anak kami tahun pelajaran baru.
      @.Uangnya udah di kas daerah,entah nunggu apalagi belum pindah ke rekening kita.

    152. ini sudah akhir bulan juni, tapi kok belum ada tanda-tanda tunjangan profesi guru masuk ke rekening guru, mohon info pak
      @.Uang sudah turun dari pusat,tapi mengendap di Kas daerah.Entah nunggu apalagi,bu.

    153. Berita tentang tunjangan profesi guru akhir-akhir ini simpang siur.Ada berita mulai Januari 2010 tunjangan guru tersebut melekat ke gaji bulanan.Ada lagi berita bahwa tunjangan profesi guru sementara ini akan ditangguhkan dengan alasan terjadi penurunan kinerja para guru yang telah lulus sertifikasi.Yang jelas dan kenyataannya hingga akhir bulan Juni 2010 ini tunjangan profesi guru di lingkungan Diknas maupun Depag belum cair juga.Meskipun demikian para guru yang berhak atas tunjangan tersebut tidak ada yang Demo/unjuk rasa/protes ke pihak yang berwenang dalam masalah ini.Mudah-mudahan mereka tetap sabar dan tawaqal,meskipun mereka menahan berbagai perasaan cemas dan penuh harap.Ya… mudah-mudahan “Pucuk dicinta ulam tiba”.

    154. saya mau nanya gaji ke 13 kapan cairnya ya?

    155. kapan cair sertifikasi guru tahun 2008 di provinsi bali pada tahun 2010 ini?
      @.ya,seharusnya Juni 2010 ini,pak

    156. pak kapan sertifikasi guru dibayarkan untu sk tahun 2010 sekarang sdh sampai bulan juni 2010 belum dibayarkan kembalikan saja ke pusat agar setiap sk pembayaran maka uang sdh ditransfer ke rekening masing2 guru
      @.Masalahnya validasi data cukup memakan waktu,sehingga perpindahan rekening melalui kas daerah terlambat,seharusnya bulan Juni ini sudah kita terima.

    157. kapan pa sertifikasi 2009 cairr ga cair” sampai sekarang
      @.Harusnya kan bulan juni ini,ketika saya nanya sama petugasnya,masih “validasi data” akibat perpindahan dari pusat ke rek.daerah.

    158. mohon saya tidak dikirimi lagi komentar ataupun informasi melalui surel mulai sekarang dan selanjutnya. terima kasih
      @.Maaf,kami tidak pernah mengirimi komentar via surel,mungkin yg lain ?

    159. untuk guru kota pekalongan lulus sertifikasi th 2009 kapan pencairan tunjangannya ?
      @Mestinya Juni 2010

    160. Kapan pa untuk kab. bandung barat dibayarkannya. mani uah kesel ah!!!!!!!!!!!!
      @.Saurna mah sadayana Juni,kang

    161. pak memang betul bulan juni ini dicairkan dana sertifikasi guru 2010?
      @.Insya Allah betul,

    162. Maaf pak, hanya mohon dikonfirmasi…..Apa benar tunjangan sertifikasi guru akan dibayarkan per-semester ???
      @.Menurut ketentuan benar.Silahkan baca ini :

    163. maaf teman – teman sekalian,
      apakah ada yang sudah menerima tunjangan profesi tahun 2010?
      Bingung, mau tahun ajaran baru, jangankan sertifikasi, berita tentang sertifikasi saja susah carinya.
      Kalo teman – teman sudah merasa dapat kiriman atau dapat berita terbaru tentang tunjangan profesi 2010, tolong saya dikirim beritanya ke email saya.
      email saya jatayu.wilis@yahoo.com
      Terima kasih.

    164. ma’af pak, saya melihat dalam sistem pembayaran tunjangan sertifikasi yang diberikan kepada guru atau yang disebut dengan julukan umar bakri, terkesan kurangnya ke iklasan pihak pemerintah terhadap guru. di sina terkesan adaya unsur pemaksaan seperti tuntutan pihak pemerintah ke pada guru wajib harus mengajar 24 jam tatap muka. apakah ini yang namanya kesejahteraan yang diberikan pemerintah terhadap guru atas jasanya pak ? mohon untuk bapak dapat mengkaji kembali tentang kebijakan ini. saat ini guru selalu mengeluh dilapangan, karena banyak sekali masalah yang dihadapi para umar bakri ini, salah satu contoh ; pada saat anak tidak banyak yang lulus tetap guru yang disalahkan, tapi mengapa tidak ada orang lain yang mau ikut untuk disalahkan,.? contoh lain lagi kompanye yang gencar dilakuka pemerintah terhadap sekolah gratis, ini juga menjadi polemik bagi guru, disaat orang tua siswa mengantar anaknya ke sekolah, sekolah bukan lagi sebagai lembaga pendidikan tapi, sudah mendekati panti hasuan dimana orang tua murit jarang sekali mau bekerjasama dengan pihak sekolah / dunia pendidikan untuk keberlangsungan anaknya. dia sudah mengangap 100% bahwa anaknya ada yang mendidik dengan biaya gratis. para gura sangat mengharapkan untuk di terbitkan pp tentang pemilahan yang mana menjadi beban pemerintah dan yang mana menjadi beban masyarakat atau orang tua siswa.

    165. ma’af pak, sebelumnya mengapa sampai saat ini guru di kota langsa yang lulus sertifikasi tahun 2007/2008 belum juga dibayarkan tunjangannya, saran saya apa tidak lebih baiknya dikembalikan aja sistim pembayarannya dari pemerintah pusat seperti biasanya. tidak sangkut-sangkut seperti sekarang. dan apa memang ada peraturan yang mengatakan tunjangan sertifikasi dikenakan pajak 15 % seperti yang selama ini kami terima, mohon petunjuk pak.
      @.Untuk pencairan tahun 2010 bulan Juni 2010,kalau pajak 15 % ,itu memang pph pasal 21.

    166. maaf paka mengapa guru yang lulus 2007 / 2008 di Kota Langsa terhitung 1 januari 2010 s/d 1 mei 2010 ini pak belum juga dibayarkan tunjangan sertifikasinya.
      @.Mudah-mudahan bulan Juni cair.

    167. permisi pak mau tanya ??? tunjangan sertifikasi guru untuk wilayah sulawesi tengah khususnya kota palu kok belum dibayarkan ?? sudah dari bulan januari lho ???? emangnya tuch duit mau dikemanakan dulu ??? guru2 pada bertanya bukan tanpa alasan. ini khan hak guru kalau bukan hak yag tidak akan ditanyakan atau di permasalahkan. kalau emang nggak mau dibayarkan bilang ajha nggak usah obral juanji manis dan harapan kosong.
      @.Tunggu bulan Juni pak.

    168. Info baru pak mentri bubarkan PMPTK imbasnya gimana tuh? apa tunjangan sertifikasi guru hilang atau tidak cair… nasib guru-guru bagaimana nih apa lagi yang belum dapat… setelah melewati perjuangan yang melelahkan mengikuti sertifikasi…
      @.Jawabnya Wait and See

    169. yang benar pak…!cari solusi tentang kwalitas pembelajaran dengan mempertimbangkan keadaan lapangAN ATAU MASYARAKAT yang cendrung menyekolahkan anaknya hanya diurus setengah hati 75% di pamekasan begituuuuuuuuuu untuk itu jangan salahkan guru dengan memperlambat pencairan sertifikasinya OK?

    170. yang benar pak…!cari solusi tentang kwalitas pembelajaran dengan mempertimbangkan keadaan lapangAN ATAU MASYARAKAT yang cendrung menyekolahkan anaknya hanya diurus setengah hati 75% di pamekasan begituuuuuuuuuu

    171. Saya guru DIKNAS yang di DPK kan ke Madrasah Aliyah, lulus sertifikasi Desember 2009, intansi mana yang mengeluarkan pak, mks pak,,,
      @.kalau ikut sertifikasinya dari Aliyah berarti kewenangan depag,pak.

    172. Pak Menteri tolong kasihani kami para guru sampai saat ini uang sertifikasi belum juga cair katanya terima tiap triwulan apalagi sebentar lagi ada penerimaan siswa baru , yah paling tidak dapat membantu untuk membayar menyekolahkan anak

    173. sy guru olahraga smp Kota pekalongan jawatengah lulus sertifikasi th 2009, kpn kota pekalongan pencairan dana sertfikasi keuar mtr nwn
      @.Belum ada yang cair Pak,masih harus nunggu.

    174. mau tanya kapan keluar tunjangan frofesi guru 2007 sampai mei 2010 belum cair
      @.harusnya udah keluar,tapi nyatanya semua belum.masih harus sabar ,Pak.

    175. pak mendiknas pembayaran tunjangan sertifikasi itu yang benar besarnya sesuai gaji pokok guru pada tahun yang berjalan saat itu atau sebesar gaji pada penerimaan yang pertama? jika sesuai dengan tahun saat ini ( 2010 dst) maka artinya pemerintah pada tahun 2009 mestinya membayarka sebesar gaji pokok yang berlaku pada tahun itu. Bagaimana Bapak Menteri Diknas? Mohom penjelasan yang sungguh jelas bagi semua pihak. Trima kasih

    176. untuk guru swasta gimana pak, kok uang sertifikasinya belum keluar? padahal biasanya lancar per triwulannya.
      @.sama pak semua lagi menunggu nih

    177. kapan pak kelanjutan pembayaran serifikasi guru yg telahlulus priode 20062\,2007.2008. dilaksanakan .karena sejak januari 2010 sampai skrg mei belum dibyarkan
      @.Seharusnya kan sudah masuk rek.kita,tapi nyatanya belum.Nampaknya kita semua harus sabar.

    178. kapan dibayarkan tunjangan profesi yang lulus tahun 2009 ya?
      @.Seharusnya tahun 2010 ini,Pak.

    179. kapan dibayarkan tunjangan profesi yang lulus tahun 2009 ? tolong diimpormasikan kepada peserta yang lulus tahun 2009.
      @.y a 2010 Pak,tapi belum masuk rekening kita.

    180. Sy lulus thn 2007, terima thn 2008, besarnya uang kok sampai 2009 akhir masih gaji pokok yang thn 2007. Gmn nih apa di daerah lain jg begitu? Untuk thn ini belum ada tanda2 dibayarkan, di daftar gaji bln Mei jg belum masuk, apa pusat blm transfer dana ke daerah? Mhn pak menteri dan menkeu beri pencerahan.

    181. mau tanya pak,di dalam Permendiknas no 74 (kalo tidak salah baca), guru dimungkinkan mendapat beberapa sertfikat pendidik, walaupun nantinya yang diajukan kepusat hanya 1 sertifikat pendidik. Pertanyaannya, bagaimana teknis dan prosedur untuk mencari sertifikat pendidik yang kedua dan seterusnya, apa harus mendaftar dll, seperti prosedur yang pertama?
      @.betul pak pada bab 2 pasal 13 ayat (5)disebutkan: Calon Guru dapat memperoleh lebih dari satu Sertifikat
      Pendidik, tetapi hanya dengan satu nomor registrasi Guru dari Departemen.saya juga belum tahu prosesnya karena belum ada penjelasannya.Mohon maaf.

    182. asswrwb…
      kang haji saya dan beberapa orang guru yang lulus tahun 2008 karena sesuatu hal diantaranya belum ada SK sampai sekarang belum cair, mohon infonya …
      kalau yang salah nomor rekening sudah ada yang cair.

      trims
      @.waalaikum salamwr,wb.
      Pernah di diskusikan maslah yang menimpa pak Asep oleh saya dengan Pak H.Dede dan Pak H.Ono,kata pak H.Ono sudah di betulkan hingga ke propinsi dan LPMP,tapi nanti saya akan cari info lagi di disdik.

    183. kapan uang tunjangan profesi guru sertifikasi untuk tahun 2010 dibayarkan? kok macet ya pak? tidak seperti dulu kalo dari pusat bisa lancar..
      @.saya juga bingung,di dalam juknisnya seharusnya mulai bulan Maret udah masuk rekening kita,tapi nyatanya belum ada kan ?

    184. Kapan Pak Haji cair lagi tunjangan sertifikasi ? saya sangat menunggu berhubung anak saya mau masuk Perguruan Tinggi katanya akan tiap bulan . nuhuun Pak
      @.Kita sama -sama sedang menunggu ,kalau lihat juklaknya kan seharusnya sudah ada di rekening kita.nampaknya kedah sabar keneh bae pa Ded,

    185. percaya tidak percaya dengan jujur dirasakan bahwa ada perubahan kinerja guru setelah pencairan tunjangan sertifikasi…walau tidak semua minimal ditempat saya kerja…..tretapi bisa jadi bumerang ketika tunjangan terlambat atau ada kebijakan lain yg tdk berpihak pada kesejahteraan guru maka kinerja akan diragukan….solusi …perbanyak pengawas yg kompeten dan kepengawasan berlapis serta tak kalah pentingnya pelatihan kepribadian dan spiritual yg rutin diikuti dg panisme yang berani agar guru teredukasi serta berefek multy player pada pendidik yg baru. kapan ?
      @. Setuju sekali dengan pendapat bapak.

    186. sama-sama pegawai negeri baik pusat atau daerah kwajibannya sama UU nya sama,tata tertib nya sama. panismenya jelas rewardnya jelas menurut UU….tapi kok tak sama perlakuan ada yg dapat uang makan ada yg tidak, ada remunerasi ada yg tidak……. akar masalahnya banyak pegawai tapi tak produktif rendah sekaligus tidak efisien……solusi kurangi pegawa, latih pegawai sesuai kebutuhan /kompetensi termasuk pelatihan pengembangan kepribadian dan spiritualnya secara rutin., gajilah sesuai standar layak di Indonesia …dan beranikan menhukuml atau minimal non aktif jika ada indikasi penyimpangan…tentu revisi dulu UU kepegawaiannya.
      @.Komentar yang bagus.

    187. masih untung dijanjikan mau dibayarkan,… istri saya guru swasta di demak mau ngurus atau tanya kapan dibayar malah dimai uang dulu…. mbangeti tooooh mudah….. yang maklar sertifikasi dipegang polisi
      @.Nah ini pak yang tidak boleh terjadi.

    188. Bagaimana Pak, kalau Tunjangan Profesi Guru yang melekat pada gaji baru bisa dibayarkan 2012, jadi menimbulkan pertanyaan, Apakah Tunjangan Profesi Guru tmt Januari 2010 dan seterusnya tidak atau belum bisa dibayarkan, Mohon jawaban dari pihak terkait tentang hal ini. terima kasih atas penjelasan yang akan diberikan, Wss
      @.Artinya dimulai yang lulus tahun 2007,2008.2009,2010 dan seterusnya.

    189. Kenapa ya kok selalu aja ada dikotomi antara Guru dengan Wakil Rakyat, mereka kan sejatinya ‘wakil kita’? Kita dong yg mestinya diistimewakan. Coba, tunjangan, gaji, insentif, dll punya mereka diumumkan hari ini, wah.. 1-2 hari berikutnya langsung cair sama rapelannya. Sedang Guru? Ahaa, mirip mobil butut yang out of date. Sering macet dan tersendat. Ya Alloh , tolonglah hamba-Mu yang terpinggirkan ini.
      @. Memang guru itu makhluk yang sabar kali,pak.

    190. pak
      sertifikasi guru yang lulus tahun 2009 .terhitung 2010 kapan dananya akan cair ?

      dana 250 000. untuk guru yang belum menerima sertifikasi khusus untuk jakarta kapan akan dibayarkan pak sedangkan di wilayah lain sudah menerima
      terima kasih
      @.Sebenarnya mulai bulan Maret 2010 sudah mulai diluncurkan ke rekening masing-masing,mungkin masih dalam proses.

    191. Aku guru b.Indonesia d bw naungan depag.Lulus sertifikasi 2008 dan sampai skrg blm ada angkatanku (mapel umum) yg terima tunjangan sertifikasi. Ada kbr katanya yg lulus sertifikasi 2008 hanya akan di bayar per januari 2010 artinya 2009 nya di putihkan. Apa betul begitu ?
      Rugi 1 thn dong …
      @.Enggak benar,bu yang jelas kalau dibawah naungan depag agak terlambat pencairannya,

    192. bapak dirjen PMPTK, SK sertifikasi kami sudah diterima 3 mg yang lalu tapi tidak ada tindak lanjutnya. menurut PP sudah bisa dicairkan, tapi kami tanya ke kantor Kabupaten tidak ada jawaban pastinya! kami mhn kepada bapak agar menginstrusikan nya atau membarikan petunjuk yang jelas terima kasih !
      @.Semoga pak dirjen membaca pesan bapak ini.

    193. kapan sih pak tunjangan profesi guru yang bulan januari 2010 dan seterusnya keluar……ini dah bulan april 2010 kok blm ada berita
      @.Dalam jadwal pelaksanaan pembayaran ,tunjangan profesi sudah mulai disalurkan ke rekening Guru/Pengawas mualai bulan Maret 2010,mungkin nasih dalam proses,

    194. Alhamdulillah,kalo tunjangan profesi melekat jadi satu dengan gaji.Tetapi koq realisasinya baru th.2012. Bagaimana teknis pembayaran utk periode th . 2010 dan 2011,apa langsung ke rekening ybs seperti sebelumnya? Masalah pemberkasan yg harus dilakukan tiap Semester oleh penerima tunjangan ,apakah itu aturan dari pusat atau hanya aturan dari dinas prop.masing2, karena hal tersebut rawan pungli.Trim atas jawabannya.
      @.Untuk tahun 2010,pedoman dan petunjuk teknisnya sudah dikeluarkan PMPTK,sama seperti yang sudah-sudah.Pemberkasan yg bapak sebutkan memang aturan Pusat,untuk meng-update gaji pokok yg berubah.

    195. Berita ini wacana apa Peraturan Mentri (Permen ).Masalahnya sekarang sudah bulan April 2010 kok belum terealisasi?
      @.Menurut saya itu rencana Pak Bambang Sudibyo,sekarang menterinya udah ganti.Baru bisa direalisasikan pada 2012

    196. kalau tunjangan sertifikasi dibayarkan melalui dana APBD kabupaten/kota dan langsung bersamaan dengan gaji setiap bulan semestinya bulan januari 2010 guru2 sdh menerimanya, tetapi sampai bulan maret/april ini belum ada realisasinya.
      @.Nampaknya pemerintah belum bisa merealisasikannya,katanya tahun 2012.

    197. untuk tunjangan profesi tahun 2010 di kabupaten kulon progo akan diberikan bulan apa pak, karena bisa buat biaya anak masuk sekolah ke sma , makasih…………………
      @.Biasanya nanti bulan Juli atau Agustus ,Pak.

    198. sertifikasi profesi hanya diperuntukkan bagi guru dan bukan ditujukan bagi kepala sekolah maupun pengawas sekolah. Namun demikian, kata Mendiknas, karena untuk menjadi kepala sekolah adalah harus seorang guru maka dia harus bersertifikat. “Sertifikasi itu adalah untuk guru bukan untuk kepala sekolah. Tidak ada sertifikasi kepala sekolah dan tidak ada sertifikasi pengawas. Yang ada sertifikasi guru. jadi kalo kepala sekolah dan pengawas juga menerima tunjangan profesi guru maka kepala sekolah juga harus ngajar…..makanya Bapak2 kepala sekolah…tuh anda juga harus mengajar 6 jam…. jangan marahin guru aja kalo ada guru yang telat atau berhalangan….. ngajar tuh….. pengawas juga jangan sok pinter…… bina yang bener kepala sekolah dulu…. bukankah wawasan wiyata mandala mengatakan bahwa segala proses yang terjadi disekolah adalah tanggungjawab kepala sekolah…….
      @.Siap,Pak !

    199. bagaimana dengan tunjangan buat kami, guru Madrasah ibtidaiyah,kami lulus sertifikasi tahun 2009.
      @.Tunjangan bapak akan keluar sekitar bulan juni/juli 2010,Mengenai wacana diatas masih jauh,katanya mulai 2012 .

    200. Pak, bagaimana kalo yang Non PNS apakah tunjangan sertifikasinya masih tetap pada rekening atau sama dengan yang PNS
      @.Belum ada aturannya Pak Agus,karena ini wacana mendiknas yang lama,belum ada kepastian jadi apa enggak.

    201. kalau info itu benar, bahwa TPP include dalam daftar gaji, sampai saat ini belum ada realisasinya, bagaimana ini? Guru jangan dibohongi……………!!!!!!!
      @.maklum…Pak,ganti menteri ,rubah lagi kebijakannya.

    202. memang daerah dah siap byr tunjangan profesi bersamaan dg gaji, nyatanya sampe skrg belum ada tanda-tanda mau cair

      @.katanya mundur ke 2012 pak,

    203. Pak klo CPNS itu ikut dpt tunjangagan guru yang belum sertifikasi 250 rb tidak? Saya CPNS TMT 1 Januari 2008 . Saya ikut dapat tidak ya pak?Terimakasih
      @.Yang saya tahu CPNS belum dapat ,pak.

    204. Lagi tentang guru sertifikasi yang tugas belajar, menurut pp no 74 th 2008 ps 14 ayat 5 disebutkan bahwa guru dalam jabatan yang mendapatkan kesempatan peningkatan kualifikasi akademik tetap memperoleh tunjangan fungsional atau subsidi tunjangan fungsional, Hal ini berarti tetap menerima tunjangan sertifikasi dong pak ?
      @.Samapai sejauh ini saya juga belum mendapat kejelasan dari PMPTK,mudah-mudahan penapsiran Pak Mukholiq benar.

    205. syukur kalau demikian ndak repot lagi dah lansung masuk gaji tiap bln Alhamdulillah……
      @.Ya,kita tunggu realitanya,semoga pemerintah konsekwen dengan janjinya.

    206. Bagaimana dengan Guru yg sudah Lulus Sertifikasi, kemudian mengikuti Tugas Belajar yang pasti tidak memiliki jam mengajar 24 jam. Apakah tunjangan sertifikasinya bisa dibayarkan ?? Untuk diketahui, Tugas Belajar lebih berat daripada Tugas Mengajar.
      @.Pak syarat untuk pencairan tunjangan profesi itu ada surat keterangan melaksanakan mengajar 24 jam dari kepsek,menurut saya yg tugas belajar tidak bisa dibayarkan,

    207. Pak, sy ingin mengomentari peraturan pengangakatan cpns, tentang usia 35 sd 40 hrs punya pengalaman 12 th 8 bln, lha bagaimana ini pak tiap tahun aturan pengalaman naik terus, maka yang tdk smpai 12 th tdk akan pernah bisa mendaftar. trims

      @.Ini menyangkut kebijakan,tapi kenyataannya di lapangan bisa aja pak.

    208. kenapa kalau CPNS kok belum dapat yah…..mang bener adanya ndak dapat??

      @.CPNS belum dapat pak,

    209. wah agak kecewa jadinya kalau pak menteri menunda pembayaran tunjangan sertifikasi melekat gaji mulai tahun 2012 kalau melekat gaji kan bisa diterima setiap bulan

      @.Justru Itu yang ditunggu-tunggu oleh guru teh ya kang?

    210. Trima kasih banyak jika hal itu terwujud. Saya ragu hal itu terjadi karena di tempat saya saja, uang lauk pauk yang telah dicairkan oleh Pemda yang lain saja, yah…. klau kita yang belum. Apakah peraturan itu berlaku/ bersifat lokal? Contohnya saja mengenai Uang Lauk Pauk. kabupaten Nias saja yang baru menjadi Kabupaten pemekaran, sudah menerima uang LP terebut. Kabupaten langkat kayaknya hanya kabar angin saja yang sudah sampai. mohon tanggapannya. Terima kasih.

      @.Sebenarnya kalau kita amati berita itu baru wacana Pak Bambang Sudibyo,tapi pernah saya dengar info dari disdik bahwa itu baru akan dilaksanakan tahun 2012,semoga saja !Terima kasih pak Duha atas komentarnya.

    211. sebetulnya masalah pembayaran itu , enak yang langsung masuk rekening pribadi tu pak , nggak terasa tapi nyata dan satu lagi ” nggak buat dosa ”
      Conto saja kalau dulu gaji lewat pusat aman semuanya ,nggak ada istilah “nggak dibayar “walaupun harus merapel
      kini mana ada rapel , asal lewat ya . …… kiamat dah .
      tapi semua itu yaa masih ada lebihnya diantara kurangnya

      @.Pengalaman ya Pak ,Joko ?

    212. pak untuk pembayaran sertifikasi tahap berikutnya di bayar setiap brapa bln sekali trims
      @.Tergantung keuangan pemerintah ,bisa 6 bulan bisa 12 bulan.

    213. Saya sudah terima tunjangan profesi guru (2008), dan setelah mengalami kenaikan Gaji Pokok, kok tunjangannya tidak ikut naik ?
      @.Yang dimaksud pak mentri bukan tunjangannya yg naik,tapi tunjangan profesi akan melekat pada gaji.Tapi itu kan janjinya pak Bambang,kalau tidak salah jadinya tahun 2012 Pak Imam,Terima kasih.

    214. ah… yang bener aja pak, jangan bikin kecewa dong..!
      Masa kebijakan baru belum terlaksana, udah ganti kebijakan lagi?

      @.Ya….akibat banyak peraturan jadinya begini….

    215. Mendiknas Mulai 2010 TUNJANGAN PROFESI GURU PNS PERIODE 2007 DAN 2008
      Alhamdulliaaaah, terima kasih pemerintah yang telah memberikan tujangan profesi guru,dan kabar berikutnya mulai tahun 2010 tunjangan profesi untuk guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi yang sertifikasinya telah selesai periode tahun 2007 dan 2008 maka tunjangan profesi digabungkan dengan gaji bulanannya dan dibayarkan langsung melalui Bupati.berita tersebut kan untuk guru yang pencairannya melalui diknas, kabarnya yang melalui depag tunjangan tersebut tidak melekat gaji tapi diajukan seperti mengajukan uang makan dan pagu anggarannya terbatas jadi jika pagunya tidak mencukupi ya tidak akan dibayar, ini berita yang kurang menggembirakan, mohon kepada beliau-beliau yang berwenang untuk melaksanakan amanat PP 74 tahun 2009 , jadi kalau memang melekat gaji mestinya pagu anggaran tersebut sama dengan tunjangan yang lain jadi ya benar-benar gaji bulanan.
      @.Sekarang menterinya udah ganti Pak,katanya melekat pada gaji tahun 2012,mudah-mudahan depag juga mengikutinya,kan sama-sama abdi negara !

    216. Pak saya guru swasta yang secara fisik sudah tidak mungkin jadi pegawai negeri jadi bagaimana nasib kami ini pak!
      @.Pak Urip memang sementara ini pemerintah pusat maupun daerah sedang meningkatkan kesejahteraan guru PNS,untuk yg swasta masih sebatas tunjangan-tunjangan yang jumlahnya relatif kecil.Semoga ke depan ada perbaikan.

    217. saya selaku guru, mendukung atas rencana tunjangan profesi guru PNS yg sertifikasinya telah selesai periode th 2007 dan 2008 mulai januari 2010 melekat pada gaji. Yth Bp Menteri RI, namun kenyataannya di bulan ini ( Januari 2010 ) tunjangan tsb belum melekat pada gaji. Kapankah hal itu terealisasi ?, Mengapa di Januari 2010 kok belum sesuai dg yang direncanakan Bp ?

      @. Pak Joko terima kasih atas kunjungannya,Nampaknya ada kebijakan baru,yang saya dengar pelaksanaanya bakal mundur ke 2012.

    218. Saya Guru CPNS yang baru menerima SK akhir bulan Desember 2009 lalu (TMT 01 Maret 2009) di Kab Nias Selatan dan baru aktif pada semester genap TP 2009/2010.
      Mulai tahun 2007,saya sudah menjadi Guru Tidak Tetap di salah satu SMP Negeri.
      Disini saya mempunyai pertanyaan,”Apakah pengabdian saya selama ini dihargai untuk mengikuti Sertifikasi Profesi Guru?”Saya pernah mengikuti Seminar Sertifikasi Guru oleh salah seorang Asesor mengatakan,”Seorang guru dapat mengikuti Sertifikasi jika memiliki masa kerja minimal 4 tahun.”
      Mohon penjelasan hal ini.

      @.Sepengatahuan saya selama menjadi GTT tidak dihargai untuk mengikuti sertifikasi.Sertifikasi hanya dihitung sejak PNS.Secara nasional masa kerja minimal yaitu 5 tahun,tapi terkadang di tiap daerah beda kebijkannya karena dibatasi oleh quota.Di Jabar tahun 2007 minimal 5 tahun,2008 minimal 3 tahun boleh,tahun2009 5 tahun dan tahun 2010 minimal 5 tahun. Semoga dapat membatu Pak Berkat.Trims.

    219. pak dpt infokah kita yg tak bs sertifikasi ini dpt tunjangan juga biar tak terjadi kesenjangan yg luar biasa bukankah kt sama2 abdi negara, ngabdi sdh 20 an th tak dapt krn tak s1 sdangkan PNS skrng br bbrpa th ngabdinya gajinya sdh melebihi camat, tuk pengmbil kebijakan klu mengkaji jgn menutup sebelah mata klu dermikian sampai hancurpun indonesia ini tak akan ada kata keadilan !!!!!!!!!!

      @.Pak kan ada Peraturan Presiden RI No 52 tahun 2009 tentang tambahan penghasilan bagi PNS : yg beberapa pasal bunyinya sbb:
      Pasal 1 (2) : Tambahan penghasilan adalah sejumlah uang yang diterimakan kepada guru yang belum menerima tunjangan profesi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
      Pasal 2 : Kepada guru diberikan tambahan penghasilan setiap bulan
      Pasal 3 : Besarnya tambahan penghasilan bagi guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 adalah sebesar Rp.250.000 (dua ratus lima puluh ribu) setiap bulan
      Pasal 4 : Tambahan penghasilan bagi guru sebagaimana dimaksud pada pasal 3 diberikan terhitung mulai tanggal 1 Januari 2009
      (Untuk lebih jelasnya lihat Peraturan Presiden No 52 tahun 2009 di Materi Blog ini)

    220. Mudah2an dgn adanya tambahan materi dr pemerintah,bapa ibu guru lebih baik mendidik generasi penerus bangsanya..smangath?@yg masih CPNS mendapat tunjangan tidak..yah?

      @,Semoga harapan Ibu terwujud,CPNS nampaknya belum bu,

    221. Guru-guru yang sudah mendapat sertifikasi kelihatannya sama saja malasnya, mau dapat saja menggebu-gebu, sudah dapat malasnya datang lagi. kalau mengajar cuma tasnya aja yang dikelas. malah ada guru yang masih mengutip uang les dirumah, dipaksa pula itu, kalau tidak mau nilainya ditekan. gimana nih ?

      @.Inilah,masalah guru kita (oknum) yang etos kerjanya rendah,perlu pengawasan yang ketat dari pemerintah.Inilah salah satu tugas pemantauan pengawas.

    222. Ass. Warh. Wabr.
      Mohon info bagi guru penerima sertifikasi yang sedang mengikuti tugas belajar. Bagaimana kelnjutan pembayaran tunjangan profesinya? Bukankah tugas belajar juga adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru. Wass. Warh. Wabr.

      @.Waalaikum salam,Saya belum punya jawaban ini,pak mohon maaf.Nanti cari info dulu.

    223. pantesan sampe sekarang belum dibayarkan juga. Nanti………. nanti…….. nanti……….

      @. Malah mundur ke 2012 Pak…sabar….sabar.

    224. Alhamdulillah…..smg benar benar terlaksana.

      @.Amiiiin.

    225. Pak, mengenai tunjangan fungsional guru pns yg 250 itu,apkh guru yg sdh sertifikasi jg masih menerimanya? Thx

      @. Kalau menurut info kan yang dapat 250 ribu itu guru PNS yang belum sertifikasi,yg udah sertifikasi dan non-PNS tidak.Trims.

    226. Pak jangan buat deg degan……jika mulai 2010 tunjangan profesi dibayarkan melekat pada gaji oleh pemerintah daerah, sumber dananya dari APBD atau dari pusat ? Klau daqri pusat sih gak ada masalah……tapi kalau dari daerah apa tidak bikin pusing tujuh keliling khususnya daerah yang APBD minim. Matur nuwun

      @. Biar para guru tambah semangat mengajarnya.Info terakhir yang saya dapat dari disdik tunjangan profesi melekat nanti jadinya tahun 2012 dananya dari pusat.Terima kasih.

    227. suatu khabar gembira tentunya bagi guru di Indonesia jika tunjangan fungsional dinaikan. Kenaikan tunjangan fungsional hendaknya dibarengi dengan perbaikan infrastruktur, sistem pengelolaanya yang merujuk pada standar pengelolaan sekolah , ini semua tidak lepas dari niat yang baik, semangat juang dalam mencerdaskan bangsa. Saya sangat setuju jika di Sekolah menerapkan Permendiksas No. 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan sekolah.
      @.Mudah-mudahan jadi kenyataan seperti harapan pak Subiso.

    228. klu guru swasta bagaimana pak?

      @. Pak Dadi,belum ada informasi untuk guru swasta.Ini juga nampaknya baru wacana.
      Salam,

    229. Pak Haji ada info pengumuman hasil sertifikasi pengawas yg ikut fortopolio 2008? thanks

      @. Untuk kab.Karawang (yg asesornya Rayon 34 UNPAS) belum dikeluarkan pengumuman pelulusannya,tetapi bagi yg harus diklat sudah mulai ada pemanggilan.
      Terima kasih,

    230. Pak Menteri baru berdialog, kan belum teken surat kepmennya, jadi bersabarlah.

      @. Betul Pak,udah keluar sertifikat pendidik juga suatu kemajuan besar ya ,pak.

    231. Apa benar Pak haji,soalnya teman-teman yg lulus 2006/2007 aja masih ada yg belum dapat ?

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: